Terkadang seorang yang profesional dalam bidang web juga memiliki kebingungan saat ditanya mengenai perbedaan WordPress.com dan WordPress.org, apalagi orang awam seperti saya ini?

WordPress sebagai alat/platform untuk membuat situs web dan menerbitkan sebuah konten sangat penting untuk diketahui perbedaan dari keduanya, agar Anda tidak bingung dalam memilih wordpress.com atau wordpress.org.

Apa itu WordPress.org?

wordpress.org adalah

WordPress.org adalah platform CMS WordPress yang open source dan gratis tidak perlu membayar. Karena ini sifatnya perangkat lunak gratis, Anda dapat mendownload WordPress dan memasangnya di hosting Anda sendiri. Anda dapat mengembangkan secara lebih bebas dengan memasang plugin-plugin sendiri maupun plugin premium. Banyak orang menyebutnya ‘WordPress Self Hosted’.

Apa itu WordPress.com?

wordpress.com adalah

WordPress.com adalah situs yang menyediakan platform blog dan di hosting oleh WordPress. Jadi, jika Anda menggunakan layanan WordPress.com makan situs Anda akan di hosting di server WordPress. WordPress sendiri dikembangkan oleh Automattic Incorporation. Cukup dengan email, Anda dapat membuat blog dan sudah bisa langsung diterbitkan. Nah, ini yang perlu Anda ketahui, WordPress.com sebenarnya memiliki versi gratis dan versi berbayar.

Ada perbedaan yang paling mendasar pada WordPress.com dan WordPress.org yaitu terletak pada kemudahan penggunaan, fitur dan harga yang ditawarkan. Keduanya, sebenarnya hampir sama dari segi kegunaan yaitu untuk membuat website ataupun blog. Maka dari itu saya akan menjelaskan secara lebih rinci mengenai perbedaan WordPress.com dan WordPress.org agar Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan.

Berikut ini beberapa perbedaan WordPress.org (Self Hosted), WordPress.com Gratis dan WordPress.com Berbayar atau Premium:

  WORDPRESS.ORG GRATIS WORDPRESS.COM GRATIS WORDPRESS.COM BERBAYAR
TEMA UNLIMITED
(Anda dapat menggunakan tema premium atau buatan sendiri dan memodifikasinya secara langsung, selain itu Anda juga dapat menggunakan tema secara gratis yang disediakan oleh WordPress).
LIMITED
(Anda hanya dapat menggunakan tema yang disediakan oleh WordPress secara gratis).
UNLIMITED
(Anda dapat menggunakan tema gratis dari WordPress, jika ingin memodifikasi CSS tema harus pindah ke paket premium $8/bulan. Untuk dapat upload tema, harus pindah ke paket bisnis dengan biaya $25/bulan).
PLUGIN UNLIMITED
(Anda dapat mengupload plugin berbayar maupun buatan sendiri. WordPress juga menyediakan plugin gratis yang bisa Anda gunakan).
NO
(Anda tidak dapat mengupload plugin apapun, kecuali bawaan dari WordPress, seperti JetPack).
UNLIMITED
(Anda dapat mengupload plugin berbayar maupun buatan sendiri dengan langganan paket bisnis $25/bulan).
HOSTING PRIBADI
(Anda perlu berlangganan hosting dan domain terlebih dahulu sebelum menginstall CMS WordPress.org di salah satu penjual hosting dan domain pilihan Anda. Rata-rata biaya yang diperlukan adalah Rp 8.000/bulan).
WORDPRESS LIMITED
(Ketika mendaftar, Anda sudah mendapatkan hosting gratis dari WordPress, biasanya ditandai dengan sub-domain berakhiran worpress.com dan WordPress membatasi media penyimpanan dengan kapasitas 3 GB).
WORDPRESS
(Pilih paket blog $3/bulan untuk mendapatkan penyimpanan 6 GB, paket premium $8/bulan dapat 13 GB dan paket bisnis $25/bulan untuk mendapatkan penyimpanan UNLIMITED).
AD NETWORK YES
(Anda dapat menambahkan situs anda dengan Ad-Network seperti Adsense, Chitika dan lain-lain).
NO
(Tidak dapat menambahkan Ad-Network seperti Adsense, Chitika dan lain-lain, bahkan Anda akan melihat iklan dari WordPress sendiri di situs Anda).
YES
(Anda dapat langganan paket premium $8/bulan untuk menambahkan situs anda dengan Ad-Network seperti Adsense, Chitika dan lain-lain).
BRAND WORDPRESS NO
(Dapat menyembunyikan merek atau brand WordPress Anda pada front-end situs).
YES
(Anda akan melihat tulisan “Powered by WordPress” pada bagian situs).
NO
(Dapat menyembunyikan merek atau brand WordPress Anda dengan langganan paket bisnis $25/bulan).
FITUR SEO YES
(Anda dapat menginstall segala macam plugin SEO WordPress, mulai dari yang gratis hingga yang berbayar. Anda juga dapat mengkustomisasi SEO Anda sendiri).
NO
(Anda tidak dapat menginstall segala macam plugin SEO WordPress).
YES
(Anda dapat menginstall dan mengontrol secara penuh segala macam plugin SEO WordPress, dengan berlangganan paket bisnis $25/bulan).
ANALYTICS YES
(Anda dapat menambahkan Google Analytics dan juga menginstall plugin analytics lainnya).
YES
(Anda hanya dapat menambahkan Analytics bawaan WordPrees, biasanya tergabung dengan Jetpack).
YES
(Jika ingin menambahkan Google plugin analytics lainnya, gunakan paket bisnis $25/bulan).
FITUR E-COMMERCE YES
(Anda bisa membuat website E-commerce dengan memasang plugin seperti WooCommerce atau yang lainnya dengan mudah).
NO
(Tidak dapat digunakan untuk website E-commerce).
YES
(Anda bisa membuat website E-commerce dengan berlangganan paket bisnis $25/bulan, akan tetapi lebih disarankan menggunakan “WordPress Self Hosted”).
FITUR MEMBERSHIP YES
(Dapat membuat fitur membership pada website Anda dengan multi admin, akses user, ataupun sistem affiliate).
NO
(Tidak dapat membuat fitur membership pada website Anda).
YES
(Dapat membuat fitur membership pada website Anda dengan berlangganan paket bisnis $25/bulan).
MAINTENANCE PRIBADI
(Harus melakukan perawatan secara pribadi terhadap website WordPress Anda, seperti halnya perpanjangan domain, lisensi plugin, maintenance hosting serta malware).
WORDPRESS
(Tidak ada perawatan secara khusus, karena menjadi sub-domain WordPress).
WORDPRESS
(Tidak ada perawatan secara khusus, Anda hanya perlu membayar sewa hosting per bulan pada WordPress dan juga perpanjang lisensi plugin secara manual).
Baca :  Cara Mengetahui Kecepatan Loading Website

Untuk melihat daftar lengkap paket dan harga WordPress.com berbayar, bisa Anda lihat di sini https://wordpress.com/pricing/

Dari tabel di atas kita bisa mengetahui kekurangan dan kelebihan WordPress.com dan WordPress.org, dimana WordPress.org gratis akan tetapi perlu membayar biaya sewa hosting dan domain untuk dapat menjalankannya, sedangkan WordPress.com ada yang gratis dan berbayar tergantung kebutuhan Anda untuk menggunakannya, saya lebih menyarankan untuk menggunakan wordpress.org meski sedikit rumit dalam mengantur, sekali-kali bisa Anda gunakan sebagai pembelajaran.

Saya berharap Anda sudah cukup memahami perbedaan antara WordPress.com dan WordPress.org. Jika masih memiliki pertanyaa silahkan tinggalkan komentar di bawah dan jika Anda memutuskan membuat website menggunakan WordPress.org nanti akan saya berikan daftar penyedia hosting terbaik.