Semenjak tanggal 6 Desember 2019 saya tidak dapat membuka gmail di PC menggunakan Google Chrome atau Mozilla Firefox, saya kira hal itu hanya error sementara.

Gmail Error Sementara

Setelah saya cek berkali-kali masih sama ada keterangan Gmail Error Sementara dan ada keterangan seperti berikut:

“Maaf, akun Gmail Anda untuk sementara tidak tersedia. Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini dan kami sarankan Anda mencoba lagi dalam beberapa menit. Anda dapat melihat Dasbor Status G Suite untuk status layanan saat ini.”

Saya juga tidak tahu kenapa hal ini bisa terjadi, sedangkan saya coba membuka email lain bisa, hanya salah satu email yang terkena dampak seperti ini.

Beruntung email yang ada keterangan Gmail error sementara masih tersambung dengan smartphone saya, jadi masih dapat saya buka melalui smartphone, karena email itu juga merupakan email utama yang saya gunakan.

Setelah dua hari menunggu ternyata masih belum bisa juga, maka saya mengirimkan pesan ke Help Communities Google dan mendapatkan balasan seperti berikut ini:

Gmail Tidak Bisa Dibuka Error Sementara

Jadi, saat ini Anda sudah dapat membuka email melalui PC dengan menggunakan Gmail versi lama atau versi HTML.

Bagaimana Cara Mengatasi Gmail Error Sementara?

Berikut ini cara mengatasi email tidak bisa dibuka dengan keterangan “Gmail Error Sementara”.

  1. Silahkan klik link berikut ini https://mail.google.com/mail/u/0/h/1pq68r75kzvdr/?v%3Dlui
  2. Jika ada pemberitahuan bahwa Anda ingin membuka email ker versi lawas, silahkan klik Iya dan Anda akan dialihkan ke Gmail versi HTML.
  3. Sekarang Anda sudah dapat melihat email masuk, namun karena menggunakan Gmail versi lama, jadi tampilannya nampak sangat aneh.
    Cara Mengatasi Gmail Error Sementara

Saat ini Google masih memperbaiki terkait masalah tersebut, jika sudah selesai akan segera diinformasikan. Jadi mohon bersabar.