Saya salah beranggapan mengenai hosting yang sudah lama berpengalaman belasan tahun itu pasti baik, nyatanya tidak demikian pada penyedia hosting exabytes. Saya akan review hosting exabytes Indonesia secara detail mengenai layanan yang diberikan, team support dalam menangani masalah hingga layak untuk dibeli atau tidak.

Exabytes sendiri katanya sudah 18 tahun berpengalaman dalam membantu 75.000 pelanggan di seluruh dunia, dengan angka yang begitu banyak harusnya exabytes mampu menyelesaikan persoalan-persoalan yang sering terjadi pada hosting dan domain yang sudah dibeli oleh pelanggannya.

Namun kenyataan di lapangan tidaklah demikian, sangat bertolak belakang dengan apa yang saya harapkan apalagi jika memiliki pengalaman 18 tahun itu sangat tidak sedikit. Ada banyak penyesalan setelah saya berlangganan hosting di exabytes ini.

Memang sudah seharusnya sebelum membeli hosting atau domain Anda membaca review hosting exabytes dari saya agar tidak kecewa atau menyesal seperti yang saya alami, kecuali Anda sendiri sudah faham mengenai resiko yang bakal Anda terima.

Review Hosting Exabytes Indonesia

Review Hosting Exabytes Indonesia

Ada beberapa point yang akan saya review terkait pengalaman menggunakan hosting exabytes dan saya belum menggunakan lebih jauh hosting ini, karena memang tidak bisa diakses menggunakan jaringan wifi rumah saya. Jadi saya belum mencoba kecepatan atau sering maintenance apa tidak.

1. Hosting yang berpengalaman tapi mengecewakan

Hal yang dipikirkan untuk pertama kalinya sebelum membeli hosting yaitu memastikan penyedia layanan hosting tersebut sudah memiliki pelanggan yang cukup banyak, dari situ kita bisa melihat review atau ulasan dari pelanggan yang sudah pernah memakainya, seperti yang saya lakukan dalam review hosting exabytes ini.

Exabytes yang katanya sudah berpengalaman 18 tahun dalam membantu 75.000 pelanggan di seluruh dunia harusnya sangatlah bagus pelayanannya sehingga saya mencoba membeli sebuah paket linux EBiz Lite dengan harga Rp 15.000/bulan gratis domain .blog.

Ketika saya membeli paket tersebut, saya tidak membutuhkan domain berektensi .blog yang saya butuhkan ekstensi .com akhirnya saya membeli domain sendiri dan saya mengira domain .blog bisa diklaim saat selesai memesan paket hosting tersebut, ternyata tidak bisa diklaim harus saat checkout bersamaan dengan pembelian hosting.

Untuk masalah ini, harusnya bisa dilakukan untuk mendapatkan domain .blog secara gratis meskin sudah selesai melakukan pemesanan seperti penyedia hosting lain.

2. Harga biasa saja

harga hosting exabytes indonesia

Selain pengalaman, faktor kedua yang menentukan pemilihan hosting yaitu dari segi harga, apalagi untuk pemula pasti mencari yang harganya lebih murah dulu, exabytes ini memiliki harga mulai dari Rp 15.000/bulan dengan spesifikasi 10GB kapasitas penyimpanan, 20GB data transfer per bulan, host 1 website dan memory 1GB.

Dengan spesifikasi tersebut saya kira harganya biasa saja, tidak terlalu mahal dan juga tidak terlalu murah, tapi masih banyak yang menjual di bawah harga tersebut dengan spesifikasi yang sama.

Untuk harga domain memang sangat murah karena waktu itu ada promo diskon Rp 50.000 untuk pelanggan baru dan saya adalah salah satu pelanggan baru yang mencobanya.

3. Gratis SSL (Https)

Kebanyakan penyedia layanan hosting sudah melengkapi dengan paket ini, jadi jangan khawatir meski penyedia hosting Anda tidak menyediakan ada banyak penyedia SSL secara gratis.

4. Benarkah exabytes memiliki dukungan teknis 24 Jam x 7 Hari?

dukungan 24 jam dalam 7 hari

Saat ini banyak penyedia hosting yang memberikan embel-embel melayani 24 jam x 7 hari, namun benarkah demikian?

Jam 2 pagi saya coba chat bagian devisi sales ternyata tidak ada jawaban, akhirnya saya ganti ke bagian technical support baru ada jawaban setelah menunggu kurang lebih 5-10 menit dan setiap balasan juga seperti itu menunggu 7-10 menit. Siapa coba yang tahan menunggu jawaban begitu lamanya, yang ada pasti udah ngantuk duluan.

Jadi kesimpulannya menurut saya pribadi memang benar memiliki dukungan teknis 24 jam x 7 hari, tetapi sangat slow respon apalagi kalau jawab kebanyakan asal-asalan aja.

5. Yakin? Exabytes berani memberikan jaminan uang kembali 100%

Review Hosting Exabytes garansi uang kembali

“Anda 100% dilindungi dengan jaminan dengan 0 resiko dari kami. Hubungi kami jika Anda tidak puas dengan layanan kami. Jaminan 100% uang kembali tanpa berbelit-belit!” Slogan tersebut ternyata sangat bohong tidak bisa dipercaya.

Saya mengajukan pengembalian dana dengan alasan tidak puas dengan layanan yang diberikan exabytes, begitu juga website yang saya bangun tidak dapat diakses menggunakan jaringan wifi saya dan itu sama sekali tidak ada penyelesaian bagaimana menangani persoalan tersebut, saya disuruh untuk clear cache, reset chrome, reset jaringan wifi, hasilnya sama masih saja tidak dapat diakses.

Setelah 1 hari saya mengajukan pengembalian dana jawabannya dengan tegas tidak menerima pengembalian dana dengan alasan tersebut, padahal saya sangat tidak puas dan sangat kecewa dengan layanan yang diberikan. Katanya exabytes hanya memberikan garansi uang kembali jika ada masalah pada cpanel.

Lah, saya ini juga ada masalah tidak dapat mengakses melalui jaringan wifi saya, kan lebih baik saya mengajukan pengembalian saja dari pada ribet, malah mereka sendiri yang berbelit-belit dengan dalih alasan hanya masalah cpanel dan uptime. Jadi sekali lagi jangan percaya dengan jaminan 100% uang kembali pada exabytes.

6. Technical support yang kurang memahami masalah

Ini nih yang suka bikin emosi, setiap tanya penjelasan masalah selalu dilempar-lempar ke bagian billing ke bagian sales, tapi penyelesaian masalahnya tidak ada, selain itu juga setiap ganti technical support harus menjelaskan masalah dari awal lagi, harusnya mereka membaca terlebih dahulu masalahnya apa, kan masih ada history chat.

Kadang juga 1 jam lebih tidak di balas, ini kemana tim supportnya pas sengaja saya tinggal makan dan mandi eh belum di balas juga, para pelayanannya.

Cukup 6 point saja dari saya mengenai review hosting exabytes, semoga ke depannya mereka berbenah untuk lebih baik, sayang sekali dengan pengalaman yang begitu lamanya tapi melayani 1 pelanggan saja sangat ribet dan tidak ada penyelesaian masalah sampai tulisan ini saya publikasi.