Beberapa hari yang lalu ketika saya membuka dashboard akun Adsense, ada sebuah tanda peringatan “Penghasilan Anda berisiko – Anda perlu memperbaiki beberapa masalah file.txt untuk menghindari dampak yang serius pada pendapatan Anda”.

cara pasang ads.txt

Ternyata saat ini memang lagi maraknya peringatan seperti itu pada akun adsense teman saya juga, maka dari itu jangan panik tetap tenang, karena Anda hanya disuruh untuk memasang ads.txt adsense pada blog atau website.

cara pasang adstxt adsense pada Blogger dan WordPress

Kenapa akhir-akhir ini banyak muncul peringatan seperti itu? Pada dasarnya peringatan ads.txt adsense memang sudah ada sejak tahun lalu tapi itu di beberapa akun adsense luar Indonesia, mungkin saat ini giliran negara Indonesia kali ya.

Google memberlakukan ads.txt karena memang untuk melindungi pengiklan dan penayang iklan (publisher) dari penyalahgunaan pihak yang tidak bertanggung jawab,seperti halnya menggunakan ID seseorang untuk menampilkan iklan di blog/websitenya.

Kasus seperti ini sangat merugikan pengiklan, dimana iklan yang ditampilkan bukan di website yang benar-benar memiliki pasar sesuai dengan harapan pengiklan, otomasti pihak pengiklan akan rugi dengan mengeluarkan iklan yang tidak tertarget.

Bahkan ada yang mengambil ID penayang orang lain untuk menampilkannya di website ju*i atau por*o, sehingga yang dirugikan bukan hanya pengiklan, tetapi juga publisher karena akun adsense mereka di banned.

Kasus lain yang pernah terjadi pasti Anda sudah faham mengenai bom klik, untuk saat ini dengan adanya ads.txt sudah tidak bisa lagi dilakukan.

Program ini awalnya diinisiasi oleh IAB (Interactive Advertising Bureau) agar dapat meningkatkan transparansi dalam program periklanan, kemudian Google ikut menerapkan program Authorized Digital Sellers yang lebih dikenal dengan sebutan ads.txt artinya menjadi mitra resmi pengiklan.

Baca :  Cara Menonaktifkan Pingback di Wordpress

Untuk keamanan akun adsense Anda sebaiknya ikuti aturan Google dengan mengaktifkan dan memasang ads.txt pada blog/website meski Anda belum menerima peringatan pada dashboard akun adsense, kalau tidak nanti akan berakibat pada pendapatan Anda, entah itu bisa berupa invalid click dan juga iklan tidak aktif pada salah satu website Anda.

Jadi yang harus Anda lakukan adalah memasang ads.txt ke dalam Blogger atau WordPress, agar akun adsense Anda tetap menerima pembayaran dengan aman dan blog Anda juga menampilkan iklan seperti biasanya, berikut ini cara memasang ads.txt pada Blogger dan WordPress.

Cara Pasang ads.txt Adsense

Ads.txt dapat dipasang di blogspot dan juga WordPress self domain, dan untuk cara memasangnya juga sangat berbeda, berikut ini langkah-langkah memasang ads.txt:

Cara Pasang Ads.txt di Blogspot

1. Login ke dashboard Blogger
2. Pilih Settings → Search Preferences
Cara Pasang Ads.txt di Blogspot
3. Lihat pada bagian bawah ada keterangan Monetization → Klik Yes dan masukkan kode ads.txt yang didapatkan dari akun Adsense Anda atau bisa juga menuliskan langsung kode tersebut:

google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Kode tersebut memiliki beberapa penjelasan, untuk kata pertama google.com memiliki arti nama domain untuk sistem periklanan, seperti halnya Adsense dibuat oleh Google maka diletakkan pada awal.

Kode kedua adalah pub-0000000000000000 yang berarti ID akun penayangan, bisa Anda dapatkan dari dashboard akun Adsense, jadi setiap akun adsense memiliki kode tersendiri dan berbeda-beda dengan adsense lainnya.

Kode ketiga adalah DIRECT yang ada hubungannya dengan ID akun tersebut, bisa juga diartikan jenis kerjasama dengan sistem periklanan secara langsung yakni Google Adsense.

Sedangkan kode terakhir adalah f08c47fec0942fa0 bisa dituliskan atau tidak, kode ini merupakan ID otoritas sertifikasi milik Google yang biasa disebut Trustworthy Accountability Group (TAG).

Baca :  2 Cara Mencegah Pencurian Gambar Hotlinking di Wordpress

4. Jika sudah diisi, maka silahkan klik Save changes, untuk menyimpan perubahan.

Cara Pasang Ads.txt di WordPress Self Hosted

Untuk memasang kode ads.txt pada WordPress Self Hosted sangatlah berbeda jauh dengan memasang pada blogger, akan tetapi juga tidaklah sulit untuk dilakukan, berikut ini cara memasangnya:

1. Silahkan login Cpanel
Cara Pasang Ads.txt di WordPress Self Hosted
2. Cari dan buka File Manager
Cara Pasang Ads.txt di WordPress

3. Masuk ke public_html, silahkan upload file ads.txt yang sudah Anda download dari dashboard Adsense, kalau belum bisa Anda buat sendiri dengan menuliskan secara langsung pada notepad google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0 kemudian jangan lupa untuk menyimpan dengan format .txt

Jika sudah selesai, silahkan coba cek domainanda.com/ads.txt nanti akan muncul kode ads.txt tersebut dan itu menandakan blog/website Anda sudah berhasil memasang kode ads.txt, kode ads.txt setiap website juga berbeda-beda seperti halnya kode ads.txt tribunnews berikut ini contohnya:

ads.txt tribunnews

Nah, itulah cara pasang ads.txt adsense pada Blogger dan WordPress, meski belum ada tindakan pasti bagi yang belum memasang ads.txt alangkah baiknya Anda sudah memasangnya, karena banyak sekali manfaatnya dan agar akun Adsense Anda aman dari tindakan yang tidak diinginkan.