Urusan teknologi terbaru, Indonesia tidak ingin tertinggal dengan negara-negara berkembang lainnya, seperti halnya mengikuti trend perkembangan Cryptocurrency, tidak sedikit Exchange yang hadir untuk meramaikan dunia Blockchain di Indonesia.

Apalagi saat ini Bappebti telah melegalkan Bitcoin, maka dari itu kita perlu mengenal dan memilih Exchange Cryptocurrency yang terbaik.

Banyak startup baru yang siap bersaing dengan Exchange lama dengan melakukan promo-promo menarik dan menjual Cryptocurrency secara lebih lengkap seperti Bitcoin, Ethereum, Stellar Lumens hingga Tokenomy (TEN).

Ada 2 jenis tempat jual beli Cryptocurrency yaitu Exchange (Memiliki order book) dan OTC (Over-The-Counter) yang tidak memiliki order book, untuk fungsi dan tujuan sama saja, sama-sama jual-beli Cryptocurrency. Namun ada sedikit perbedaan pada harga yang ditawarkan.

Exchange menawarkan harga mengikuti pergerakan harga global sedangkan OTC ditentukan langsung oleh penjual tanpa mengikuti pergerakan harga global, jadi harganya tidak sama dan bisa terjadi peluang arbitase untuk para trader.

Daftar 7 Exchange Cryptocurrency terbaik di Indonesia:

1. Indodax

indodax

Indodax adalah Exchange pertama Indonesia yang diluncurkan sejak tahun 2014 dan merupakan Exchange terbesar di Asia Tenggara. Indodax awalnya bernama (bitcoin.co.id) yang memiliki member sebanyak 1.756.007 pada September 2019.

Indodax awalnya hanya menyediakan BTC sebagai Cryptocurrency yang dapat dibeli menggunakan Rupiah, namun berjalannya waktu Indodax sudah memiliki lebih dari 50 jenis Cryptocurrency yang dapat diperdagangkan.

Dengan banyaknya member yang mendaftar, Indodax memiliki urutan ke 105 dunia dalam Volume Perdagangan terbanyak menurut situs Coinmarketcap dan bagusnya Indodax sudah memiliki mobile apps Android yang mudah digunakan, selain itu juga ada beberapa kantor di kota besar seperti Bali, Jakarta dan Surabaya, sehingga sangat membantu member jika ada keluhan mengenai akun Indodax.

Baca :  Apakah Bitcoin Sudah Legal di Indonesia?

2. Coinone Indonesia

coinone

Coinone Indonesia merupakan Exchange Cryptocurrency yang berasal dari Korea Selatan yang berfokus pada jual beli Cryptocurrency, Coinone diluncurkan di Indonesia sejak 2018 yang lalu, sebelumnya Coinone menjadi Exchange Cryptocurrency terbesar di Korea Selatan.

Coinone Indonesia sudah melayani kurang lebih 15 Cryptocurrency yang dapat diperdagangkan, ada sedikit fitur menarik pada Coinone yaitu time frame yang ditampilkan mulai dari 1 menit hingga 1 minggu, jadi akan sangat membantu trader dalam mengambil keputusan.

3. Rekeningku

Rekeningku

Rekeningku didukung oleh beberapa investor, salah satunya yaitu RND Kapital yang berinvestasi di Rekeningku untuk seed funding. Platform lokal Indonesia ini berfokus pada penukaran berbagai mata uang digital kepada institusi dan profesional.

Target penggunanya adalah trader aktif dan minner yang butuh wallet untuk tempat menjual hasil minningnya. Exchange Rekeningku memiliki cold storage yang memiliki tingkat keamanan e-wallet sangat baik. Hal itu akan menjadi pertimbangan tersendiri bagi investor agar uang nya 100% aman dari serangan hacker.

Rekeningku juga memberikan support live chat 24 jam, withdraw rupiah dapat diproses kurag dari 30 menit. Untuk saat ini Rekeningku memiliki 19 Cryptocurrency yang dapat diperdagangkan.

4. Tokenomy

tokenomy

Tokenomy adalah satu-satunya platform yang menghadirkan daftar nilai token dan perdagangan Crypto Exchange. Tokenomy berfokus pada pasar yang kurang terlayani dan memiliki pertumbuhan tinggi di Asia Tenggara.

Selain itu, Tokenomy adalah platform tokenization satu pintu yang memungkinkan seseorang untuk membuat, menjual dan memperdagangkan token mereka dengan imbalan, memungkinkan pengusaha untuk mengakses cara baru untuk menggalang dana untuk sebuah proyek mereka.

5. Triv

triv

Triv merupakan situs Exchange yang melakukan jual beli Cryptocurrency dan juga emoney lainnya seperti Paypal, Perfect Money, Ok Pay, Payza dan Neteller.

Baca :  5 Cryptocurrency Terbaik Untuk Investasi di Tahun 2019

Triv akan memantau market di seluruh dunia selama 24 jam dan melakukan penyesuaian harga secara real-time, agar mendapatkan harga terbaik sesuai dengan harga market, Anda juga dapat membeli pulsa, token listrik dan beberapa tagihan di Triv.

Anda dapat mengunduh aplikasi Triv yang tersedia di Android dan iOS. Salah satu fitur yang menarik dari Triv yaitu dapat menggunakan Triv payment gateway, jika Anda memiliki sebuah website.

6. Luno

luno

Luno memfasilitasi penyimpanan Bitcoin, Ethereum dan melakukan transaksi membeli, menjual dan membayar melalui layanan dompet Bitcoin atau disebut juga dengan Bitcoin Wallet dan Ethereum Wallet.

Exchange Luno sudah membuka cabang ke beberapa negara lain seperti Singapore dan London. Fokus utama Luno adalah pada Bitcoin, Ethereum dan Bitcoin Cash.

7. Tokocrypto

tokocrypto

Tokocrypto didirikan pada Juni 2017, ini merupakan salah satu OTC yang biasanya menawarkan harga lebih tinggi berbeda dengan harga global. Tokocrypto menjadi salah satu pilihan bagi trader yang ingin melakukan arbit mata uang digital mereka.

Sudah ada 11 Cryptocurrency yang dijual-belikan di Tokocrypto.

Itulah daftar 7 Exchange Cryptocurrency terbaik di Indonesia tahun 2019 yang memiliki banyak pengguna dan menjadi rekomendasi Anda jika ingin menjual maupun membeli Cryptocurrency, pilihan yang tepat ada di tangan Anda.