Anda sedang hamil? Atau berencana ingin hamil? Boleh coba aplikasi kehamilan Android dari The Asian Parent, banyak juga orang yang menyebutnya dengan ‘TAP’. Saya sudah sembilan bulan menggunakan aplikasi ini dan benar-benar dapat merasakan manfaatnya sebagai pendamping kehamilan atau parenting.

Apa sih aplikasi The Asian Parent itu?

Sebelumnya saya memang tidak pernah menginstall aplikasi kehamilan android apapun dan baru kali ini yaitu The Asian Parent. Ternyata asyik juga, di sini banyak sekali membernya yang aktif untuk diskusi atau sekedar berbagi pengalaman seputar kehamilan, bayi atau rumah tangga mereka.

Aplikasi The Asian Parent adalah sebuah aplikasi parenting terbesar di Asia Tenggara yang membahas mengenai program hamil, kehamilan, menyusui, merawat anak bahkan seputar keluarga ada semua di sini. Aplikasi The Asian Parent dapat Anda download pada Play Store maupun App Store.

Untuk siapa aplikasi The Asian Parent?

The Asian Parent atau komunitas parenting online ini memiliki member sangat banyak mulai dari yang belum menikah hingga bapak-bapak yang ikut berkontribusi untuk tanya jawab.

Karena memang aplikasi ini sifatnya umum, jadi siapa saja bisa bergabung dengan komunitas parenting ini. Tapi untuk membernya memang kebanyakan ibu-ibu yang sedang hamil sih.

Keuntungan menggunakan aplikasi The Asian Parent

komunitas the asian parent surabaya

Jika bertanya mengenai keuntungan menggunakan aplikasi The Asian Parent, saya menjawab hampir tidak ada ruginya Anda mendownload aplikasi ini, terutama ibu-ibu yang sedang hamil, karena bisa memantau perkembangan janin yang sedang dikandung.

Beberapa keuntungan lainnya kita bisa bertanya dan meminta saran dari orang-orang yang ada di TAP mengenai keluhan yang sedang dialami, karena mungkin saja mereka juga pernah mengalami hal serupa, misalkan ketika menggunakan test pack kehamilan, punggung merasa sakit saat kehamilan 24 minggu, dan lain-lain.

Semua itu keuntungan yang kita dapatkan dari beberapa member yang ada di TAP, belum lagi beberapa artikel yang disediakan oleh The Asian Parent pastinya sangat bermanfaat.

Apalagi kalau kita sudah berkontribusi dalam tanya jawab akan diberikan point, kemudian point itu dapat ditukarkan dengan produk tertentu yang disediakan oleh aplikasi The Asian Parent.

Selain memiliki teman dalam forum TAP, akhirnya saya juga dapat kesempatan bertemu dengan beberapa member TAP dalam undangan yang diberikan oleh The Asian Parent di Surabaya.

Review aplikasi kehamilan android The Asian Parent

Review aplikasi kehamilan android The Asian Parent

Saat pertama kali membuka aplikasi TAP, ada beberapa point penting yang ditampilkan seperti Anda ingin bertanya mengenai hal apa? Kemudian bawahnya ada beberapa topik seputar pantau kehamilan, polling, photobooth, makanan & nutrisi, aktivitas, checklist, obat-obatan, dll.

Review aplikasi kehamilan android

Setelah itu ada usia kehamilan, jika Anda sebelumnya memasukkan Hari Perkiraan Lahir (HPL) atau Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT). Di bawahnya lagi ada komunitas tanya jawab yang diawali dengan salah satu postingan dari The Asian Parent, kemudian disusul dengan tanya jawab dari member berdasarkan postingan belum terjawab, populer dan terbaru yang bisa Anda pilih, defaultnya sih beranda.

Sekarang aplikasi TAP sudah diperbarui, jadi jika Anda menggulir ke atas dan menahannya beberapa detik akan otomatis memperbarui tanya jawab yang ada di halaman beranda.

Review aplikasi The Asian Parent

Pada bagian bawah sendiri ada beberapa menu icon yaitu artikel, kehamilan, VIP dan media.

artikel the asian parent

Manfaat dari menu artikel yaitu untuk membaca artikel yang disediakan oleh The Asian Parent berdasarkan beberapa kategori seperti kehamilan, melahirkan, pernikahan, berita, gaya hidup, parenting, dll.

menu kehamilan the asian parent

Sedangkan menu kehamilan untuk melihat usia kehamilan janin yang dikandung berdasarkan HPL dan perkembangan bayi.

vip the asian parent

Menu VIP ini tergolong baru, fungsinya untuk kerja sama antara The Asian Parent dengan membernya atau bahasa kekiniannya menjadi influencer The Asian Parent dengan beberapa syarat yaitu menjadi orang tua atau sedang hamil, memiliki lebih dari 1.500 followers di Facebook atau Instagram.

Bagi yang memenuhi syarat dari itu bisa mencoba untuk mendaftar VIP ini, hasilnya lumayan juga Anda bisa mendapatkan uang dan hadiah secara gratis.

menu media the asian parent

Menu media terdapat dua kategori yaitu video dan audio, pada kategori video terdapat beberapa tips yang bisa Anda lakukan pada saat hamil atau informasi lainnya seputar kehamilan, sedangkan kategori audio berisi musik untuk relaksasi saat tidur.

Semua member The Asian Parent dapat membuat postingan tanya jawab dan menanggapi postingan tersebut berdasarkan nama akun TAP atau Anonim, jika menggunakan Anonim maka nama Anda tidak ditampilkan saat bertanya atau menanggapi diskusi.

halaman notifikasi the asian parent

Untuk melihat balasan diskusi, silahkan lihat pada icon notifikasi yang ada di halaman atas.

Saya kira aplikasi The Asian Parent ini sudah sangat lengkap sekali fitur-fiturnya dan sudah membantu banyak orang terutama seputar parenting. Semoga ke depannya lebih banyak lagi membernya.

Dan admin dari The Asian Parent agar lebih memperhatikan akun-akun yang terbiasa membully, karena semakin banyak member, jelas semakin banyak pula seseorang yang memiliki kebiasaan membully terutama akun Anonim.