Sebelum mengenal dunia digital marketing jauh lebih dalam saya adalah seorang mahasiswa yang setiap harinya menghabiskan waktu untuk belajar di kampus dan di sela-sela waktu tersebut saya gunakan untuk berjualan secara online, itung-itung buat tambahan jajan dan kebutuhan hidup.

Ngomongin soal jualan online, secara tidak sadar saya telah mempelajari apa itu yang dinamakan digital marketing yaitu sebuah cara melakukan pemasaran suatu produk dan jasa melalui media internet, bahkan waktu itu belum ada android atau sudah ada namun masih jarang penggunanya, orang-orang lebih memilih menggunakan Blackberry karena memiliki fitur BBM (Blackberry Messenger) yang kini sudah mulai ditinggalkan.

Saya belajar bagaimana cara pemasaran yang baik melalui BBM tersebut hingga saya optimalkan dengan menggunakan bantuan sosial media lain, seperti Facebook dan Twitter. Kian hari semakin bertambah jumlah contact yang ada di BBM yang menandakan semakin banyak peluang untuk menjual produk dan menghasilkan pendapatan.

Mengenal SEO untuk Digital Marketing

Mengenal SEO untuk Digital Marketing

Beberapa waktu kemudian ada sebuah seminar atau disebut juga dengan workshop di tempat saya kuliah tentang pemasaran produk dengan teknik SEO (Search Engine Optimization), apa itu SEO? Bagaimana cara kerja SEO? Saya benar-benar tidak mengerti sama sekali apa yang dinamakan SEO dan apa hubungannya dengan penjualan produk, akhirnya saya sempatkan untuk mengikuti workshop tersebut dengan alasan sangat simpel yaitu mendapatkan sertifikat untuk ditukarkan point yang bisa digunakan sebagai keperluan mengurus skripsi.

Tak disangka sebelumnya, yang awalnya mengikuti workshop karena urusan point ternyata saya malah fokus pada materi yang diberikan, mungkin ini yang saya cari-cari, berbekal materi yang diberikan saya pulang ke rumah dengan semangat dan langsung mempraktekkan. Jadi saya mulai mempelajari cara membuat website, bagaimana cara mendapatkan nomer satu di pencarian Google dan semua itu ternyata ada hubungannya dengan teknik SEO.

SEO (Search Engine Optimization) adalah mengoptimalkan website pada mesin pencarian dan cara kerjanya sangat kompleks jika saya jelaskan di sini, intinya bagaimana agar sebuah website dapat tampil pada halaman pertama mesin pencarian, sehingga banyak yang mengunjungi website tersebut dan menghasilkan banyak konversi penjualan.

Setelah saya menggunakan teknik SEO, hampir semua kata kunci produk yang saya jual mendominasi di halaman pertama Google dan itu benar-benar membantu pemasaran produk menjadi lebih banyak dan luas.

Peran Blogger dalam Digital Marketing

Peran Blogger dalam Digital Marketing

Di akhir kuliah, saya malah semakin tertarik pada dunia blogging karena merasa dapat membuat sebuah blog yang bagus dan dapat memberikan informasi bagi pengunjung blog saya. Blog pertama yang saya buat waktu itu ceritanjung.blogspot.com, namun kini sudah dihapus oleh Google tanpa sebab yang diketahui.

Peran blogger dalam digital marketing ternyata sangat besar, apalagi yang hobi kuliner atau wisata, dari hobi tersebut dapat dituliskan pengalaman-pengalaman yang pernah dilakukan ke dalam blog pribadi, sehingga banyak pembaca yang tertarik untuk membagikan tulisan ke dalam sosial media, selain bermanfaat untuk pembaca menjadi blogger akan memiliki banyak teman dari berbagai kota bahkan dunia.

Dengan menjadi seorang blogger juga akan mendapatkan penghasilan yang lumayan menarik, misalkan mendaftarkan blog pada Google Adsense atau ketika ada yang menyuruh untuk mereview produk tertentu dan ada juga perusahan yang ingin menaruh content placement pada blog yang menurutnya bagus dan memiliki banyak content.

Belajar Digital Marketing dengan Bekerja pada Digital Agency

Belajar Digital Marketing dengan Bekerja pada Digital Agency

Berkat blog yang terhapus, pada tahun 2014 yang lalu saya dapat diterima bekerja di salah satu perusahaan digital agency. Karena salah satu syarat untuk melamar kerja di perusahaan tersebut yaitu melampirkan blog atau website.

Mulai dari digital agency saya belajar semuanya tentang dunia digital marketing, ternyata saya baru tahu bawah digital marketing itu sangat luas tidak hanya SEO saja. Masih ada SEM, SMM, SMO dan masih banyak lagi.

  • SEM (Search Engine Marketing) adalah teknik digital marketing yang lebih luas dari SEO, karena teknik ini mempelajari tidak hanya bagaimana agar tampil pertama pada pencarian Google, melainkan riset keyword, submit, analisa kompetitor dan postingan berbayar untuk mendapat trafik yang lebih banyak dan tertarget.
  • SMM (Social Media Marketing) adalah teknik digital marketing yang memanfaatkan sosial media sebagai alat pemasaran, SMM akan lebih fokus pada konten yang diberikan sehingga dapat menarik banyak follower dan akan membagikan konten yang menurutnya bagus. Jika sudah seperti itu, akan lebih mudah dalam menjual sebuah produk pada media sosial.
  • SMO (Social Media Optimization) adalah suatu metode digital marketing melalui media sosial untuk mendapat banyak trafik menuju website yang sudah ditentukan. Hampir sama dengan SMM namun SMO lebih tertarget untuk mendapatkan pengunjung ke website melalui berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram.

Meski sudah tidak bekerja pada digital agency, saya tidak bisa lepas dari digital marketing karena setiap project yang saya kerjakan sebagai freelance sampai saat ini selalu berhubungan dengan dunia digital marketing seperti pembuatan website, SEO, pemasaran produk melalui Facebook Ads dan Google Ads.

Dalam hal pembuatan website, saya benar-benar dituntut untuk memilih domain dan penyedia hosting terbaik. Bagaimana agar saya dapat memilih penyedia hosting terbaik? Penyedia hosting terbaik biasanya akan memilki kriteria seperti di bawah ini:

  1. Menggunakan Enterprise SSD dalam sebuah penyimpanan, agar website dapat diakses lebih cepat
  2. Memiliki Cloud Backup harian, sehingga data tersimpan lebih aman
  3. Unlimited Bandwidth yang sifatnya wajib dimiliki penyedia hosting, agar website tetap lancar
  4. Fitur Instant Deploy, untuk membuat website secara instan dan mudah
  5. Garansi uang kembali, siapa sih yang gak mau ada garansi uang kembali jika ada masalah dengan penyedia hosting
  6. Support system yang cepat tanggap, jangan sampai jika ada masalah pada hosting dan tidak ada tanggapan dari penyedia hosting, karena support wajib diberikan saat pelanggan memerlukan bantuan terhadapat hosting yang dimiliki

Dari kriteria yang saya sebutkan di atas semuanya ada pada Domainesia, saya selalu mempercayakan Domainesia dalam urusan penyedia hosting terbaik. Selain penyedia hosting dan domain, Domainesia juga memiliki layanan VPS Indonesia terbaik, buktinya deploy dan spin VM instance untuk mendapatkan akses root dapat dihasilkan dalam waktu kurang dari 40 detik, belum lagi dengan teknologi Intel Xeon E5 yang akan memastikan performa komputasi tinggi dan kompatibilitas terhadap teknologi terkini.

Bagaimana cara membeli domain dan hosting di Domainesia?

  1. Silahkan kunjungi Domainesia.com
  2. Tulis nama domain yang diinginkan
    cara membeli domain dan hosting di Domainesia
  3. Pilih Pesan paket hemat (sudah sepaket dengan hosting)
    4. Pilih paket hosting yang ingin digunakan, mulai dari 750 MB hingga 48 GB
    cara membeli domain di domainesia– Tentukan lokasi server, jika untuk pengunjung di Indonesia saya menyarankan pilih Jakarta.
    – Tentukan siklus order hosting, pilih 1 tahun untuk mendapat potongan harga
    – Jangan lupa centang Let’s Encrypt Free SSL, untuk mendapatkan Free SSL
  4. Untuk durasi domain minimal 1 tahun
    cara membeli hosting di domainesia– Centang DNS Zone Manager untuk mengatur DNS record jika diperlukan
    – Centang Instalasi Otomatis (Instant Deploy), jika ingin membuat website secara instan, tersedia WordPress, Drupal, Joomla, PrestaShop, Dll
  5. Masukkan email untuk menerima informasi pesanan dan klik Masukkan Troli
    Digital Marketing Life Hacks
  6. Periksa kembali pesanan
    Digital Marketing Life Hacks Domainesia
  7. Jika sudah memiliki akun Domainesia, masukkan email dan password kemudian klik Sign in, kalau belum silahkan klik Daftar
    4 Tahun Bersama Dunia Digital Marketing
  8. Masukkan data diri secara lengkap, seperti nama, email dan password, kemudian klik Lanjut
    belajar digital marketing
  9. Masukkan data diri selanjutnya, berupa alamat lengkap, nomer telepon dan jangan lupa centang Terms of Service kemudian klik Sign up
    belajar digital marketing life hacks
  10. Klik Selesaikan dan Bayar
    membeli domain di domainesia
  11. Lakukan pembayaran ke salah satu pilihan pembayaran yang tersedia
    konfirmasi pembayaran domain di domainesia
  12. Silahkan cek email yang sudah didaftarkan, di situ akan tertera invoice pembayaran
    invoice pembayaran domainesia
  13. Dan jika sudah melakukan pembayaran, website yang dipesan akan langsung aktif

Jadi, digital marketing benar-benar tidak bisa lepas dari kehidupan saya, begitupun dengan banyaknya manfaat digital marketing yang saya dapatkan hingga saat ini, saya juga akan selalu membuka wawasan dan terus belajar, karena perkembangan digital marketing begitu cepat dan selalu update.

Semenjak saya bekerja pada digital agency 5 tahun yang lalu, hal itu sangat merubah kehidupan saya dan membuka wawasan dalam dunia digital marketing yang berguna untuk membantu banyak orang, mengenalkan produk mereka bahkan ke berbagai dunia.