Sudah tidak asing lagi dengan rekening tabungan Jenius, iklan dan juga tim marketing sudah ada dimana-mana. Tabungan yang satu ini bisa dibilang sangat lengkap dan tabungan masa kini, cocok bagi milenial zaman now. Kegunaan dan perbedaan m-Card, e-Card, x-Card Jenius harus Anda pahami, jika Anda sudah berhasil membuat Jenius card.

Bagi Anda yang belum mempunyai Jenius card segera buka tabungan Jenius secara gratis, baca postingan panduan Cara Membuat Jenius Card yang sudah saya bahas beberapa hari yang lalu.

Saking lengkapnya terkadang Anda sampai dibuat bingung oleh Jenius mengenai rekening tabungan yang dibuat, mulai dari m-Card, e-Card dan juga x-Card. Maka dari itu Anda harus mengerti kegunaan dari masing-masing kartu tersebut.

Fungsi dan Kegunaan m-Card, e-Card, x-Card pada Tabungan Jenius

Fungsi m-Card, e-Card, x-Card pada Tabungan Jenius

1. m-Card

m-Card Jenius adalah kartu debit utama yang dapat digunakan untuk transfer, tarik tunai di ATM Bersama/PRIMA/Mancanegara dan juga bertransaksi online/offline di seluruh merchant Visa. Kartu m-Card Jenius akan langsung dikirimkan ke alamat Anda, jika sudah mengaktifkan akun Jenius.

Anda juga dapat bertransaksi/tarik tunai dengan mata uang asing USD, SGD & JPY. Untuk menggunakan mata uang asing Anda bisa mengaktifkannya selama hari kerja setiap pukul 08.00 WIB s.d 16.00 WIB, langsung dari aplikasi Jenius.

2. e-Card

e-Card Jenius adalah kartu debit virtual yang digunakan untuk bertransaksi online tanpa menggunakan kartu kredit di seluruh merchant Visa, seperti halnya belanja online di AliExpress, verifikasi Paypal dan membayar tagihan musik streaming. e-Card tidak memiliki bentuk fisik, hanya tersedia di aplikasi Jenius setelah Anda aktifkan.

Untuk mengaktifkan e-Card sangatlah mudah, silahkan tunggu m-Card Jenius yang dikirimkan ke alamat Anda, jika sudah sampai silahkan lihat dibelakang kartu ada kode CVV sebagai verifikasi kartu e-Card Anda dan buat pin Anda.

3. x-Card

x-Card Jenius adalah kartu debit tambahan yang memiliki fungsi hampir sama dengan m-Card dan dapat digunakan untuk mengatur pengeluaran yang lebih spesifik, seperti belanja atau membayar transportasi. x-Card bisa Anda dapatkan secara gratis pada aplikasi Jenius dengan maksimal pembuatan 3 x-Card.

Perbedaan m-Card, e-Card dan x-Card Jenius

Perbedaan m-Card, e-Card dan x-Card Jenius

Sangatlah jelas mengenai perbedaan m-Card, e-Card dan x-Card Jenius, berikut ini perbedaanya yang sudah saya rangkum:

  • Untuk m-Card Jenius memiliki kartu fisik sebagai kartu debit utama dan ada nama Anda pada kartu tersebut.
  • Sedangkan e-Card tidak memiliki kartu fisik yang tujuan utamanya digunakan sebagai pembayaran online di merchant Visa (kartu debit virtual).
  • Kalau x-Card merupakan kartu tambahan yang memiliki bentuk fisik seperti m-Card akan tetapi tidak ada nama Anda pada kartu tersebut, Anda juga dapat request pembuatan x-Card GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) untuk melakukan transaksi offline seperti pembayaran, transfer uang, atau tarik tunai tanpa biaya di semua mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) atau Electronic Data Capture (EDC) mana pun yang berlogo GPN di seluruh Indonesia.