Anda ingin tahu cara membuat website dengan WordPress? Ternyata masih banyak orang yang bingung dalam membuat sebuah website, mulai dari memilih CMS (Content Management Systems) seperti apa? Memilih domain dan membeli hosting terbaik dimana? Itulah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pemula.

Sebenarnya di sana ada banyak sekali CMS, mungkin Anda juga pernah menggunakan dari salah satunya yaitu Blogger, Joomla, Drupal, CodeIgniter, Wix, dll.

Akan tetapi saya lebih menyarankan menggunakan WordPress, kenapa demikian? Karena ada banyak sekali alasan saya menyuruh Anda untuk menggunakan WordPress, salah satunya ada lebih dari 50% domain di seluruh dunia menggunakan WordPress dan untuk customize WordPress juga sangat mudah dilakukan, karena memang banyak sekali pengembang WordPress melalui sebuah plugin.

Membuat website dengan WordPress sangat mudah, meski oleh orang awam dengan syarat Anda membaca tutorial ini dengan benar, maka dari itu saya akan memberikan tutorial membuat website WordPress secara lengkap, jika Anda masih baru pertama kali mengenal WordPress, maka sebaiknya pahami dulu artikel berikut ini, agar lebih mudah dalam pembuatan website WordPress nantinya:

Jika sudah, mari kita siapkan langkah-langkah yang dibutuhkan untuk membuat website dengan WordPress, sekiranya ada 3 hal yang harus Anda siapkan:

  1. Tentukan nama domain (Seperti contoh ceritanjung.com)
  2. Menyewa hosting (Sebagai tempat tinggal website di internet)
  3. Luangkan waktu kurang lebih 20 menit untuk fokus membaca dengan benar.

Dalam tutorial ini, saya akan membahas mengenai beberapa hal, diantaranya:

  • Cara mendaftarkan nama domain
  • Cara memilih hosting terbaik
  • Cara install WordPress
  • Cara mengubah tema Anda
  • Cara menulis postingan blog
  • Cara install plugin WordPress
  • Cara mengatur Google Analytics
  • Cara mengatur Google Search Console
  • Cara mengoptimalkan website dengan SEO
  • Cara mendapatkan uang dari blog Anda

Apakah Anda sudah siap? Jika sudah, bagaimana kalau kita mulai dari sekarang:

Langkah 1. Membeli Domain dan Hosting Terbaik

Jika Anda sudah membaca perbedaan WordPress.com dan WordPress.org, saya yakin Anda sudah faham betul mengenai WordPress dan akan memilih WordPress.org yang dikenal dengan WordPress self hosted (Hosting sendiri), karena lebih bebas dalam mengaturnya.

Mungkin Anda pernah mendengar membuat WordPress itu gratis? Iya benar sekali, membuat WordPress itu gratis jika Anda menggunakan sub domain seperti contoh ceritanjung.wordpress.com, jika maksud Anda tentang hal itu maka silahkan lihat tutorial cara membuat blog dengan WordPress gratis.

Dan jika Anda ingin membuat website dengan WordPress.org mari kita lanjutkan dengan memilih nama domain dan web hosting.

Nama domain adalah apa yang diketik oleh seseorang untuk mengunjungi website Anda. Ini juga dinamakan sebagai alamat website di internet, seperti google.com atau ceritanjung.com

Sedangkan web hosting adalah tempat tinggal website Anda di internet, semua website akan membutuhkan hosting untuk penyimpanan data.

Nama domain biasanya dijual dengan rata-rata Rp125.000/tahun dan untuk hostingnya seharga Rp50.000/bulan.

Untuk yang baru pertama kali membuat website, saya menyarankan menggunakan hosting yang murah-murah dulu, nanti juga bisa di upgrade, jika memang dibutuhkan.

Berdasarkan pengalaman saya membuat website dengan WordPress, saya menyarankan untuk menggunakan Niagahoster yang memberikan domain gratis dan diskon lebih dari 75% di web hosting. Anda juga akan mendapatkan garansi 30 hari uang kembali, jika tidak puas dengan layanan yang diberikan.

Hosting Unlimited Indonesia

Buka Niagahoster atau klik gambar di atas dan silahkan ikuti langkah berikut ini:

  1. Klik menu DOMAIN
    membuat website dengan wordpress
  2. Silahkan tulis nama domain yang Anda inginkan dan klik Cek Domain, untuk melihat nama domain yang Anda cari tersedia apa sudah digunakan orang lain.
  3. Jika tersedia, silahkan klik Selanjutnya
    membuat website dengan wordpress
  4. Anda akan disuruh memilih paket hosting, saya sarankan memilih hosting Pelajar karena sudah mendapatkan gratis domain, klik Order Hosting di bagian bawahnya.
  5. Pilih paket yang 1 Tahun untuk mendapatkan diskon 31% dan klik Tambahkan ke cart pada bagian bawah
    membuat website dengan wordpress
  6. Ada beberapa fitur pendukung, saya tidak menyarankan untuk membelinya, nanti saja jika memang Anda sudah butuh, jadi langsung klik Checkout Sekarang
    membuat website dengan wordpress
  7. Silahkan pilih metode pembayaran dan jangan lupa untuk memasukkan kode kupon CERITANJUNG klik Apply untuk mendapatkan diskon tambahan, jika sudah langsung klik Checkout Sekarang
    pembayaran hosting
  8. Anda akan disuruh memasukkan data diri, sebagai informasi pemilik domain dan hosting tersebut, silahkan isi dengan benar dan jika sudah klik Daftar & Checkout pada bagian bawah halaman
    membuat website dengan wordpress
  9. Silahkan lihat email yang Anda daftarkan tadi untuk melihat invoice dan segera lakukan pembayaran agar domain dan hosting Anda segera aktif.

Langkah 2. Install WordPress

Untuk melihat data login cpanel bisa Anda lihat email atau login melalui Niagahoster, dengan cara berikut ini:

  1. Klik menu LOGIN
    membuat website dengan wordpress
  2. Masukkan email dan password yang sudah Anda daftarkan saat membeli domain
  3. Jika sudah masuk ke dashboard Niagahoster, klik Kelola
    membuat website dengan wordpress domain
  4. Akan masuk ke tampilan Cpanel, silahkan klik WordPress
    cpanel membuat website dengan wordpress
  5. Pilih Install WordPress

  6. Silahkan isi judul dan deskripsi website dengan benar
    – Sub Direktori: Biarkan kosong
    – Judul Website: Judul website Anda
    – Deskripsi Website: Deskripsi website Anda
    – Admin User: Username untuk login WordPress
    – Admin password: Password untuk login WordPress
    – Anda boleh centang WordPress Accelerator dan Auto Upgrade
  7. Klik install

Bagaimana, Anda sudah dapat membuat website WordPress dengan baik dan tidak terlalu sulit kan? Silahkan cek alamat website Anda di Google, apakah sudah dapat diakses.

Untuk login WordPress Anda silahkan tambahkan /wp-admin pada akhiran domain Anda, seperti berikut ini:

http://websiteanda.com/wp-admin

Tinggal masukkan username dan password yang sudah Anda buat pada cpanel tadi. Sekarang Anda tinggal menyesuaikan tampilan website Anda agar lebih menarik dengan memilih beberapa tema yang sudah disediakan dan segera untuk memulai menulis blog.

Langkah 3. Memilih Tema WordPress

Saat mengunjungi website pertama kali yang terlihat adalah tampilannya, bagaimana tampilan itu dibuat agar semenarik mungkin. Jika Anda baru pertama kali menginstall WordPress maka akan melihat tampilan seperti berikut ini:

tampilan wordpress
Apakah itu menarik? Yang pasti banyak orang berpendapat tidak menarik, maka Anda dapat merubahnya dengan memilih ribuan tema yang disediakan oleh WordPress maupun pengembang secara gratis dan ada juga beberapa yang berbayar.

install tema wordpress

 

  1. Silahkan kunjungi menu Appearance > Themes
  2. Klik tombol Add New
  3. Anda akan melihat tampilan tema yang banyak sekali, silahkan pilih yang sesuai dengan keinginan Anda dengan menaruh kursor ke tema pilihan dan klik Install

Jika Anda sudah selesai menginstall tema, maka silahkan atur dan sesuaikan dengan klik Customize di bawah menu Appearance. Jika sudah mengatur tampilan website maka langkah selanjutnya adalah membuat postingan blog untuk pertama kalinya.

Langkah 4. Membuat Postingan Blog

Untuk membuat postingan WordPress pertama kalinya, silahkan pilih menu Post > Add New pada dashboard WordPress Anda.

Membuat Postingan Blog
Anda akan melihat tampilan editor di mana Anda dapat menulis postingan blog dan jika sudah selesai menulis jangan lupa untuk klik Publish.

Ada beberapa bagian lain yang mungkin perlu Anda pahami pada tampilan postingan seperti Categories yang berfungsi untuk menambahkan kategori postingan, misalkan tentang kesehatan, tutorial, dll. Sedangkan Tags berfungsi untuk penambahan kata tentang postingan yang memiliki fungsi hampir sama dengan hastag, kalau Featured Images yaitu untuk menambahkan gambar utama pada postingan.

Jika Anda ingin membuat potingan halaman bisa klik menu Pages yang berfungsi menambahkan halaman tentang website Anda, contact, privacy, dll.

Langkah 5. Install Plugin & Kustomisasi

Setelah selesai menulis postingan di blog, mungkin Anda akan mempunyai keinginan menambahkan sebuah plugin agar dapat mempercantik blog atau website, selain itu juga menambah fitur penting seperti kontak, slider dan melihat jumlah view website.

Plugin WordPress adalah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk menambahkan beberapa fitur ke website Anda. Ada ribuan plugin yang bisa Anda gunakan secara gratis dan berbayar di WordPress, dengan mengunjungi menu Plugins > Add New, klik Install Now dan silahkan klik Activate.

Install Plugin WordPress

Ada beberapa plugin yang saya sarankan untuk di install pada WordPress Anda, diantaranya:

Jetpack by WordPress.com

Jetpack merupakan plugin rekomendasi yang saya sarankan untuk diinstal pada WordPress Anda, Jetpack adalah plugin WordPress yang memiliki fitur sangat lengkap seperti melihat pengunjung website, membuat related post, social sharing dan keamanan website Anda.

Untuk menginstall plugin ini silahkan ikuti langkah berikut ini:

  1. Pilih menu Plugins > Add New
    plugin jetpack
  2. Silahkan ketik Jetpack pada kolom pencarian
  3. Pilih Jetpack by WordPress.com
    install plugin jetpack
  4. Silahkan klik Install dan jangan lupa untuk klik Activate

Untuk mengaturnya cukup mudah, Anda tinggal klik menu Jetpack > Set up Jetpack

setting plugin jetpack
Silahkan daftar akun Jetpack terlebih dahulu dengan memasukkan email, username dan password Anda atau bisa langsung daftar menggunakan email dengan klik Continue with Google.

daftar plugin jetpack
Anda akan dihadapkan beberapa pilihan paket berbayar, silahkan geser ke bagian bawah saja sampai menemukan Start with free

daftar plugin jetpack
Klik Continue

daftar plugin jetpack
Silahkan kembali ke halaman dashboard WordPress Anda, pilih menu Jetpack > Site Stats untuk melihat data pengunjung yang datang ke website Anda, jika Anda baru selesai menginstall tunggu beberapa jam untuk proses tracking.

plugin jetpack

Untuk membuat postingan secara otomatis ke beberapa media social Anda, seperti Facebook, Twitter, LinkedIn dan Tumblr, lakukan cara seperti berikut ini:
Jetpack > Settings > Sharing

share otomatis

Aktifkan Automatically share your posts to social networks, kemudian silahkan atur media social Anda yang digunakan sebagai postingan otomatis dengan klik Connect your social media accounts.
Anda akan dialihkan ke halaman berikut:

sharing otomatis

Klik Connect untuk menghubungkan dengan beberapa media social yang Anda punya.

Untuk menu sharing buttons adalah tombol share yang berada terletak di bawah postingan Anda, saya sarankan untuk mengaktifkannya juga, jika tema Anda tidak menyediakan button share pada halaman postingan.

Cara Mengatur Google Analytics

Google Analytics sangat berguna untuk membantu Anda melihat seberapa banyak pengunjung yang melihat website Anda, dari mana mereka berasal dan apa saja yang mereka lakukan, cara kerjanya hampir sama dengan Jetpack akan tetapi Google Analytics memiliki fitur lebih lengkap terhadap kinerja pengunjung terhadap website Anda.

Jika Anda baru membuat website, menginstall Google Analytics adalah langkah yang tepat karena akan memantau perkembangan blog Anda dari sekarang sampai waktu yang akan datang.

google analytics

Hal yang pertama kali dilakukan yaitu mengunjungi website Google Analytics dan silahkan masuk menggunakan akun Gmail Anda. Jika sudah masuk, silahkan mendaftar akun Google Analytics secara gratis. Nanti akan saya bahas mengenai tutorial lengkapnya, karena terlalu panjang juga penjelasannya.

Cara Mengatur Google Search Console

Google Search Console juga memiliki fungsi untuk melihat pengunjung yang datang ke website Anda, akan tetapi Google Search Console ini lebih ditujukan untuk mengatur peta situs atau sitemap Google terhadap situs Anda, jika Anda menggunakan Google Search Console akan lebih mudah terindeks oleh Google.

setting google search console

Selain fungsi di atas, Anda juga dapat melihat semua link yang ada di website bekerja secara normal, jika ada masalah nanti pasti akan ada notifikasi. Misalkan postingan Anda yang terhapus atau tampilan website Anda berantakan, gambar yang tidak muncul dan masih banyak lagi.

Dulu, untuk mengindeks sebuah halaman atau postingan banyak yang menggunakan Google Submit Url, akan tetapi untuk saat ini sudah tidak disediakan oleh pihak Google atau Anda bisa menggunakan Google Search Console ini.

Untuk mengatur Google Search Console secara lebih lengkap Anda bisa membaca cara verifikasi Google Search Console.

Langkah 6. Cara Mengoptimalkan Website dengan SEO

Anda ingin website tampil di halaman pertama Google dengan kata kunci tertentu? Maka gunakanlah strategi SEO. Untuk proses pembuatan SEO tidaklah bekerja secara instan, seperti halnya iklan Google Ads yang tampil di halaman depan. Akan tetapi jika Anda menggunakan strategi SEO itu minim biaya alias gratis dan akan bertahan di halaman nomer satu Google lebih lama dengan syarat Anda benar-benar memahami tekniknya.

Jika Anda sudah menguasai teknik SEO, dijamin website Anda akan nangkring di halaman satu Google, untuk pemula sebaiknya memahami dulu melalui beberapa tulisan saya mengenai SEO di bawah ini:

Pastikan Anda benar-benar membaca dan memahami artikel di atas, agar website Anda semakin banyak pengunjung.

Langkah 7. Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Siapa sih yang tidak ingin mendapatkan penghasilan tambahan melalui blog/website? Jika Anda sudah meluangkan waktu untuk membuat website dan memiliki banyak pengunjung, maka ini saat yang tepat untuk memonetisasi situs Anda agar mendapat bayaran buat perpanjang hosting atau keperluan lainnya.

Jangan terlalu percaya terhadap foto-foto cara cepat kaya dari internet, semua itu butuh usaha dan saya telah merangkumnya pada postingan ini secara jelas mengenai cara mengahsilkan uang dari ngeblog.

Perlu diingat lagi, selama Anda berusaha dan bekerja keras pasti akan mendapatkan hasilnya jangan terlalu percaya terhadap suatu hal yang instan, karena tidak semudah itu.

Berikut ini beberapa cara mendapatkan uang dari Blog:

1. Google Adsense

Google AdSense adalah platform periklanan terbesar untuk blogger yang bertindak sebagai perantara antara publisher dengan pengiklan. Google akan mengatur tentang biaya klik iklan yang ditampilkan di blog Anda.

Di luar sana sudah sangat banyak orang-orang sukses dan mendapatkan banyak uang dari Google Adsense dengan menampilkan iklan di blognya. Jika Anda sudah membuat blog tidak ada salahnya untuk mendaftarkan pada Google Adsense.

Untuk lebih lengkapnya Anda bisa membaca artikel tentang:

2. Toko Online

Selanjutnya, untuk mengahsilkan uang dari blog Anda bisa mencoba dengan menjual barang. Bisa berupa produk fisik, ebook, musik dan masih banyak lagi yang bisa dijual melalui website.

Untuk itu Anda bisa menggunakan plugin tambahan seperti WooCommerce yang memiliki fitur sangat lengkap untuk jenis toko online.

3. Affiliate Marketing

Selain Google Adsense Anda juga bisa mendapatkan uang melalui blog dengan Affiliate Marketing, cara kerjanya Anda merekomendasikan produk atau suatu layanan kepada pembaca dan ketika mereka melakukan pembelian maka Anda akan mendapatkan komisi dari referensi tersebut.

Ada banyak produk afiliasi yang bisa dipasarkan dengan blog Anda, apalagi jika memang Anda sudah mencoba produk tersebut dan sangat percaya terhadap produknya, maka boleh dong direkomendasikan kepada pembaca blog Anda, gunakan beberapa plugin yang tersedia di WordPress untuk membantu menghasilkan uang lebih banyak.

4. Content Placement

Ada yang tahu dengan content placement? Ini juga lumayana loh untuk menghasilkan uang dari blog. Jadi cara kerjanya Anda akan diminta memberikan sebuah ulasan kepada produk atau layanan tertentu dan nantinya akan dibayar sesuai negosiasi dengan Anda.

Content placement hampir mirip dengan sistem endorsement kalau di instagram. Anda akan diminta membuat ulasan atau juga sudah diberikan content khusus dari layanan tertentu, jadi Anda tinggal mempublish pada blog atau website dan nantinya akan ada link keluar menuju website produk atau layanan tersebut.

Bagaimana sudah cukup jelas mengenai cara membuat website dengan WordPress hingga menghasilkan uang? Jika sudah, silahkan bagikan artikel ini agar banyak orang lebih mudah dalam membuat website dan menghasilkan uang lebih banyak dari blog. Apabila ada yang ditanyakan bisa komentar pada postingan ini ya.