Ada banyak boot mode pada Android yang bisa digunakan untuk kustomisasi smartphone, salah satunya yang paling sering digunakan adalah mode fastboot, maka dari itu saya akan menunjukkan cara masuk mode fastboot khususnya untuk Xiaomi Redmi Note 7 dan Redmi Note 7 Pro.

Selain cara masuk mode fastboot, saya juga akan memberikan tutorial mengenai cara keluar dari mode fastboot karena mungkin saja kamu tidak sengaja masuk ke mode fastboot ini dan ingin keluar dari mode fastboot, cara yang dilakukan juga cukup mudah hanya beberapa langkah dan tidak sampai 5 menit.

Cara Masuk Fastboot Redmi Note 7 dan Redmi Note 7 Pro

  1. Tekan dan tahan tombol Power untuk membuka menu pilihan
    cara mode fastboot redmi note 7 pro
  2. Pilih Power Off pada bagian bawah kanan layar, untuk mematikan smartphone
  3. Kemudian tekan tombol Power Off lagi yang tampil pada layar tersebut
    mode fastboot redmi note 7 pro
  4. Tunggu kurang lebih 5-10 detik, sampai benar-benar smartphone kamu mati
  5. Sekarang tekan dan tahan tombol Power dan Volume Down secara bersamaan
  6. Tahan, hingga keluar layar hijau mode fastboot
    mode fastboot redmi note 7

Bagaimana, cukup mudah sekali kan cara masuk ke mode fastboot pada Redmi Note 7 dan Redmi Note 7 Pro. Nah, biasanya jika kamu menggunakan metode fastboot, berarti kamu akan melakukan sesuatu yang lebih misal unlock bootloader, menginstall TWRP dan custom rom, jika memang benar itu tujuan kamu silahkan lanjutkan dengan menghubungkan smartphone ke PC dengan kabel USB.

Cara Keluar dari Mode Fastboot pada Redmi Note 7 dan Redmi Note 7 Pro

Terkadang kita tidak sengaja masuk ke mode fastboot ini, bisa karena kepencet karena memang jarak tombol power dan volume down berdekatan atau bisa jadi karena kamu menggunakan hardcase jelek yang terlalu ketat, sehingga menekan salah satu tombol yang ada di smartphone kamu. Jika memang itu yang terjadi, lakukanlah langkah berikut ini untuk keluar dari mode fastboot:

  1. Tekan dan tahan tombol Power selama kurang lebih 5-10 detik
  2. Lepaskan tombol Power jika logo fastboot sudah hilang
Baca :  Pengalaman Belanja di Aliexpress

Hanya 2 langkah itu untuk keluar dari mode fastboot, langkah tersebut memaksa restart smartphone kamu. Meski tidak semua perangkat bisa dengan cara ini, akan tetapi cara tersebut bisa dilakukan pada Xiaomi Redmi Note 7 maupun Redmi Note 7 Pro. Dan pastikan kamu tidak menekan tombol apapun lagi saat smartphone kamu booting ulang (restart).

Jika masih terjadi masuk ke menu fastboot, coba lepas case kamu jika kamu menggunakan softcase ataupun hardcase. Bisa jadi itu yang membuat masuk ke mode fastboot.

Masuk ke mode fastboot memang jarang terjadi, kecuali memang kamu sudah memodifikasi smartphone Android itu sendiri dengan menginstall mod yang tidak berfungsi dengan baik dan salah dalam memasang TWRP.