Ada beberapa strategi dalam pemasaran online di Google, diantaranya yaitu iklan berbayar dan kedua melalui search engine optimization atau yang biasa disebut SEO. Diantara strategi internet marketing tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kali ini saya akan lebih membahas mengenai cara membuat iklan Google Ads untuk meningkatkan penjualan atau memberikan banyak trafic ke website Anda, mungkin dulu sudah banyak yang mengenalnya dengan nama Google Adwords dan sekarang bertransformasi menjadi Google Ads, dengan strategi ini saya berharap akan mendapat konversi penjualan yang cepat dan tepat, sedangkan untuk penjelasan mengenai SEO bisa Anda baca Tips Mengalahkan Pesaing Bisnis Melalui Optimasi SEO.

Google Ads adalah strategi dalam pemasaran online dalam bentuk iklan berbayar yang ditampilkan pada halaman pertama pencarian Google, Youtube atau Website Penayang Iklan Google (Publisher Adsense) dengan tujuan branding, menambah pengunjung website atau konversi penjualan.

Selain Google Ads ada Facebook Ads yang bisa Anda gunakan untuk beriklan, lain kali saja saya akan membuat tutorialnya. Sekarang kita fokus melihat kelebihan dari Google Ads dari pada SEO.

Kelebihan Beriklan di Google Ads

1. Memiliki Banyak Trafic

Dengan beriklan melalu Google Ads otomatis akan menambah banyak pengunjung yang datang ke website Anda, semakin banyak budget harian yang Anda berikan, maka semakin banyak orang yang mengunjungi website Anda dan bisa menghasilkan penjualan, jika memang tujuan Anda untuk konversi penjualan.

2. Cepat Mendapatkan Penjualan

Nah, kalau ini siapa yang tidak ingin mendapat konversi penjualan secara cepat. Jika memang Anda menginginkan konversi penjualan secara cepat maka dapat Anda gunakan Google Ads sebagai strategi pemasaran online Anda.

Selain kelebihan pastinya Google Ads juga mempunyai kekurangan dong? Apa sajakah itu.

Baca :  Memahami Istilah Pengertian CPC (Cost Per Click)

Kekurangan Beriklan di Google Ads

1. Membutuhkan Biaya

Jika Anda menggunakan strategi SEO, maka bisa dilakukan secara gratis atau tidak menggunakan biaya sepeser pun. Berbeda dengan iklan Google Ads, Anda perlu mengeluarkan uang untuk membayar pihak Google berdasarkan hasil klik yang biasa disebut dengan CPC.

2. Membutuhkan Keahlian

Sebenarnya, untuk membuat iklan Google Ads itu sangat mudah jika mau belajar. Mulai dari riset keyword dengan Google Keyword Planner, kemudian mendesain landing page sehingga akan banyak orang yang mengunjungi website Anda dan menghasilkan konversi.

Biasanya, paling malas itu karena banyaknya langkah yang harus dilakukan atau tidak mau ribet mengatur iklan Google Ads sehingga di luar sana banyak menggunakan jasa pengiklanan Google Ads.

Jika Anda sudah memahami mengenai kelebihan dan kekurangan Google Ads, sekarang mari kita membuat iklan Google Ads dengan mudah.

Cara Membuat Iklan Google Ads

1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunjungi website https://ads.google.com/
2. Jika Anda sudah mempunyai akun Google, silahkan lanjutkan dengan klik Sign in dan silahkan masukkan email dan password Anda.

daftar google ads

3. Pilih jenis kampanye yang ingin Anda buat, ada Penelusuran, Display, Video, Aplikasi dan Shopping. Saya di sini menggunakan Penelusuran, kemudian memilih sasaran Trafic situs. Setelah itu masukkan alamat website yang ingin kalian iklankan dan klik LANJUT.

jenis kampanye google ads
*Keterangan:

  • Penelusuran: Iklan yang ditempatkan pada hasil pencarian Google dan juga web publisher Google Adsense dalam bentuk teks dan paling sering digunakan untuk mendapatkan konversi.
  • Display: Iklan yang ditempatkan pada web publisher Google Adsense, biasanya berupa gambar yang memiliki fungsi untuk branding.
  • Video: Iklan yang diletakkan pada situs YouTube atau web publisher Google Adsense berupa video.
  • Aplikasi: Iklan Google yang diletakkan diseluruh jaringan Google, baik di search engine, web publisher Google Adsense, YouTube maupun di Playstore dan untuk bentuk iklannya berupa dorongan menginstall sebuah aplikasi.
  • Shopping: Kalau yang ini untuk mempromosikan produk jualan secara langsung, biasanya digunakan oleh Tokopedia, Shopee, Bukalapak maupun Lazada.
Baca :  Tips Memilih Jasa Iklan Google AdWodrs

4. Tulis nama kampanye, kemudian centang kotak Sertakan partner Penelusuran Google, di sini saya menonaktifkan centang pada jaringan display, karena saya tidak ingin iklan di tampilkan di jaringan Google, seperti publisher Adsense. Anda boleh saja mencetangnya, jika memang ingin menampilkan iklan di seluruh jaringan Google.

nama kampaye google ads

5. Pilih lokasi pengunjung bisa dari seluruh negara ataupun kota, saya memilih seluruh Indonesia dan untuk bahasa saya menggunakan semua bahasa.

penargetan iklan google ads

6. Tentukan anggaran harian yang Anda inginkan, kemudian tentukan strategi Bidding fokus pada apa? Ada beberapa pilihan seperti Konversi, Nilai Konversi dan juga Klik. Kalau saya sendiri memilih Klik.

setting anggaran google ads

7. Pada bagian Ekstensi iklan, bisa Anda biarkan saja langsung klik Simpan dan Lanjut atau jika ingin mengaturnya saya sarankan menggunakan ekstensi panggilan dengan menuliskan nomer telepon Anda seperti di bawah ini:

ekstensi iklan

ekstensi panggilan

8. Langkah selanjutnya yaitu membuat Grup Iklan, silahkan tulis nama grup iklan, kemudian masukkan kata kunci yang ingin Anda targetkan (pisahkan dengan koma atau enter). Anda juga bisa menggunakan beberapa saran kata kunci yang tersedia di bagian kanan halaman dengan mengklik tombol +, jika sudah klik Simpan dan Lanjut.

grup iklan google ads

9. Nah, ini dia langkah terakhir dalam membuat iklan Google Ads. Silahkan tulis judul dan deskripsi yang menarik seperti contoh di bawah ini dan perhatikan batas jumlah teks yang Anda tulis jangan melebihi batas yang ditentukan, jika semua sudah lengkap klik Simpan dan Lanjut.

desain iklan google ads

10. Sampai di sini hampir selesai, tinggal mengatur pembayaran. Anda juga bisa memasukkan kode promo yang biasanya diberikan oleh Google pada email untuk mendapatkan klaim senilai 450.000, jangan lupa centang untuk mendapatkan infromasi seputar Google Ads, kemudian isi info pelanggan dengan lengkap.

Baca :  Tips Memilih Jasa Iklan Google AdWodrs

pembayaran google ads

Pada kolom cara pembayaran, ada 2 cara yang bisa Anda lakukan, pertama jika Anda mempunyai kartu kredit silahkan pilih Pembayaran Otomatis nanti tinggal memasukkan nomer kartu kredit Anda, jika tidak mempunyai kartu kredit Anda bisa melakukan pembayaran secara manual dan pilih metode pembayaran transfer uang, jangan lupa untuk mencentang bagian persetujuan persyaratan dan jika sudah klik Kirim.

cara pembayaran google ads

Setelah itu akan muncul nomer rekening Google pada layar Anda, jangan lupa untuk mencatat dan melakukan transfer via atm maupun internet banking agar iklan Anda benar-benar ditayangkan, jika tidak membayar maka tidak akan ditayangkan.

informasi tagihan google ads

PERLU DIKETAHUI:

  • Pembayaran manual akan membutuhkan waktu lebih lama, biasanya 1 hari saldo baru masuk. Untuk melihat saldo sudah masuk apa belum bisa Anda klik Fitur & Setelan pada bagian atas, kemudian pilih ringkasan penagihan.

melihat saldo google ads

Seperti itulah cara membuat iklan Google Ads, dan semoga Anda suskes dalam mendapatkan konversi yang banyak, Anda juga bisa mencoba membuat iklan lagi sebagai pembanding iklan mana yang hasilnya lebih bagus, biasanya nanti akan mendapatk rekomendasi sendiri dari Google untuk membuat hal itu.

Jika iklan Google Ads Anda sudah berjalan, akan ada laporan mengenai ringkasan Klik, Tayangan serta Biaya yang dibayarkan seperti berikut ini:

hasil iklan google ads

Untuk membuat iklan Google Ads secara cepat, Anda dapat menggunakan Google Ads Exprees, direkomendasikan bagi seseorang yang pertama kali membuat iklan di Google, seperti video berikut ini: