Artikel ini merupakan lanjutan dari cara install WooCommerce, jika kamu belum membaca sebaiknya membaca terlebih dahulu agar dapat memahami apa sih WooCommerce itu? Karena pada artikel tersebut juga ada penjelasan mengenai pengertian WooCommerce, manfaat WooCommerce dan juga cara install plugin WooCommerce. Bagi yang sudah membaca mari kita lanjutkan panduan lengkap cara membuat toko online dengan WordPress WooCommerce.

Tidak jauh dari artikel sebelumnya, setting WooCommerce ini merupakan versi lengkapnya atau lebih rinci, kalau sebelumnya kan hanya menjelaskan secara ringkasan Setup Wizard WooCommerce, kali ini lebih luas lagi, misalkan mengatur pembayaran dan biaya kirim. Langsung aja ya mari kita mulai untuk membuat toko online dengan WordPress.

Cara Setting WooCommerce

  1. Silahkan masuk ke halaman dashboard WordPress
  2. Pilih menu WooCommerce -> Settings
    Cara Setting WooCommerce
  3. Pada settingan ini akan ada 7 halaman tab yang akan kita bahas satu per satu, yaitu General, Products, Shipping, Payments, Accounts & Privacy, Emails dan Advanced.

1. General

Halaman general akan mengatur lokasi toko, tarif pajak dan penggunaan mata uang.

Store Address

Store Address WooCommerce
Lokasi toko akan sudah terisi jika kamu tadi mengisinya pada Setup Wizard, jika belum maka silahkan isi sesuai dengan alamat lengkap lokasi toko Anda.

General Options

General Options
Pada halaman ini, kamu bisa mengatur target penjualan ke semua negara atau negara tertentu, misalkan hanya ke Indonesia maka pilih sell to specific countries, kemudian pilih Indonesia begitupun dengan shipping location.

Untuk enable tax rates and calculations sebaiknya tidak usah dicentang dulu, karena ini urusan dalam menghitung pajak, kecuali kamu sudah menerapkan pajak untuk toko online.

Currency Options

Currency Options WooCommerce
Bagian ini juga sudah kalian atur pada Setup Wizard sebelumnya, namun ada tambahan seperti Number of decimals rekomendasi diisi 0 saja agar tidak menampilkan angka, jika diisi 2 maka akan menampilkan dua angka 0 dibelakang nilai produk. Jika sudah semuanya jangan lupa klik Save changes.

2. Products

Ada 3 menu yang perlu diatur pada halaman products, seperti menu general, inventory dan downloadable products.

General

General Product WooCommerce
Pada menu general shop pages kamu bisa mengatur shop page atau halaman belanja, biarkan default saja yaitu Shop, jadi nanti ada halaman khusus belanja produk kamu, misalkan ceritanjung.com/shop pada halaman tersebut akan menampilkan seluruh produk yang kamu jual.

Kemudian satuan berat dan ukuran juga sudah kamu atur pada setup wizard WooCommerce sebelumnya, untuk settingan lainnya biarkan default dan jangan lupa Save changes.

Inventory

Inventory Product WooCommerce
Selanjutnya menu inventory, pada halaman ini mengatur masalah stok produk, kamu bisa centang Enable stock management jika ingin mengaturnya atau jangan dicentang, jika tidak ingin mengaturnya.

  • Hold stock (minutes): Menahan stok, jika ada pembeli tidak membayar, maka produk tersebut akan tersedia kembali selama waktu yang kamu inputkan misalkan kamu isi 60, maka tertahan hingga 60 menit.
  • Notifications: Notifikasi produk jika dibawah batas stok terendah dan jika stok habis maka akan dikirimkan ke email yang bisa kamu tuliskan pada kolom Notification recipient(s).
  • Low stock threshold: Batas stok terendah
  • Out of stock threshold: Batas stok habis

Downloadable Products

Downloadable Products WooCommerce
Halaman ini khusus jika kamu menjual produk digital atau produk yang bisa di download, seperti ebook, gambar, musik dan video.

3. Shipping WooCommerce

Shipping WooCommerce

Halaman shipping tergolong sangat penting karena untuk perhitungan biaya kirim ke berbagai kota di Indonesia, dalam halaman ini ada 3 menu yaitu shipping zones, shipping options dan shipping classes, saya akan membahas yang paling penting saja.

Kamu bisa memilih untuk menentukan penjualan kamu ke semua negara maupun negara tertentu, jika hanya menargetkan Indonesia maka silahkan pilih Zone name Indonesia dan Region Indonesia. Sekarang kita akan menentukan ongkos kirimnya dengan bantuan pihak ketiga.

  1. Silahkan masuk ke halaman dashboard WordPress
  2. Pilih menu Plugins -> Add New
    plugin ongkos kirim woocommerce wordpress
  3. Tuliskan JNE pada kolom pencarian (Ada banyak sekali plugin, mulai dari yang gratis hingga berbayar)
  4. Saya akan memilih Woongkir saja, jangan lupa klik Install Now dan Activate

Jika plugin Woongkir sudah aktif, sekarang kita kembali lagi ke halaman WooCommerce -> Settings -> Shipping.

  • Pada menu shipping zone silahkan klik Add shipping zone
    add shipping zone woocommerce
  • Isi zone name dan zone regions Indonesia
    zone name Indonesia woocommerce
  • Kemudian klik Add shipping method
    Add shipping method WooCommerceAkan ada beberapa pilihan di situ, jika kamu tadi sudah menginstall plugin Woongkir maka akan ada pilihan Woongkir. Pilihan flat digunakan jika kamu memberikan biaya ongkir tertentu misalkan ongkir ke seluruh Indonesia kamu tuliskan tarif flat Rp10.000 atau juga bisa dengan memilih free shipping
  • Klik Add shipping method
  • Jika sudah, silahkan klik Save changes

4. Payments WooCommerce

Sekarang kita akan mengatur tentang payments atau pembayaran, untuk mengatur ini kita sudah disediakan dengan memilih pembayaran melalui COD atau paypal, namun tidak semuanya memiliki paypal maka dari itu kita membutuhkan tambahan plugin pembayaran bank Indonesia, di WordPress tersedia mulai dari yang gratis hingga berbayar tergantung fitur yang digunakan, namun saya menyarankan menggunakan yang gratis dahulu untuk pemula.

  1. Silahkan masuk ke halaman dashboard WordPress
  2. Pilih menu Plugins -> Add New
    payments
  3. Tuliskan Bank Indonesia pada kolom pencarian
  4. Saya akan memilih Woo Payment Gateways Bank Indo & Kode Payment, jangan lupa klik Install Now dan Activate

Jika kamu sudah menginstall plugin tersebut, sekarang mari kita kembali mengatur halaman WooCommerce -> Settings -> Payments.

pembayaran bank indonesia woocommerce

Dan kamu akan melihat beberapa pilihan bank Indonesia, seperti BCA, BNI, Mandiri dan BRI, jangan lupa untuk mengaktifkan (enable) pilihan bank tersebut atau jika kamu memiliki Paypal, silahkan aktifkan juga pilihan Paypal.

plugin pembayaran

Untuk mengatur nama dan nomer rekening bank kamu, bisa klik Manage dan jangan lupa klik Save changes jika sudah selesai mengaturnya.

5. Emails WooCommerce

Notifikasi email adalah salah satu halaman yang perlu kamu atur agar dapat menerima informasi jika ada pesanan masuk ke email kamu dan juga email pembeli.

notifikasi email woocommerce

Untuk cara mengaturnya langsung saja klik Manage pada New order, Cancelled order dan Failed order, kemudian masukkan email kamu yang aktif untuk menerima notifikasi pesanan.

email sender

Jangan lupa juga atur pada bagian email sender options dan email template yang ada dibawah halaman dan klik Save changes jika sudah selesai mengaturnya.

Sampai di sini kita sudah selesai membuat toko online dengan WordPress dan siap digunakan untuk menjual produk, sekarang tinggal kamu buat produk baru pada halaman dashboard WordPress atau bisa membaca cara membuat produk di WordPress.