Para investor saham pemula kebanyakan akan membeli saham dengan resiko yang sangat minim, mereka biasanya disuruh oleh seseorang melakukan investasi pada saham blue chip terlebih dahulu, tapi apakah Anda sudah mengerti apa yang di maksud dengan saham blue chip? Jika belum, mari kita pelajari daftar saham blue chip yang ada di Indonesia.

Apa itu Saham Blue Chip?

Saham blue chip adalah saham dari sebuah perusahaan yang sudah sangat terkenal, memiliki modal besar dan stabil. Jika Anda membeli saham blue chip bisa dikatakan pada posisi cara investasi yang aman karena perusahaan tersebut memiliki kinerja yang bagus dan secara rutin membagikan dividen dalam juga yang tak sedikit.

Saham blue chip biasanya akan menjadi pemimpin pasar di sektornya, bisa jadi karena produknya berkualitas ataupun jasanya yang diakui secara nasional. Saham blue chip akan memiliki pertumbuhan stabil, mendapatkan laba yang konsisten dan bisa bertahan dari penurunan kondisi ekonomi.

Bagaimana Cara Mencari Saham Blue Chip?

Untuk mencari saham blue chip yang ada di Bursa Efek Indonesia (BEI) kita harus mengetahui ciri-ciri dari saham blue chip itu sendiri, seperti apa ciri-ciri saham blue chip? Berikut ini penjelasannya:

  • Perusahaan sudah terkenal
  • Perusahaan memiliki modal yang besar
  • Perusahaan memiliki rekam jejak yang panjang
  • Perusahaan mempuyai produk maupun jasa yang berkualitas dan diakui
  • Perusahaan menjadi market leader dalam sektornya
  • Perusahaan memiliki kapitalisasi yang besar
  • Perusahaan memiliki kinerja yang stabil dengan dibuktikan oleh pertumbuhan labanya dan pembagian dividen

Nah, jika Anda sudah mengerti ciri-ciri dari saham blue chip maka akan lebih mudah dalam menentukan saham mana saja yang termasuk kriteria saham blue chip. Sebenarnya kriteria ini hampir mirip pada daftar yang sudah dikeluarkan oleh BEI yang dinamakan dengan saham LQ45. Namun perlu diperhatikan juga, semua saham LQ45 belum tentu disebut dengan saham blue chip, hanya saja hampi mirip dengan kriteria ciri-ciri di atas.

Harga Saham Blue Chip

Saat Anda berniat untuk investasi saham, pasti sudah mempunyai sebuah tujuan untuk melakukan investasi jangka pendek atau jangka panjang. Kalau jangka panjang itu sangat cocok dengan saham blue chip, karena harganya tergolong tidak murah namun sangat stabil dan bagus. Jadi sangat cocok untuk pemula.

Harga saham blue chip meskipun terkenal mahal namun saham jenis ini memiliki nilai fluktuasi yang tidak terlalu tinggi, sehingga resiko investasi pada saham ini lebih rendah.

Dan jika ingin melakukan investasi saham jangan pendek, saya lebih merekomendasikan membeli saham lapis dua atau yang biasa disebut dengan saham second liner (saham kelas menengah). Saham ini biasanya juga bagus tapi harga per lembarnya lebih murah dari saham blue chip cocok digunakan untuk trading saham.

Daftar Saham Blue Chip

Daftar Saham Blue Chip Indonesia

Sekarang mari kita simpulkan daftar saham blue chip di Indonesia yang dapat Anda beli dari kriteria di atas, ada apa saja?

NO KODE NAMA STOCK SEKTOR
1 BBCA Bank Central Asia Tbk. Bank
2 BBRI Bank Rakyat Indonesia Tbk. Bank
3 BMRI Bank Mandiri Tbk. Bank
4 UNVR Unilever Indonesia Tbk. Manufaktur
5 SMGR Semen Indonesia Tbk. Manufaktur
6 KLBF Kalbe Farma Tbk. Manufaktur
7 MYOR Mayora Indah Tbk. Manufaktur
8 INDF Indofood Sukses Makmur Tbk. Manufaktur
9 ASII Astra International Tbk. Manufaktur
10 CPIN Charoen Pokphand Tbk. Manufaktur
11 JSMR Jasa Marga Tbk. Infrastruktur
12 WSKT Waskita Karya Tbk. Infrastruktur
13 TLKM Telekomunikasi Indonesia Tbk. Infrastruktur
14 ITMG Indo Tambangraya Megah Tbk. Pertambangan
15 PTBA Bukit Asam Tbk. Pertambangan
16 AALI Astra Agro Lestari Tbk. Perkebunan
17 LSIP London Sumatera Plantation Tbk. Perkebunan
18 PGAS Perusahaan Gas Negara Tbk. Energi
19 UNTR United Tractor Tbk. Perdagangan
20 MNCN Media Nusantara Citra Tbk. Media

Jika Anda sudah melihat daftar saham blue chip yang ada di Indonesia, maka saatnya untuk segera membeli. Jangan terlalu melihat pada sebuah kapitalisasi pasar yang sifatnya tidak permanen, karena dari tahun ke tahun saham blue chip dapat mengalami perubahan meski tak secepat daftar saham LQ45.

Dan segala keputusan yang Anda ambil kembali pada Anda sendiri, karena untung dan rugi yang menanggung juga Anda sendiri. Saya hanya mencoba berbagi pengalaman mengenai daftar saham blue chip yang bisa Anda beli dan semoga bisa cuan dengan banyak.