Modus penipuan Tokopedia sebenarnya banyak sekali jenisnya, korbannya tidak hanya para pembeli melainkan penjual juga bisa menjadi korban. Kalau dari pihak pembeli biasanya tergiur dari harga yang murah saat melihat nomor WhatsApp dan disuruh untuk transaksi di luar Tokopedia.

Kali ini, saya akan lebih membahas mengenai modus penipuan Tokopedia dari sisi penjual, karena sudah sangat banyak yang menjadi korban, apalagi saat ini lagi maraknya penjual awam yang tidak terlalu faham dengan berbagai modus penipuan Tokopedia.

Sebelumnya saya juga pernah membagikan tulisan mengenai Jangan pernah membagikan kode OTP apapun ke orang lain, jika Anda belum membaca, saya sarankan untuk membacanya terlebih dahulu, karena itu juga sangat penting menyangkut segala transaksi yang ada di ponsel Anda.

Kembali lagi ke pokok permasalahan modus penipuan Tokopedia, setelah pagi-pagi bangun dari tidur saya mendapat telpon dari 0816268766 yang mengaku dari team IT Support Tokopedia, yang menginformasikan masalah maintenance pada akun Tokopedia saya. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut saya akan dikirimi kode OTP melalui pesan sms dan disuruh untuk informasikan kepada mereka.

Komplotan penipu ini memang sangat lihai dari segi bicaranya, mungkin juga sudah berpengalaman menipu banyak orang, pertama mereka akan menyebutkan akun toko kita yang ada di Tokopedia beserta tanggal pembuatan toko, seolah-olah mereka benar-benar dari pihak Tokopedia padahal sebenarnya ingin menipu.

Modus Penipuan Tokopedia Melalui Kode OTP

Sempat saya rekam dari beberapa percakapan, yang bisa Anda dengarkan di bawah ini:

Saya sengaja mengulur-ulur waktu dan merasa tidak tahu apa-apa soal modus seperti ini, karena saya ingin menggali lebih dalam mengenai beberapa modus penipuan yang sering dialami oleh banyak orang salah satunya Tokopedia. Beberapa kali saya memberikan kode OTP palsu alias tidak benar dan mereka sempat marah juga.

Modus Penipuan Tokopedia

Setelah penipu tidak berhasil memasukkan kode OTP, akhirnya menyuruh saya untuk menekan tombol *21*nomer_telpon_penipu# dan setelah beberapa saat kemudian pihak penipu menutup telponnya.

Ada yang tau apa itu kode *21* kode ini sebenarnya sudah lama ada yang digunakan untuk Call Forwarding atau SMS Forwarding (Pengalihan komunikasi dari suatu nomor ponsel ke nomor ponsel lainnya bisa melalui panggilan telpon atau sms).

Namun, ternyata masih banyak orang yang tidak faham akan fungsi kode *21* sehingga menuruti apa yang disarankan penipu, sehingga pihak penipu lebih mudah menerima kode OTP melalui nomer telponnya, tanpa meminta ke Anda. Hal inilah yang berakibat sangat fatal, seluruh akses yang berkaitan dengan nomer telpon Anda bisa disalahgunakan, seperti akun WhatsApp, Facebook, Marketplace, Dompet Digital dan masih banyak lainnya.

Modus penipuan Tokopedia yang saya alami, awalnya pihak penipu meminta sms kode OTP yang dikirimkan oleh WhatsApp, namun karena sengaja saya salahkan akhirnya mereka meminta saya memasukkan kode call forwarding, akan tetapi karena tidak saya lakukan, pihak penipu tidak berhasil menguras isi saldo Tokopedia saya.

Andai kata saya melakukannya, apa yang terjadi? WhatsApp saya otomatis disadap, mereka dapat lebih mudah meminta kode OTP Tokopedia melalui WhatsApp dan jika saya menekan kode *21* maka dapat dipastikan bukan akun Tokopedia saja yang dicuri, melainkan Gojek, Dana, Ovo, Bukalapak dan masih banyak yang lainnya.

Sekarang modus penipuan seperti ini sangat marak terjadi dan setiap hari dipastikan terdapat korban, karena pihak penipu bekerja tidak sendirian, mereka memiliki team juga. Selain itu kurangnya wawasan dari beberapa penjual Tokopedia terhadap modus penipuan.

Jika Anda memiliki pegawai yang memegang kendali terhadap marketplace yang Anda kelola sebaiknya luangkan waktu untuk mengingatkan juga terkait masalah ini, bukan tidak mungkin hal itu dapat terjadi dengan sangat cepat.