Ketika sedang belajar tentang investasi Reksa Dana satu hal yang tidak boleh dilupakan, yaitu memilih daftar Manajer Investasi Reksa Dana terbaik, karena Manajer Investasi memiliki peran penting terhadap pencapaian target keuntungan bagi para investor. Apalagi dengan maraknya kasus investasi bodong yang membuat kerugian banyak orang, sehingga perasaan takut untuk berinvestasi.

Tujuan utama banyak orang untuk berinvestasi di Reksa Dana mungkin karena memiliki dana terbatas, murah dan mudah dilakukan. Sehingga banyak orang ingin melakukan investasi Reksa Dana agar dapat memperbaiki keuangan di masa depan.

Dulu, kami juga mengalami kebingungan dalam menentukan investasi Reksa Dana di mana? Karena masih bingung memilih mana yang terbaik dengan cara melihat Manajer Investasi yang mengelola Reksa Dana tersebut. Maka dari itu kami akan membagikan 5 daftar Manajer Investasi Reksa Dana terbaik dan terpercaya untuk dibeli.

Daftar Manajer Investasi Reksa Dana Terbaik

Setidaknya ada 5 Manajer Investasi terbaik menurut kami dengan dana kelolaan terbesar sejak 2017 hingga 2018 dan seringnya mendapat award dari berbagai lembaga sebagai Reksa Dana terbaik.

1. PT Schroder Investment Management Indonesia

Schroder

Peringkat pertama Asset Under Management (AUM) Reksa Dana terbuka (open-end fund) diduduki oleh PT Schroder Investment Management Indonesia. AUM Manajer Investasi tersebut mencapai Rp 46,29 triliun.

PT Schroder Investment Management Indonesia pertama kali didirikan pada tanggal 4 Maret 1997 di Jakarta yang 99 persen sahamnya dimiliki oleh Grup Schroders yang berpusat di Inggris dan sudah berdiri sejak lama sekitar tahun 1804.

Ada sekitar 30 produk Reksa Dana yang diluncurkan oleh Schroders, dengan rincian 5 produk untuk jenis Reksa Dana terproteksi, kemudian Reksa Dana saham (7 produk), pendapatan tetap (10 produk), pasar uang (2 produk), serta campuran (6 produk). Untuk produk Reksa Dana Schroders yang memiliki dana kelolaan terbesar yaitu Reksa Dana saham Schroder Dana Prestasi Plus dengan nilai dana kelolaan mencapai Rp18,35 triliun.

2. PT Mandiri Manajemen Investasi

PT Mandiri Manajemen Investasi

Mandiri investasi menjadi peringkat AUM kedua terbesar 2018 dan juga menjadi Manajer Investasi lokal yang terbesar saat ini. Jumlah dana kelolaan Rp 42,03 triliun per Desember 2018. Sedangkan market share AUM Mandiri Manajemen Investasi di industri Reksa Dana mencapai 8,28 persen.

Mandiri Investasi terbentuk pada Desember 2004, kemudian Mandiri Investasi memisahkan diri dari PT Mandiri Sekuritas dan kemudian menjadi PT Mandiri Manajemen Investasi yang saat ini lebih dikenal dengan Mandiri Investasi.

Ada sekitar 134 produk Reksa Dana yang dimiliki oleh Mandiri Investasi, pertama ada jenis Reksa Dana terproteksi (134 produk), kemudian untuk jenis Reksa Dana saham (13 produk), Reksa Dana penyertaan terbatas (4 produk), pendapatan tetap (13 produk), pasar uang (11 produk), campuran (4 produk), serta indeks & ETF (1 produk).

Produk yang ditawarkan Mandiri Investasi cukup komprehensif dan dapat dibeli secara online melalui website Most.co.id. Setiap produk Mandiri Investasi dirancang secara khusus untuk memenuhi berbagai tingkat kebutuhan dalam berinvestasi.

3. PT Batavia Prosperindo Aset Manajemen

PT Batavia Prosperindo Aset Manajemen

Setelah Schroders dan Mandiri Manajemen Investasi, pada posisi ketiga ada PT Batavia Prosperindo Aset Manajemen dengan mengelola dana investor Rp 40,34 triliun. Batavia Aset Manajemen memiliki pangsa pasar 7,95 persen terhadap industri Reksa Dana.

PT Batavia Prosperindo Aset Manajemen didirikan pada tahun 1996. Sudah ada sekitar 172 produk Reksa Dana yang dikelola oleh Batavia Aset Manajemen. Dengan rincian Reksa Dana terproteksi (127 produk), Reksa Dana saham (6 produk), penyertaan terbatas (1 produk), pendapatan tetap (22 produk), pasar uang (7 produk), indeks & ETF (2 produk), dan campuran (7 produk).

Dan produk Reksa Dana Batavia yang mengelola dana terbesar adalah Batavia Dana Saham dengan nilai AUM mencapai Rp 3,89 triliun.

4. PT Bahana TCW Investment Management

Bahana TCW

Posisi keempat diisi oleh PT Bahana TCW Investment Management dengan AUM Reksa Dana open-end senilai Rp 38,76 triliun. Bahana TCW memiliki pangsa pasar di industri 7,64 persen.

Bahana TCW Investment Management (Bahana TCW) merupakan perusahaan patungan antara PT. Bahana Pembinaan Usaha Indonesia dengan Trust Company of the West (TCW), perusahaan Manajer Investasi ini berlokasi di Los Angeles, Amerika Serikat.

Bahan TCW memiliki pengalaman lebih dari 12 tahun mengelola berbagai produk Reksa Dana di antaranya campuran, pendapatan tetap, saham, indeks, pasar uang ataupun Reksa Dana terproteksi.

Ada sekitar 164 produk Reksa Dana yang dikelola oleh Bahana TCW. Di antaranya yaitu jenis Reksa Dana terproteksi sebanyak (116 produk), Reksa Dana saham (9 produk), penyertaan terbatas (2 produk), pendapatan tetap (24 produk), pasar uang (9 produk), indeks & ETF (1 produk), serta campuran (3 produk).

Untuk produk Reksa Dana Bahana TCW yang memiliki dana kelolaan terbesar adalah Reksa Dana pasar uang Bahana Dana Likuid senilai Rp 4,52 triliun.

5. PT Manulife Aset Management Indonesia

PT Manulife Aset Manajemen Indonesia

PT Manulife Asset Management Indonesia adalah bagian dari perusahaan asuransi Manulife, Canada. Di Indonesia, Manulife mengelola sejumlah Reksa Dana dengan total dana kelolaan Rp 27,79 triliun.

Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) merupakan salah satu perusahaan manajemen investasi terbesar di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 1996. MAMI mengelola produk Reksa Dana pendapatan tetap (termasuk Reksa Dana syariah sukuk), saham (termasuk Reksa Dana saham syariah), campuran, pasar uang, dan terproteksi.

Untuk berinvestasi di sini juga sangat mudah, dapat dilakukan secara online dengan mengunjungi website MAMI www.klikmami.com dengan minimum investasi Rp 100 ribu.

Manulife Aset Manajemen mengelola 26 produk Reksa Dana dengan rincian Reksa Dana terproteksi (1 produk), Reksa Dana saham (10 produk), pendapatan tetap (7 produk), pasar uang (4 produk), dan campuran (4 produk).

Sedangkan produk Reksa Dana Manulife yang mencatat dana kelolaan terbesar adalah Reksa Dana pendapatan tetap Manulife Dana Tetap Utama senilai Rp 3,63 triliun.

Dari semua daftar manajer investasi di atas, bisa Anda beli secara online tanpa mendatangi satu per satu manajer investasi, cukup kunjungi beberapa platform yang saya tulis di “tempat membeli reksa dana secara online“.

PERHATIAN!

5 daftar Manajer Investasi Reksa Dana terbaik yang kami sebutkan di atas tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Karena investasi Reksa Dana juga dapat ditentukan oleh banyak faktor, jadi silahkan baca dan pahami mengenai prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui Reksa Dana.

Akan tetapi data di atas adalah catatan berdasarkan data historis yang pernah terjadi yang mana bisa menjadi panduan awal dalam berinvestasi Reksa Dana dan bukan jaminan untuk kinerja di masa mendatang.