Kemarin kita sudah belajar mengenai pengertian reksa dana, jenis-jenis investasi reksa dana dan memilih daftar manajer investasi reksa dana terbaik. Sekarang tinggal waktunya untuk membeli reksa dana.

Membeli reksa dana secara online memang sangat memudahkan kita tanpa mengunjungi satu per satu manajer investasi, apalagi jika memiliki waktu yang sangat sibuk. Jadi tidak perlu bersusah payah, tinggal duduk sambil menikmati secangkir kopi kita sudah dapat membeli reksa dana dengan harga murah dan mudah.

Investasi reksa dana tidak akan memberikan Anda keuntungan besar dalam waktu sekejab, seperti halnya trading. Karena investasi reksa dana berfokus pada fundamental suatu aset, sedangkan trading biasanya dilakukan dengan sudut pandang jangka pendek. Dari kedua pilihan tersebut juga memiliki risiko masing-masing yang berbeda.

Mengapa Membeli Reksa Dana Secara Online?

Harga Murah

Investasi bagi pemula seperti saya memang sangat cocok untuk membeli reksa dana, karena untuk investasi dengan membeli sebuah properti membutuhkan pengalaman di bidangnya, dana yang sangat banyak, belum lagi masalah perawatannya. Maka dari itu bisa Anda coba investasi reksa dana dengan modal sangat minim, bahkan dengan dana sebesar Rp 10.000 rupiah kita sudah bisa menjadi investor dan membeli reksa dana secara online.

Keuntungan Lumayan Tinggi

Keuntungan investasi di reksa dana lumayan tinggi dan juga sangat mudah dilakukan oleh para investor pemula sekalipun, sehingga banyak peminatnya apalagi bagi generasi millennial.

Transaksi Mudah Dilakukan

Untuk berinvestasi di reksa dana sekarang dapat dilakukan secara online, di mana saja dan kapan saja. Pencairan dana juga dapat dicairkan lebih cepat.

Portofolio Yang Jelas

Bagaimana cara memilih manajer investasi dengan performa baik? Tidak perlu bingung. Plaftorm jual beli reksa dana online yang bagus tentu menyediakan profil lengkap dari manajer investasi mereka. Mulai dari kejelasan entitas, tahun berdiri, hingga performa dalam kurun waktu tertentu. Perlu diingat bahwa performa di masa lalu tidak menjamin performa di masa depan.

Informasi Mudah Didapat

Kita dapat lebih mudah melihat profil lengkap manajer investasi yang pasti ditampilkan oleh platform jual beli reksa dana tersebut, selain itu akan mendapatkan update informasi mengenai reksa dana secara online baik promosi maupun update berita perekonomian.

Untuk membeli reksa dana secara online sekarang ini sudah banyak pilihannya, saat ini ada sekitar 90 manajer investasi dan platform penyedia layanan jual beli reksa dana online yang terdaftar di OJK, mungkin sebagian sudah ada yang pernah Anda kunjungi.

Berikut ini rekomendasi 9 tempat membeli reksa dana online murah dan mudah dilakukan:

1. Bareksa

PT Bareksa Portal Investasi

PT Bareksa Portal Investasi (Bareksa) didirikan pada tahun 2013, Bareksa menjadi Marketplace reksa dana online dan memperoleh lisensi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang pertama di Indonesia.

Anda dapat memulai investasi di Bareksa dengan minimal harga Rp 100,000 rupiah dengan berbagai jenis reksa dana mulai dari pasar uang, pendapatan tetap, saham, campuran, penyertaan terbatas, indeks dan ETF, terproteksi, DPLK, serta DIRE. Serta ada 195 jenis reksa dana yang disediakan, lengkap dengan informasi kategori (syariah atau konvensional), dana kelolaan (mulai dari di bawah 500M hingga diatas 100M), mata uang yang dipakai, hingga performa reksa dana.

2. Bibit

bibit reksadana

PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit) didirikan pada tahun 2018, Bibit mendapat izin Otoritas Jasa Keuangan sebagai agen penjual reksa dana semenjak akhir 2018 lalu. Kemudian diakuisisi oleh Stockbit, operasional Bibit menjadi tanggung jawab Stockbit. Akan tetapi untuk para founder startup tersebut masih berada di dalam perusahaan.

Untuk menjadi investor di Bibit tidak diperlukan dokumen fisik, Anda dapat memulai investasi di Bibit dengan minimal harga Rp 10,000 rupiah. Bibit juga bekerjasama dengan beberapa manajer investasi seperti Sinar Mas Asset Management, Pinnacle Investment, dan Avrist Asset Management.

3. Invisee

invisee reksadana

PT Nusantara Sejahtera Investama (Invisee) adalah anak perusahaan dari Indivara Group yang didirikan pada tahun 2015 dan memperoleh izin sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2016.

Cukup dengan harga Rp 10.000 rupiah Anda sudah dapat berinvest reksa dana di Invisee. Saat ini Invisee memasarkan 23 produk reksa dana dengan keluaran 4 manajer investasi: Danareksa, Insight, Mandiri dan Trimegah.

Guna memberikan kemudahan dalam pembayaran investasi selain melalui jalur transfer, bank, dan virtual account, nasabah juga dapat melakukan melalui viseepay, link aja dan pemberian voucher bagi pengguna gojek.

4. Tanamduit

Tanamduit reksadana

PT Star Mercato Capitale (Tanamduit) didirkan pada tahun 2017 sebagai perusahaan rintisan di bidang teknologi keuangan dengan tujuan memberikan pengalaman kepada masyarakat untuk berinvestasi dengan mudah dan menyenangkan.

Tanamduit hampir sama dengan Bareksa hanya saja lebih mudah digunakan bagi pemula. Untuk investasi reksa dana di sini juga sangat murah mulai dengan Rp 10.000 rupiah. Tanamduit juga sudah bekerja sama dengan 12 manajer investasi.

5. Ajaib

Ajaib

PT Takjub Teknologi Indonesia didirikan pada tahun 2018 dan merupakan bagian dari Y Combinator.

Perbedaan yang lebih terlihat dari Ajaib dengan platform lainnya yaitu saran dalam membeli reksa dana. Pihak Ajaib dapat memberikan saran produk reksa dana yang nantinya bisa memberikan keuntungan sesuai harapan pengguna. Untuk investasi reksa dana di sini juga sangat murah, dipatok mulai dengan harga Rp 10.000 rupiah.

E-Marketplace juga tidak ingin ketinggalan mengikuti trend penjualan reksa dana, setelah Bukalapak dengan memunculkan produknya Bukareksa disusul dengan Tokopedia. Ada keuntungan tersendiri jika kita membeli di sini, selain bisa membeli dengan harga minimal Rp 10.000 rupiah, juga lebih mudah penggunaannya seperti berbelanja online, jika ada uang sisa pembelian di akun marketplace tersebut bisalah kita coba untuk investasikan reksa dana saja.

6. Bukalapak

bukareksa reksadana bukalapak

Pihak Bukalapak menjadi pionir portal belanja online yang menjual reksa dana dengan menggandeng Bareksa dan juga Tanamduit untuk menjual reksa dana dengan nama Bukareksa sejak tahun 2017.

Sudah ada 12 manajer investasi dan 23 produk reksa dana yang di pasarkan oleh Bukalapak. Untuk membelinya juga sangat mudah dan cukup membayar Rp 10.000 rupiah Anda sudah dapat berinvestasi di pasar uang dengan maksimum Rp 1.000.000.

7. Tokopedia

reksadana tokopedia

Selain Bukalapak, marketplace yang satu ini juga menyusul untuk menjual reksa dana dengan menggandeng Bareksa. Tokopedia reksa dana online diluncurkan pada Februari 2018.

Seperti Bukareksa, investasi reksa dana di Tokopedia reksa dana juga dapat dilakukan dengan nominal yang sangat terjangkau yakni Rp 10.000 saja. Proses pembeliannya juga sangat mudah dan cepat, tapi sayangnya di Tokopedia reksa dana hanya memiliki 2 produk yaitu Syailendra Pasar Uang dan Mandiri Syariah

Selain E-Marketplace ada juga alat pembayaran elektronik (E-Wallet) yang menjual reksa dana salah satunya yaitu:

8. OVO

reksadana ovo

OVO selain digunakan sebagai alat pembayaran elektronik ia juga menawarkan fitur pembayaran dan layanan keuangan. Dengan adanya fungsi sebagai dompet elektronik, OVO bekerja sama dengan Ciptadana Asset Management dalam menyiapkan produk investasi reksa dana.

Keuntungan yang didapat juga lumayan tinggi yaitu 7% Plus per tahun dengan minimus investasi Rp 10.000 rupiah dan dapat dicairkan kapan saja tanpa biaya. Ini bisa menjadi pilihan Anda bagi pengguna OVO yang memiliki dana tidak terpakai.

9. Doku

reksadana doku

DOKU merupakan dompet virtual yang dilengkapi dengan fitur kartu kredit dan cash wallet yang dapat digunakan untuk berbelanja online di merchant yang tergabung dengan DOKU, termasuk pembelian reksa dana.

Melalui menu Investasi pada aplikasi DOKU, kita dapat membeli reksa dana pasar uang. Saat ini reksa dana pasar uang yang tersedia di DOKU yaitu Bahana Likuid Syariah (kelolaan PT Bahana TCW Investment Management) dan Cipta Dana Cash (kelolaan PT Ciptadana Asset Management).

Nah, itulah 9 tempat membeli reksa dana online dengan harga murah dan mudah dilakukan. Silahkan pilih di mana Anda ingin berinvestasi reksa dana sesuai dengan kebutuhan Anda karena setiap platform penjualan reksa dana memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. #MariBerinvestasiReksaDana