Apakah Anda baru memulai berinvestasi saham? Atau berniat ingin investasi saham, namun masih bingung mulai dari mana? Investasi saham sangatlah mudah dilakukan, saya akan memberikan langkah-langkah cara investasi saham bagi pemula agar lebih mudah dipahami.

Pengertian Saham

Pertama-tama, jika Anda ingin tahu apa sih saham itu? Bisa membaca artikel pengertian saham terlebih dahulu, di situ sudah ada penjelasan mengenai pengertian saham dan juga keuntungan yang didapatkan jika Anda berinvestasi saham. Secara garis besarnya, saham adalah surat berharga tanda sebagai kepemilikan suatu perusahaan atau perseroan terbatas.

Semua orang bisa membeli saham dan ikut menanamkan modal pada sebuah perusahaan tertentu dengan syarat perusahaan tersebut sudah go public atau disebut juga dengan IPO, setelah Anda berinvestasi pada perusahaan tersebut maka akan mendapatkan keuntungan dari sebuah perusahaan dalam bentuk dividen, selain itu dapat mengikuti Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Memilih Sekuritas Terbaik

Anda dituntut untuk betul-betul memilih sekuritas yang terbaik, karena ini masalah dengan mengelola uang Anda untuk investasi ataupun trading. Jadi percayakan pada sekuritas pilihan Anda.

Untuk memilih sekuritas yang baik, saya merekomendasikan beberapa pilihan dan perbandingan, silahkan Anda baca dan pilih sendiri pada artikel daftar 7 sekuritas saham online terbaik 2019.

Membuka Rekening Saham

Jika Anda sudah membaca dan memahami tentang pengertian saham yang saya jelaskan di atas, sekarang lanjut ke poin selanjutnya yaitu membuka rekening saham. Semua orang wajib hukumnya membuka rekening saham jika ingin berinvestasi pada pasar modal.

Sama halnya dengan pengertian saham, untuk membuka rekening saham juga sudah bahas pada artikel sebelumnya, jadi silahkan Anda pahami terlebih dahulu apa saja syarat-syarat yang harus dilakukan seperti membawa ID Card, NPWP jika ada dan juga buku tabungan yang bisa Anda integrasikan menjadi Rekening Dana Investor (RDI).

Mekanisme Jual Beli Saham di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Dalam mekanisme jual beli saham ada beberapa macam pasar, fraksi harga dan satuan perdagangan, semua itu juga sudah saya ulas di artikel mekanisme jual beli saham, jadi silahkan baca terlebih dahulu.

Anda juga akan lebih memahami mengenai perhitungan fee broker dan harga bid & offer. Waktu perdagangan juga sangat penting untuk Anda ketahui, karena transaksi saham tidak buka 24 jam dalam seminggu.

Setelah Anda membaca dan memahami artikel yang saya jelaskan di atas pasti sudah sangat terbantu untuk melakukan transaksi saham, karena langkah-langkah cara investasi saham di atas sudah berurutan, mulai dari belajar apa itu saham? Selanjutnya membuka rekening saham dan mengetahui mekanisme jual beli saham.

cara investasi saham online

Berikut ini langkah-langkah cara investasi saham online bagi pemula:

  1. Tentukan sekuritas saham yang ingin Anda gunakan.
  2. Buka rekening saham.
  3. Pilih saham apa yang ingin Anda beli.

Jadi, Anda dapat membeli saham pada aplikasi online yang sudah diberikan pada saat pembukaan rekening saham. Sangat mudah sekali kan langkah-langkah dalam berinvestasi saham, jika ada yang kurang jelas bisa Anda tanyakan pada kolom komentar atau kepada pilihan sekuritas saham Anda, pasti akan segera dibalas.

Tips:
Bagi yang pertama kali mencoba investasi saham, saya menyarankan Anda membeli saham blue chip terlebih dahulu, agar menghindari resiko yang terjadi dan juga sebagai bahan pembelajaran.