Saat ini, penggunaan kode OTP sudah menjadi metode keamanan untuk login ke website maupun sebuah aplikasi.

Namun, apakah penggunaan kode OTP dapat bermanfaat untuk menjaga akun kamu atau jangan-jangan malah membuat akun kamu terkunci karena nomer yang dikirimkan kode OTP sudah tidak aktif lagi.

Oleh karena itu mari kita lihat pengertian dan bagaimana peran kode OTP dalam menjaga akun kamu agar lebih aman.

Pengertian Kode OTP

Pengertian Kode OTP

Kode OTP adalah sebuah kode dalam bentuk angka biasanya terdiri dari 6 angka yang dikirimkan ke email atau ponsel jika ada perangkat baru yang ingin mengaksesnya.

Misalnya, jika kita ingin login Tokopedia atau aplikasi Gojek dengan ponsel baru, maka akan membutuhkan kode OTP yang dikirimkan ke nomer telepon yang terdaftar pada website atau aplikasi tersebut.

Kode OTP akan terkirim secara otomatis jika ada perangkat yang ingin masuk menggunakan perangkat lain, kode OTP ini sifatnya sangat penting, mengingat banyak akun media sosial maupun marketplace yang dibobol oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Manfaat Kode OTP

Penerapan kode OTP bisa dikatakan bermanfaat untuk menjaga akun kita agar lebih aman dari serangan hacker, karena sebelum login ke akun kita pasti akan dikirimkan kode OTP ke email atau nomer telepon.

Jadi, jangan sampai kamu membagikan kode OTP ke pihak manapun meskipun itu mengaku sebagai admin dari website atau aplikasi tertentu, karena yang pasti itu modus penipuan!

Banyak yang mengalami penipuan dengan modus seperti ini, misalnya saja mengaku sebagai admin dari marketplace Bukalapak dan kemudian meminta kode OTP ke kamu melalui telepon, jika kamu memberikan kode OTP tersebut, otomatis nomer telepon kamu yang terdaftar di akun Bukalapak akan berubah dengan nomer telepon penipu tersebut.

Dan dengan mudahnya, penipu dapat mengakses akun kamu, jika ada saldo di dalam akun kamu, pasti akan dikuras habis, entah itu dicairkan ke rekening penipu ataupun dibelikan pulsa. Namun, kebanyakan penipu akan membelikan pulsa, karena jika mencairkan ke nomer rekening akan membutuhkan waktu yang lumayan lama.

Sama dengan kasus teman saya, saldo tujuh juta ludes hanya dalam waktu kurang dari 5 menit. Modusnya pura-pura menjadi admin IT dari marketplace tersebut dan meminta kode OTP untuk proses verifikasi data, apesnya yang menerima telepon adalah salah satu karyawan yang tidak mengerti pentingnya kode OTP untuk dirahasiakan.

Sehingga penipua tersebut berhasil menguras saldo marketplace dengan membelikan pulsa ke banyak nomer hingga ludes.

Kekurangan Kode OTP

Selain memiliki kelebihan dan manfaat yang begitu besar, sebenarnya kode OTP juga bisa dibilang mengganggu dalam artian seseorang yang faham tidak akan membagikan kode OTP tersebut, kadangkalah jika kita akan login ke email atau Facebook tapi memerlukan kode OTP yang dikirimkan ke nomer handphone kita dan betapa sialnya jika nomer yang dikirimkan kode OTP tersebut sudah tidak aktif.

Akhirnya mau tidak mau, kita tidak akan bisa masuk ke email atau akun Facebook tersebut alias terkunci.

Adalagi kasus yang hampir sama, yaitu penggunaan kode OTP dalam marketplace, misalkan Tokopedia jika kita masuk dengan perangkat baru maka akan otomatis dikirimkan kode OTP ke nomer yang terdaftar, jika nomer tidak aktif maka disuruh untuk mengupload id card seperti eKTP dan buku rekening, kemudian disuruh untuk mengganti dengan nomer telepon baru yang aktif.

Hal itu dapat memperlambat kinerja kita, meskipun benar-benar kita yang mengakses akun tersebut. Saya sering sekali menerima kasus seperti ini, karena nomer telepon yang saya daftarkan Tokopedia sudah tidak aktif akhirnya butuh waktu berhari-hari untuk mengurusnya, padahal waktu itu ada pesanan masuk, sehingga pesanan saya dibatalkan dan berdampak pada nilai reputasi toko.

Kalau melihat dari kasus seperti ini, harusnya pihak Tokopedia dapat mengirimkan kode OTP melalui email, kenapa harus selalu melalui telepon?

Berbeda dengan marketplace Bukalapak dan Shopee kita dapat memilih untuk mengaktifkan atau menonaktifkan notifikasi kode OTP tersebut, menurut saya ini sangat berguna sekali, karena kita tidak harus memasukkan kode OTP setiap login di perangkat baru.

Begitulah peran kode OTP dalam menjaga akun kamu, terdapat manfaat dan juga kekurangan, kalau menurut kamu sendiri bagaimana? Sangat bermanfaat kah fungsi kode OTP? Apalagi saat ini juga banyak modus yang menelepon dan mengaku menjadi admin dari perusahaan tertentu.

Perlu saya ingatkan kembali, jangan pernah membagikan kode OTP yang masuk ke ponsel kamu kepada siapapun, baik itu mengaku sebagai admin dari perusahaan tertentu.

Modus Penipuan Terbaru Terkait Kode OTP

Seiring berkembangnya fungsi kode OTP untuk menjaga privasi akun kamu, ternyata semakin banyak juga celah penipu untuk membobol akun kamu.

Akhir-akhir ini modus penipuan terkait kode OTP menyerang online shop instagram, terutama akun baru, modusnya dengan berniat ingin membeli produk, sama persis dengan pembeli pada umumnya, hingga memberikan nama, alamat serta nomer telepon yang dapat dihubungi.

Modus Penipuan Terbaru Terkait Kode OTP BCA

Selanjutnya pihak penipu akan meminta nomer rekening, jika kamu menggunakan nomer rekening BCA biasanya penipu akan meminta 16 nomor yang ada di kartu rekening kamu, kemudian disusul dengan kode VCC 3 angka yang ada di belakang kartu rekening dan jangan sampai kamu memberinya dengan alasan apapun! Karena pihak penipu akan mendaftarkannya ke BCA OneKlik.

Modus Penipuan Terbaru Terkait Kode OTP BNI

Jika kamu menggunakan kartu rekening dari bank lain, biasanya penipu akan mengirimkan bukti foto transfer yang sudah di edit sedemikian rupa dan jika kamu cek di mutasi tidak akan ada bukti transfer yang masuk.

Tidak lama kemudian kamu akan menerima kode OTP, entah itu kode OTP dari mana, kadang penipu mendaftarkannya ke aplikasi asal-asalan seperti pinjaman online agar dapat menerima kode OTP.

Setelah itu pihak penipu akan tanya kode OTP yang masuk ke ponsel kamu dengan alasan agar uangnya dapat masuk ke rekening, jika seperti itu jangan diberikan! Apalagi jika menyuruh untuk datang ke ATM jangan dilakukan! Karena sudah pasti semua itu penipuan.

Lebih bagusnya jika kamu langsung memblokir akun whatsapp tersebut, agar tidak ada kerugian yang terjadi.

Begitu besarnya peran kode OTP hingga banyak disalahgunakan sebagai bahan penipuan, maka berhati-hatilah jika kamu menerima kode OTP jangan diberikan ke siapapun dan pihak manapun.