Resiko jualan ikut Tokopedia ya gini jadinya, ada saja masalah yang datang, mulai pusat resolusi yang tidak jelas, uang yang tidak masuk ke rekening saat pencairan saldo dan saat ini saya mengalami akun toko Tokopedia di moderasi.

Kenapa Akun Toko Tokopedia di Moderasi?

Kenapa Akun Toko Tokopedia di Moderasi

Seperti yang dijelaskan oleh Tokopedia, saya melanggar tentang syarat dan ketentuan jual beli di Tokopedia yaitu “adanya indikasi crawling/scraping atau tindakan-tindakan lain yang dapat diindikasikan sebagai persaingan usaha tidak sehat pada Toko Anda yang merupakan pelanggaran Syarat dan Ketentuan Tokopedia poin B No 7 sehingga toko Anda kami moderasi”.

Sekarang kita lihat yang di maksud dengan poin B No 7 itu apa? Bisa lihat pada gambar di bawah ini.

Akun Tokopedia di Moderasi

Ternyata memang benar toko saya melanggar aturan scraping, tapi yang sangat saya sesalkan sampai saat ini kenapa bisa di moderasi permanen? Harusnya pihak Tokopedia memberitahu terlebih dahulu bahwasanya tidak boleh menggunakan bantuan software untuk upload produk atau paling tidak memberi peringatan jika mengulangi akan di moderasi permanen.

Saya memang menggunakan bantuan software untuk upload produk, kenapa saya lakukan? Karena tidak mungkin saya upload produk begitu banyaknya satu per satu, kenapa tidak menggunakan template upload produk yang disediakan Tokopedia? Kan bisa upload produk banyak secara bersamaan.

Sebenarnya cara kerjanya sama template upload produk yang disediakan Tokopedia dengan software yang saya gunakan, bedanya kalau Anda menggunakan template yang disediakan Tokopedia masih mengiputkan judul, detail produk dan link gambar secara manual. Sedangkan menggunakan bantuan software akan secara otomatis menduplikat toko Anda misalkan di Bukalapak/Shopee.

Toko Anda Sedang dalam Pengawasan Tokopedia

Sebelumnya saya menggunakan software ini aman-aman saja, tidak ada indikasi scraping atau apalah. Namun baru kemarin saja ada pemberitahuan bahwa akun toko Tokopedia di moderasi (toko Anda sedang dalam pengawasan).

Toko Anda Sedang dalam Pengawasan Tokopedia

Jika kasusnya karena menggunakan bantuan software untuk upload produk, maka diharapkan lebih berhati-hati bagi yang sudah menggunakan software tersebut atau jangan pernah gunakan software upload produk apapun, jika tidak ingin mengalami akun toko Tokopedia di moderasi.

Bagaimana Cara Mengatasi Toko Tokopedia di Moderasi?

Saat toko Anda sedang dalam pengawasan Tokopedia, sebenarnya masih bisa mengajukan pembukaan moderasi dengan cara klik “Mohon Buka” (lihat gambar pertama di atas) pada tampilan peringatan toko di moderasi (gunakan PC/Laptop), jika melalui aplikasi pasti tidak ada tulisan “Mohon Buka”.

membuka akun tokopedia moderasi

Tunggu sampai beberapa jam, bahkan hari untuk mendapatkan tanggapan dari Tokopedia melalui pesan bantuan dan semoga saja masalah Anda dapat terselesaikan, karena saya melihat dari beberapa pengalaman mengenai hal ini tokonya tetap di moderasi secara permanen alias tidak dapat digunakan.

Bagaimana Jika Toko Tokopedia di Moderasi Permanen?

Jika toko Anda sudah di moderasi permanen maka sudah tidak bisa dibuka kembali, Anda harus membuat toko dari awal dan mengupload produk lagi secara manual.

Bagaimana Jika Toko Tokopedia di Moderasi Permanen

Betapa mengerikan jualan di marketplace Tokopedia, toko yang sudah dibangun sedemikian lamanya hingga mempunyai reputasi yang sangat bagus dan banyak sekali pelanggan mengikutinya, namun karena kesalahan sedikit saja langsung di tutup atau moderasi permanen.

Mulai dari hal itu saya tidak jualan lagi di Tokopedia dan mencoba membuat toko online dengan domain sendiri, saya yakin hal itu akan lebih baik dari pada menaruh resiko yang besar ikut jualan di Tokopedia.

Rumah sendiri lebih nyaman dari rumah tetangga!

Cara Hapus Akun Tokopedia Secara Permanen

Setelah saya menyesal dengan keputusan Tokopedia yang memoderasi toko saya secara permanen dan seenaknya menyuruh untuk membuat toko lagi di Tokopedia, betapa tidak pedulinya mereka dengan reputasi, ulasan, jumlah iklan yang sudah di topads.

Saya mengajukan pertanyaan kepada Tokopedia bagaimana cara hapus akun Tokopedia secara permanen? Karena data-data saya masih di sana semuanya, mulai dari nomer telepon, ektp, nomor rekening dan buku tabungan. Jawabannya sungguh mengejutkan, lihat di bawah ini.

Cara Hapus Akun Tokopedia Secara Permanen
“Terkait ingin hapus akun toko mohon maaf kami infokan untuk toko tidak bisa dihapus ya”.

Nah loh, ini marketplace sekelas Tokopedia tidak ada fitur untuk menghapus toko? Bagaimana dengan data-data Anda yang diinputkan ke database Tokopedia, apakah dijamin aman? Siapa yang berani jamin, sekelas Facebook saja pernah menjual-belikan data penggunanya.