Beberapa hari yang lalu saya sempat kebingungan, karena semua tulisan yang ada di postingan blog, ketika saya menuliskan alamat website otomatis menjadi link aktif, saya juga sudah mencoba untuk mencari di Google mengenai cara menghapus link otomatis di postingan blog dan disuruh untuk menambahkan sebuah script ke dalam template saya, ternyata hasilnya pun masih sama saja, tidak ada perubahan, contohnya seperti di bawah ini, padahal saya tidak menyisipkan kode html.

Teks URL Berubah menjadi Link aktif

Sampai seharian saya tidak menemukan bagaimana itu bisa terjadi? Karena memang sebelumnya saya juga tidak pernah melihat kalau link-link pada postingan tersebut menjadi aktif. Semua plugin saya coba nonaktifkan satu per satu dan dari situlah saya menemukan sebuah titik terang.

Masalah ini terjadi karena pada plugin Disqus menggunakan Affiliate links yaitu terdapat atribut class=”vglnk” sehingga menyebabkan semua link di postingan menjadi link aktif.

Ternyata baru tahu kalau semua masalah itu berasal dari plugin Disqus, karena memang saya menggunakan plugin tersebut untuk komentar di blog ini. Jadi, jika memang kendala Anda sama dengan saya, ketika habis memasang plugin Disqus semua link di postingan menjadi aktif, maka lakukanlah seperti berikut ini:

Cara Menghapus Link Otomatis di Postingan Blog

  1. Silahkan buka halaman Disqus dan jangan lupa untuk login terlebih dahulu.
  2. Pilih menu Admin
    cara menghapus link otomatis di postingan blog
  3. Klik Edit Settings
    Cara Menghapus Link Otomatis di Postingan Blog
  4. Pilih Advanced
    cara menghapus link otomatis di postingan website
  5. Hilangkan centang pada Affiliate links
    cara menghapus link otomatis di postingan blogger
  6. Jangan lupa untuk Save

Jika Anda sudah melakukan langkah-langkah tersebut, silahkan coba untuk melihat halaman postingan Anda yang menuliskan sebuah alamat website, apakah link tersebut masih otomatis aktif atau sudah berubah menjadi tidak aktif? Kalau saya sih berhasil dan sekarang semua link di postingan saya menjadi link tidak aktif.

Baca :  Cara Membuat Blog dengan WordPress

Apabila ada kendala saat menghapus link otomatis di postingan blog silahkan komentar di bawah ini, siapa tahu dapat membantu.