Saat ini siapa yang tidak mengenal dengan istilah reksa dana, apalagi bagi generasi Millennial wajib hukumnya untuk mengerti istilah tersebut.

Apakah Reksa Dana itu?

Reksa Dana adalah langkah alternatif bagi masyarakat yang memiliki modal (dana) terbatas untuk diinvestasikan melalui sebuah Perusahaan Manajer Investasi. Jadi, apabila pilihan manajer investasi cukup bagus dan bijaksana, maka investor juga akan diuntungkan. Namun sebaliknya, jika pilihan manajer investasi buruk, maka investor juga menanggung akibatnya.

Sedangkan dana yang diperoleh dari masyarakat dengan modal terbatas ini akan dibagi dalam beberapa jenis investasi, diantaranya dalam bentuk saham, obligasi ataupun deposito ke beberapa perusahaan.

Langkah sukses dalam berinvestasi Reksa Dana adalah dengan mencocokan antara tujuan keuangan dan jenis produk reksa dana yang dipilih. Maka dari itu, sebelum membeli Reksa Dana pahami terlebih dahulu jenis investasi Reksa Dana apa yang cocok, agar mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Jangan sampai keinginan mendapat keuntungan dari hasil investasi Reksa Dana malah mendapat kerugian, seperti halnya investasi Reksa Dana dengan tujuan untuk biaya pendidikan atau dana pensiun, akan tetapi jika Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sedang merosot dan Anda panik untuk menjualnya, maka yang ada hanya menimbulkan kerugian. Oleh karena itu, pahami terlebih dahulu jenis-jenis investasi Reksa Dana.

Apa itu Manajer Investasi?

manajer investasi

Manajer Investasi adalah pihak manajemen profesional yang bertugas mengelola beragam sekuritas atau surat berharga seperti saham, obligasi dan aset lainnya dengan tujuan untuk mencapai target investasi yang menguntungkan bagi para investor. Untuk menjadi seorang Manajer Investasi, seseorang harus mendapatkan sertifikasi profesi Wakil Manajer Investasi (WMI).

Tugas Manajer Investasi

  • Mengelola beragam sekuritas melalui wadah produk-produk yang telah diatur dalam peraturan Pengawas Pasar Modal.
  • Mengelola beragam sekuritas nasabah berdasarkan perjanjian pengelolaan dana sesuai peraturan Pengawas Pasar Modal.
  • Kegiatan lainnya yang sesuai ketentuan Pengawas Pasar Modal.
Baca :  5 Daftar Manajer Investasi Reksa Dana Terbaik

Bagaimana Cara Memilih Manajer Investasi?

Tugas utama dalam memilih manajer investasi yaitu memperhatikan legalitas manajer investasi tersebut apakah sudah terdaftar di OJK atau belum? Kemudian perlu juga diperhatikan poin-poin penting di bawah ini:

  • Perhatikan pengalaman dan portofolio yang pernah Manajer Investasi kelola. Pastikan kalau kinerjanya konsisten dalam mengelola reksa dana.
  • Masing-masing Manajer Investasi akan memasang harga yang berbeda satu sama lain. Maka dari itu pilihlah Manajer Investasi yang memberikan transparansi tarif sehingga kita akan tahu digunakan untuk apa saja dana yang kita bayar & berapa besarannya.
  • Setiap manajer investasi mempunyai cara masing-masing untuk menjanjikan dan memberikan keuntungan setiap tahunnya. Ada yang besar, ada juga yang kecil tergantung dengan risiko yang mereka ambil. Jika Manajer Investasi tersebut cenderung bermain agresif, maka keuntungan yang didapat bisa jadi sangat tinggi, tetapi risikonya pun juga sangat besar dan begitu pula sebaliknya. Jadi, pastikan gaya berinvestasi Manajer Investasi juga menjadi bahan pertimbangan sebelum memutuskan pilihan.

Untuk lebih jelasnya Anda dapat membaca artikel daftar Manajer Investai Reksa Dana terbaik, sebagai bahan pertimbangan untuk memilih Manajer Investasi.