Beberapa hari yang lalu saya memasang plugin WooCommerce untuk salah satu website yang saya kelola, namun ketika ada orderan masuk tidak ada notifikasi yang dikirimkan ke email saya dan juga ke email pembeli, padahal saya sudah mengatur WooCommerce tersebut dengan memasukkan email yang valid tapi tetap saja WordPress tidak bisa mengirim email.

Saya kira hal itu karena faktor hosting yang digunakan, karena memang ada sebagian hosting yang menetapkan limit atau menonaktifkan fungsi PHP Mail tersebut agar mengurangi penyalahgunaan, sebab banyak sekali yang menggunakan PHP Mail untuk spam.

Fungsi PHP Mail secara default sudah ada di WordPress untuk dapat mengirimkan email notifikasi, misalkan jika ada update, komentar, registrasi dan contact. Tetapi fungsi PHP Mail tersebut terkadang tidak efektif, kadang ada notifikasi masuk kadang juga tidak ada notifikasi sama sekali. Maka dari itu perlunya menggunakan plugin SMTP untuk mengirimkan email.

Bagaimana Cara Mengetahui Jika WordPress Tidak Bisa Mengirim Email?

Plugin WP Mail Log

Untuk melihat bahwa WordPress yang digunakan tidak bisa mengirim email caranya cukup mudah, tinggal install plugin WP Mail Log pada dashboard WordPress.

WordPress Tidak Bisa Mengirim Email

Kemudian silahkan lihat WP Mail Log pada dashboard WordPress, jika memang ada tanda error berarti memang WordPress yang kamu gunakan tidak bisa mengirim email.

Sekarang kita akan menggunakan bantuan plugin SMTP untuk mengatasi masalah WordPress yang tidak bisa mengirimkan email. Dan jangan lupa untuk memastikan bahwa hosting yang kamu gunakan support SMTP.

Sebelum install plugin SMTP kamu perlu mencatat email account terlebih dahulu yang ada di cPanel, agar email yang kamu kirimkan tidak dianggap spam, caranya seperti berikut ini.

  1. Login cPanel
    login cpanel
  2. Pilih Email -> Email Accounts
    email accounts cpanel
  3. Silahkan pilih email yang ingin kamu gunakan untuk mengirimkan email dan klik CONNECT DEVICES
    cara mudah membuat email dengan domain sendiri di gmail
  4. Jangan lupa catat pada bagian Mail Client Manual Settings
    cara setting email dengan domain sendiri di gmail

Jika kamu tadi sudah mencatat, sekarang kita akan melanjutkan cara install plugin SMTP dan bagaimana cara settingnya, kebetulan saya menggunakan plugin Easy WP SMTP karena lebih mudah digunakan.

Cara Setting Plugin SMTP

  1. Pastikan kamu sudah install dan mengaktifkan plugin Easy WP SMTP
    Cara Install Plugin SMTP
  2. Pilih Settings -> Easy WP SMTP
    WordPress Tidak Bisa Mengirim Email SMTP
  3. Silahkan isi data yang diperlukan, bisa kamu lihat pada email account yang sudah dicatat dari cPanel tadi, jika semuanya sudah diisi silahkan klik Save ChangesCara Setting Plugin Easy WP SMTP Lengkap
  4. Untuk melakukan uji coba, pilih menu Test Email pada Easy WP SMTP Settings, tuliskan email tujuan, subject dan juga isi pesan dan jika sudah klik Send Test Email
    WordPress Tidak Bisa Mengirim Email Plugin Easy WP SMTP
  5. Lihat kotak masuk email tujuan yang sudah dikirim pesan, apakah ada pesan masuk seperti yang kamu kirimkan? Jika iya, maka kamu sudah berhasil melakukan setting pada plugin SMTP
    Cara Setting Plugin Easy WP SMTP test mail

Sekarang jika ada update mengenai WordPress, komentar, registrasi, contact, notifikasi WooCommerce, dll pasti akan ada notifikasi masuk ke email yang kamu gunakan.

Apabila masih ada terkendala error atau tidak bisa mengirimkan email secara otomatis, coba hubungi penyedia hosting kamu, mungkin masih ada terkendala pada hosting yang kamu gunakan.