Jika Anda ingin memodifikasi handphone Xiaomi atau istilah kerennya “ngoprek” jangan lupakan proses yang satu ini yaitu cara unlock bootloader redmi note 5 pro, karena ini merupakan langkah penting untuk memulai memodifikasi perangkat Xiaomi.

Dulu, saya sangat sering mengoprek perangkat Cross, Evercoss dan Advan. Hampir setiap minggu bolak-balik mengganti ROM, mulai dari ROM Xperia, Xiaomi, Oppo hingga Samsung.

Setelah Xiaomi dipasarkan di Indonesia, saya sudah mulai jarang mengoprek karena merasa sudah cocok dengan ROM yang dimiliki, jadi mau diapain lagi? Paling juga fix 4G di beberapa perangkat Xiaomi terdahulu.

Nah, kebetulan saat ini saya memiliki handphone Xiaomi Redmi Note 5 dan ingin saya install Gcam (Google Camera), jadi membutuhkan langkah unlock bootloader terlebih dahulu agar lebih aman jika ada kesalahan ataupun bootlop.

Pengertian Unlock Bootloader

Sebelum membahas cara unlock bootloader redmi note 5 pro, sebaiknya kita perlu ketahui apa itu bootloader? bootloader adalah sebuah paket petunjuk yang digunakan untuk booting kernel sistem operasi dan memiliki debugging atau lingkungan modifikasi tersendiri.

Jadi, di dalam bootloader itu ada yang namanya lock bootloader dan unlock bootloader. Lock bootloader adalah bootloader yang posisinya dalam keadaan terkunci. Sedangkan unlock bootloader adalah bootloader yang posisinya dalam keadaan tidak terkunci alias sudah di unlock dan sudah bisa dipasang TWRP dan ROOT.

Kelebihan Lock Bootloader

Semua perangkat Android biasanya otomatis bootloadernya dalam keadaan lock atau terkunci, hal itu memang sengaja dilakukan agar perangkat Android yang Anda miliki terlindungi dari serangan malware dan menghindari kerusakan yang disebabkan modifikasi oleh user atau aplikasi pihak ketiga.

Kekurangan Lock Bootloader

  • Jika lock bootloader memiliki kelebihan maka pasti juga memiliki kekurangan, apalagi kekurangannya kalau tidak dapat melakukan modifikasi pada sistem Android akibat keterbatasan aksesbilitas, jadi perangkat selalu dalam keasaan default tidak bisa install TWRP, root, install custom rom, dll.

Kelebihan Unlock Bootloader

  • Kita dapat memodifikasi sistem Android sesuai dengan apa yang kita inginkan, seperti install custom rom, pasang TWRP dan root, untuk meningkatkan performa ponsel. Selain itu, jika ada masalah bootlop atau hardbrick akan lebih mudah memperbaikinya melalui mode fastboot.

Kekurangan Unlock Bootloader

  • Unlock bootloader memiliki kekurangan lebih mudah terkena serangan malware, jika kita salah sedikit dalam memodifikasi perangkat Android dapat mengakibatkan kehilangan seluruh data, bahkan ada beberapa aplikasi Android yang tidak dapat bekerja jika menggunakan perangkat yang sudah di root.
  • Selain itu unlock bootloader dapat mengakibatkan garansi hilang kecuali jika perangkat Android tersebut di lock kembali.

Cara Unlock Bootloader Redmi Note 5 Pro (Whyred)

Setelah kita mengetahui pengertian unlock bootloader dan juga berbagai macam kelebihan serta kekurangannya, sekarang Anda perlu tahu mengenai cara unlock bootloader redmi note 5 pro (Whyred).

Selain redmi note 5 pro, cara unlock bootloader ini bisa digunakan untuk perangkat xiaomi lain.

Syarat unlock bootloader Xiaomi terbaru

  • Sudah menggunakan ROM MIUI 8/9/10 atau 11 Global Stable/Developers, China Stable/Developers
  • Pastikan nomor telepon masih aktif dan digunakan untuk login MI Account
  • Umur MI Account minimal 3 hari dan sudah pernah digunakan login di smartphone
  • Jangan lupa aktifkan USB Debugging dan OEM Unlocking pada pengaturan HP Xiaomi
    *Kabar baiknya, sekarang untuk unlock bootloader tidak perlu request UBL yang menunggu waktu terlalu lama.

Bahan yang diperlukan untuk unlock bootloader

Cara Mengaktifkan USB Debugging & OEM Unlocking

Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengaktifkan USB Debugging dan OEM Unlocking agar proses unlock bootloader menjadi lebih mudah dan berhasil.

  • Buka Setelan > Tentang Telepon > Klik 7-8 kali secara terus-menerus pada Versi MIUI, hal ini dapat mengaktifkan opsi Pengembang di telepon.
  • Kembali ke Setelan > Setelan Tambahan > Opsi pengembang > Aktifkan Debugging USB, Debugging USB (setelan Keamanan) & Membuka kunci OEM.

Proses Unlock Bootloader Xiaomi Redmi Note 5 Pro (Whyred)

  • Install MI Unlock Tools yang sudah di download tadi
  • Pilih Agree
    cara unlock bootloader redmi note 5 pro
  • Sign in with Password
  • Masukkan email/username/nomer telepon akun mi dan juga password
  • Silahkan matikan ponsel Anda
  • Tahan kedua tombol Power + Volume down secara bersamaan untuk masuk ke mode fastboot
  • Sambungkan USB ke PC hingga kedetect dan silahkan klik Unlock
    cara unlock booloader redmi note 5 pro dengan mi unlock
  • Akan ada pemberitahuan “Unlock the Phone will erase all phone data, whether to continue to unlock the phone?” Pilih “Unlock anyway” untuk memproses
  • Tunggu beberapa detik hingga muncul “Unlocked Successfully”
    cara unlock bootloader redmi note 5 pro dengan mudah

Sekarang perangkat Anda sudah sukses unlock bootloader, terkadang saat proses 99% unlock bootloader ada beberapa kendala peringatan seperti berikut ini “After XX hours of trying to unlock the device” atau “Binding time is too short, less than 72 hours”, maka silahkan ulangi lagi sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Peringatan:

Apakah unlock bootloader menghapus data?

Unlock bootloader dapat mengakibatkan data penting Anda terhapus, jadi jangan lupa untuk backup terlebih dahulu

Apakah unlock bootloader menghilangkan garansi?

Iya, unlock bootloader dapat menghilangkan garansi.