Memilih provider internet bisa di bilang susah-susah gampang, apalagi jika pilihannya semakin banyak. Kita dituntut untuk benar-benar memilih provider yang bagus dari segi harga, kecepatan, layanan dan maintenance. Seperti pengalaman saya dalam pasang internet IndiHome, First Media, MNC Play dan MyRepublic yang akan saya ulas di sini.

Awal pertama kali saya berlangganan internet di rumah menggunakan indihome yang waktu itu bernama speedy karena memang masih jarang provider lain yang tersedia dan di tahun-tahun berikutnya mulai banyak perusahaan lain yang ikut bersaing dalam persaingan provider internet dan tv kabel.

Promo-promo mulai digencarkan melalui internet dan sosial media, begitupun dengan brosur-brosur yang disebarkan ke rumah-rumah oleh bagian marketing provider internet tersebut, guna menarik banyak pelanggan agar tergabung dengan providernya. Persaingan harga juga semakin seru, sehingga sangat terjangkau untuk dipasang oleh semua kalangan.

Pengalaman Pasang Internet IndiHome

Pengalaman Pasang Internet IndiHome

Waktu pertama kali saya menggunakan indihome dengan kecepatan 1 atau 2 Mbps, rasanya yang memang harus banyak bersabar kalau ingin dipakai buat download file tertentu, jarang sekali mendengarkan music melalui Youtube. Jadi, mau gak mau harus saya download semua musik yang saya sukai kemudian saya play menggunakan pemutar musik.

Kalau tidak seperti itu pasti lemot sekali, karena juga digunakan untuk beberapa komputer. Mau beli yang paket 10 Mbps juga lumayan mahal. Untuk harga waktu itu dengan kecepatan 2 Mbps sekitar 230rb itu pun harga promo yang berlaku beberapa bulan, kalau masa promo habis, tagihan bisa sampai 500rb, entah kenapa bisa seperti itu.

Untuk kecepatan IndiHome 2 Mbps jadi ya tidak bisa berharap banyak waktu itu, terkadang juga bolak-balik gangguan internet tidak bisa digunakan, proses perbaikan pun juga lumayan lama, bisa sampai seharian dan pernah sampai 3 hari. Respon pelanggan sih baik, jika saya melakukan pengaduan pasti ditanggapi, tapi ya gitu tidak pasti jelas kapan selesainya jika memang ada gangguan.

Mungkin saat ini beda lagi ya, keliatannya IndiHome sudah semakin bagus dan harganya juga lumayan bersaing. Untuk paket berlangganan 10 Mbps dikenakan sekitar Rp360.000 dengan beberapa chanel tv, tapi saya belum tahu juga untuk keluhan pelanggan apa masih sama atau sudah semakin baik, tidak dijanjikan saja. Untuk pemasangan baru IndiHome dikenakan biaya sebesar Rp100.000 untuk jabodetabek dan Rp75.000 untuk wilayah lain. Beginilah untuk pengalaman pertama kali dalam pasang IndiHome.

Pengalaman Pasang Internet First Media

Pengalaman Pasang Internet First Media

Setelah cukup lama menggunakan IndiHome, serasa ada angin segar yang menawarkan promo menarik ke dalam rumah yaitu First Media dengan biaya hanya Rp300.000 sudah mendapatkan kecepatan internet sebesar 10 Mbps dan beberapa chanel tv, tanpa berfikir panjang saya langsung mendaftarkan.

Meski harga tersebut hanya promo 6 bulan saya juga masih tidak terlalu berfikir karena biaya normalnya sekitar Rp400.000 waktu itu. Untuk pemasangan baru First Media tidak menarik biaya, kecuali jika ada tambahan kabel.

Untuk koneksi internet saya rasa kurang stabil dari First Media ini, misalkan Anda berlangganan 10 Mbps nanti jika di tes menggunakan SpeedTest akan ketemu sekitaran 6 Mbps. Tapi juga masih lumayan cepat di angka segitu, untuk komplain juga sangat mudah dan selalu ditanggapi, bisa menelepon customer service, email atau melalu twitter First Media.

Misalkan hari itu ada gangguan jaringan di tempat Anda, bagian maintenance First Media akan segera datang hari itu juga dan menyelesaikannya jika memang tidak ada kendala, itulah sedikit mengenai pengalaman pasang First Media.

Pengalaman Pasang Internet MNC Play

Pengalaman Pasang Internet MNC Play

Pengalaman ketiga ini sama halnya dengan First Media, ada salah satu sales MNC Play yang datang menawarkan internet cepat, ada satu hal yang saya ingat waktu itu, saya menanyakan apa kelebihannya dari pada First Media? Karena untuk harga masih lebih murah First Media.

Dan di situ marketingnya mengatakan bahwasanya MNC Play memiliki sistem simetris 1:1 antara download dan upload, artinya jika Anda berlangganan internet 10 Mbps, maka akan memiliki kecepatan download dan upload 10 Mbps, hal ini yang tidak di miliki oleh provider lain seperti IndiHome dan First Media. Jadi sangat cocok jika Anda suka upload video ke youtube atau upload file-file ke situs tertentu.

Akhirnya saya mencoba untuk memasangnya, karena masa promo First Media juga ingin habis dan harga juga tidak terlalu jauh. Untuk kecepatan memang sangat bagus, akan tetapi ada satu hal yang saya kurang suka karena jika ada gangguan internet disuruh untuk membuat laporan dahulu yang ditangani oleh customer service Jakarta, kemudian nanti di agendakan ke bagian teknisi yang di Surabaya, bisanya hari apa untuk memperbaikinya. Hal itu kesannya terlalu ribet dan cukup lama memakan waktu, begitulah pengalaman pasang MNC Play yang saya lakukan.

Pengalaman Pasang Internet MyRepublic

Pengalaman Pasang Internet MyRepublic

Tak tanggung-tanggung provider MyRepublic datang dengan menawarkan internet cepat dengan harga murah, bayangkan 100 Mbps hanya dengan membayar Rp250.000, sama halnya dengan yang lain promo itu berlaku sekitar 6 bulan, akan tetapi pada bulan selanjutya juga cukup murah, Anda akan dikenakan sekitar Rp500.000.

Sayangnya untuk pasang internet MyRepublic sementara hanya ada di kota-kota tertentu, seperti di Jawa Timur hanya bisa dilakukan di Surabaya dan Malang, begitupun wilayahnya juga tidak semuanya, semoga pengalaman pasang MyRepublic ini dapat membantu Anda.

Mungkin MyRepublic ini masih tergolong baru, jadi jika Anda mengalami gangguan internet akan membutuhkan waktu yang cukup lama, bisa jadi 3 hari atau lebih karena memang teknisinya tidak datang-datang, slow respon sekali. Jika Anda menggunakannya untuk urusan bisnis perlu membeli modem tambahan, jika sewaktu-waktu ada gangguan internet yang cukup lama.

Provider Internet Apa yang Terbaik?

Setelah saya mencoba beberapa provider internet tersebut saya dapat menyimpulkan mana pilihan yang terbaik dan yang saya gunakan sampai sekarang, saya lebih memilih First Media. Karena harga berani bersaing, begitupun dengan customer service yang sangat mudah dihubungi. Teknisinya juga sangat cepat dalam mengerjakan jika ada gangguan pada jaringan internet.

Jika Anda ingin mendaftar First Media secara online, silahkan klik DAFTAR FIRST MEDIA. Anda tidak perlu repot-repot untuk datang ke kantor atau menghubungi sales marketing First Media, jadi Anda yang akan dihubungi oleh First Media.

Itulah sedikit ulasan mengenai beberapa provider internet yang pernah saya gunakan, mungkin harga dan layanan juga berbeda-beda di setiap tempat, tapi yang pasti tidaklah memiliki perbedaan terlalu jauh. Apalagi saat ini sudah cukup lama, semoga mereka semua lebih bagus lagi.

Sebenarnya masih banyak juga provider internet yang ingin saya coba, tetapi masih terkendala wilayah jaringan yang belum tercakup di Surabaya, seperti halnya Biznet, Gig dan Oxygen.