Apakah ada Cryptocurrency terbaik untuk investasi di tahun 2019? Dan koin mana yang harus kita beli pada tahun ini? Karena melihat dari kondisi ruang aset digital sudah cukup bagus secara keseluruhan, dimana harga Bitcoin dan Ethereum cenderung naik akhir-akhir ini.

Meski pemerintah enggan melegalkan Cryptocurrency untuk sistem pembayaran resmi, tetapi Bappebti sudah menyepakati penggunaan Cryptocurrency untuk komoditas perdagangan di bursa berjangka, hal itu peluang besar bagi Anda yang ingin berinvestasi Cryptocurrency.

Cryptocurrency selalu dirancang untuk bebas dari manipulasi dan kontrol pemerintahan, hingga sampai saat ini muncullah versi Bitcoin yang ditingkatkan dengan sebutan Altcoin. Ada beberapa trade off, termasuk risiko yang lebih besar yang ditimbulkan oleh likuiditas yang lebih rendah, penerimaan dan retensi nilai.

Saat ini ada lebih dari 1.600 Cryptocurrency selain Bitcoin yang beredar dan tidak mungkin saya akan membahas satu per satu. Bidang cryptocurrency akan selalu berkembang dan koin digital berikutnya akan selalu siap dirilis.

Pada tahun yang lalu banyak Cryptocurrency yang berguguran dan banyak juga masyarakat yang tidak mengetahui koin apa yang ingin dibeli sebagai bentuk investasi di pasar Cryptocurrency, oleh karena itu saya akan memberikan penjelasan mengenai 5 Cryptocurrency terbaik untuk investasi di tahun 2019 selain Bitcoin.

5 Cryptocurrency Terbaik Untuk Investasi di Tahun 2019

1. Litecoin (LTC)

litecoin untuk investasi cryptocurrency

Litecoin dibuat oleh Charlie Lee mantan karyawan Google yang kemudian diluncurkan pada tahun 2011. Litecoin merupakan Cryptocurrency awal setelah Bitcoin dan sering disebut sebagai perak sedangkan Bitcoin diibaratkan emas.

Charlie Lee awalnya menciptakan Litecoin dengan tujuan menyempurnakan Bitcoin agar lebih baik lagi dengan beberapa fitur seperti Segregated Witness yang dapat membuat transaksi uang digital menjadi lebih cepat dan biaya rendah.

Selain pengembang, ada banyak pedagang yang menerima Litecoin di beberapa negara. Pada 4 September 2019, Litecoin memiliki market cap sebesar $4,31 miliar dan nilai per koin adalah $68,24.

2. Ethereum (ETH)

ethereum

Ethereum adalah platform perangkat lunak terdesentralisasi yang diciptakan oleh Vitalik Buterin dengan mengenalkan kontrak pintar dan aplikasi desentraslisai seluler dan desktop (DApps) di atas Blockchain. Ethereum dijalankan tanpa downtime, kontrol, atau gangguan dari pihak ketiga.

Ethereum bisa dikatakan menjadi pesaing Bitcoin, karena selalu nagkring di peringkat 2 atau 3 setelah Bitcoin, jadi Anda tidak akan susah dalam menjual atau membeli Ethereum.

Pada tahun 2014 Ethereum meluncurkan pra penjualan untuk eter dan menerima respon yang sangat luar biasa dan inilah yang mengantarkan Ethereum pada penawaran koin awal (ICO). Pada 4 September 2019, Ethereum (ETH) memiliki market cap sebesar $19,32 miliar dan nilai per koin adalah $ 179,58.

3. Dash (DASH)

dash

Dash awalnya dikenal dengan nama Darkcoin yaitu Bitcoin versi lebih rahasia, jadi lebih banyak anonimitas pada jaringan kode master terdesentralisasi, sehingga membuat transaksi hampir tidak dapat dilacak.

Cryptocurrency ini didirikan oleh Evan Duffield pada tahun 2014 dalam memiliki banyak penggemar dalam waktu yang sangat singkat. Dash sebenarnya memiliki arti “Digital Cash” dengan memiliki teknologi DarkSend dan InstantX. Pada 4 September 2019, Dash memiliki market cap sebesar $740,07 juta dan nilai per koin adalah $82,04.

4. Ripple (XRP) Sebagai Investasi Cryptocurrency

ripple

Ripple adalah jaringan pembayaran global real time yang menawarkan pembayaran internasional scera instan dengan biaya rendah. Diluncurkan pada tahun 2012 oleh Ripple Network yang pada awalnya dikembangkan secara tertutup.

Ripple sangat cocok menjadi Cryptocurrency terbaik untuk investasi di tahun 2019 ini, karena Cryptocurrency ini akan masuk ke dalam beberapa perbankan dan juga lembaga keuangan untuk transaksi di masa depan yang lebih cepat, sehingga banyak koin lain yang ingin mengadopsi protokolnya.

Setiap pembayaran non kartu melalui jaringan Pembayaran Internasional FX American Express ke akun UK Santander akan dialihkan melalui blockchain Ripple dan dapat diproses secara instan. Pada 4 September 2019, Ripple memiliki market cap $11,20 miliar dan nilai per token $0,260.

5. Monero (XMR) Cryptocurrency Terbaik

monero untuk investasi cryptocurrency terbaik

Monero adalah mata uang digital yang aman dengan memiliki privasi tidak dapat dilacak. Cryptocurrency ini awal mulanya diluncurkan pada April 2014 dan banyak menarik para penggemar kriptografi. Monero menggunakan kriptografi canggih dan logika privasi untuk menyembunyikan identitas peserta.

Menariknya, pengembangan cryptocurrency ini sepenuhnya berbasis donasi dan berbasis komunitas. Monero diluncurkan dengan fokus yang kuat pada desentralisasi dan skalabilitas, dimana memiliki privasi lengkap dengan menggunakan teknik khusus yang disebut “ring signatures”.

Monero benar-benar mengenalkan kemajuan teknologi penting ke ruang cryptocurrency. Pada 4 September 2019, Monero memiliki market cap sebesar $1,27 miliar dan nilai per token $73,98.

Meski Bitcoin tetap memimpin Cryptocurrency dalam hal market cap, pengguna dan popularitas. Namun jangan anggap remeh mata uang di atas seperti Ethereum dan Ripple yang banyak digunakan oleh sebuah perusahaan sehingga akan menjadi populer.

Beberapa dari Altcoin lainnya juga sudah mempersiapkan fitur-fitur canggih yang siap diluncurkan. Bisa saja mereka yang akan menjadi pemimpin menggantikan Bitcoin, tinggal menunggu waktu. Jadi pilihan investasi yang tepat ada di tangan Anda, dengan membaca 5 Cryptocurrency terbaik untuk investasi di tahun 2019 saya rasa akan lebih membuka wawasan Anda dalam memilih sebuah koin untuk investasi, sudah banyak Exchange Cryptocurrency di Indonesia yang melayani jual beli koin.