Kemarin saya mencoba menggunakan CDN gratis dari CloudFlare untuk website WordPress, cara mengatur CDN dari ClouFlare juga sangat mudah, tidak sesulit yang dibayangkan.

Bagi yang belum tahu apa itu CloudFlare? CloudFlare adalah salah satu layanan penyedia CDN dan memiliki keamanan terbaik. CloudFlare juga memberikan CDN gratis untuk mempercepat website Anda dan juga fitur keamanan untuk menjaga website Anda.

Masih banyak blogger di Indonesia yang belum menggunakan CDN untuk websitenya, padahal CDN ini sangat membantu dalam mempercepat website, sehingga pengunjung yang datang ke website Anda tidak akan kecewa.

Karena baru-baru ini Google sangat sering sekali mengingatkan pemilik website tentang betapa pentingnya kecepatan pada sebuah website.

Alasan paling banyak pemilik website tidak menggunakan CDN yaitu karena merasa susah dalam mengatur CDN CloudFlare, maka dari itu saya akan memberitahu bagaimana cara mengatur CDN gratis untuk WordPress dari CloudFlare secara lengkap agar dapat membantu meningkatkan kecepatan website Anda.

Apa itu CDN?

Sebelum saya memberikan tutorial cara mengatur CDN di CloudFlare, sebaiknya Anda memahami dulu, apa itu CDN? Kenapa harus menggunakan CDN?

Content Delivery Network atau yang disingkat dengan CDN adalah sistem server terdistribusi yang dapat membantu mengirimkan file website Anda secara lebih cepat ke pengguna berdasarkan lokasi geografis mereka.

Layanan web hosting Anda biasanya akan melayani pengunjung website dari satu lokasi saja dan semuanya akan mengakses server yang sama di mana pun berada, hal ini dapat mengakibatkan keterlambatan pengiriman konten untuk pengguna yang tinggal jauh dari server hosting pusat website Anda.

Manfaat CDN untuk Website

Nah, inilah peran penting dari CDN yaitu menyiapkan beberapa server di lokasi berbeda yang berada di seluruh dunia. Server CDN ini menyimpan konten statis dari server pusat website Anda dan menyajikan kepada pengguna setelah mereka memintanya.

Sekarang Anda sudah tahu mengenai manfaat CDN, jika Anda berminat untuk menggunakan CDN versi gratis saya menyarankan menggunakan CloudFlare yang akan saya buatkan tutorialnya di bawah ini.

Cara Daftar CDN CloudFlare Gratis

  1. Silahkan buka website CloudFlare.com
  2. Klik Sign Up
    Cara Daftar CDN CloudFlare Gratis
  3. Masukkan email dan password (kombinasikan dengan karakter khusus dan angka)
  4. Kemudian klik Create Account
  5. Masukkan website Anda dan klik Add site
  6. Pilih Free (untuk paket gratis dari CloudFlare) dan klik Confirm plan
  7. Silahkan tunggu proses scan DNS
  8. Jika sudah selesai proses scan, maka Anda akan melihat daftar DNS records yang bisa Anda aktifkan atau nonaktifkan (logo awan warna orange berarti aktif), saya menyarankan Anda mengaktifkan A DomainAnda.com dan CNAME WWW, untuk lainnya biarkan saja agar tidak ada masalah pada DNS yang Anda gunakan dan jangan lupa klik Continue untuk melanjutkan.
  9. Sekarang Anda sudah mendapatkan nameserver gratis dari CloudFlare.
  10. Silahkan copy nameserver tersebut ke nameserver yang ada di pengaturan domain Anda.
  11. Silahkan kembali lagi ke halaman CloudFlare dan klik Done, check nameserver untuk melihat apakah sudah aktif.
  12. Biasanya tidak langsung aktif karena butuh waktu maksimal 24 jam untuk proses propagasi secara maksimal, ketika nameserver sudah berubah Anda akan menerima pemberitahuan melaui email dari CloudFlare.
    *jangan lupa untuk verifikasi email dari CloudFlare, silahkan cek email Anda dan lakukan verifikasi.

Cara Mengatur CDN CloudFlare dengan Plugin

Jika Anda menggunakan WordPress, maka akan lebih mudah dalam mengatur CloudFlare menggunakan plugin CloudFlare secara gratis.

Berikut ini cara mengatur CDN CloudFlare melalui plugin WordPress:

  1. Silahkan install plugin CloudFlare dan jangan lupa untuk mengaktifkan.
  2. Jika sudah aktif, pilih menu Setting -> CloudFlare
  3. Karena Anda sudah daftar akun CloudFlare maka silahkan Sign in here.
  4. Masukkan email berserta API key yang bisa Anda lihat di dashboard CloudFlare.
  5. Masukkan api key ke plugin WordPress -> Save API Credentials.
  6. Sekarang Anda sudah dapat mengatur CDN dan melihat analityc CloudFlare melalui dashboard WordPress.
    mengatur CDN dan melihat analityc CloudFlare

Saat ini website Anda sudah menggunakan CDN gratis dari CloudFlare sehingga kecepatan akses juga semakin bertambah dan aman dari serangan DDoS.

Jika masih kesulitan atau menemukan kendala cara mengatur CDN seperti di atas, silahkan komentar dibawah.