Software payroll memberikan banyak keuntungan dan manfaat bagi perusahaan. Kini pengelolaan gaji karyawan dipermudah dengan adanya software ini. Perusahaan lebih mudah mengelola administrasi keuangan lebih efektif dan efisien dari pada menggunakan cara manual. Perhitungan gaji karyawan setiap bulannya tentu membutuhkan lebih banyak waktu dan ketelitian agar tidak terjadi kesalahan yang fatal.

Payroll memang memberikan banyak kemudahan bagi penggunanya. Namun, Anda juga perlu berhati-hati memilih software payroll untuk perusahaan Anda. Pastikan software yang Anda pilih benar-benar memudahkan bukan mempersulit pekerjaan karena tidak tahu cara pemakaiannya. Nah, berikut tips memilih software payroll Indonesia terbaik yang bisa Anda ikuti.

1. Pilih Software yang Memiliki Tampilan User Friendly

Tidak semua HR memiliki keterampilan IT yang tinggi, sehingga pastikan memilih software payroll yang dapat digunakan oleh semua kalangan. Pilih software yang memiliki tampilan sederhana dan simpel (user friendly), mudah dipahami, dan mudah untuk dipelajari baik dari segi tampilan maupun bahasanya. Dengan tampilan yang user friendly, akan memberikan kemudahan bagi perusahaan untuk mengelola keuangan dengan tepat.

2. Pastikan Kelengkapan Fitur

Setelah melihat tampilannya, cek kelengkapan fitur yang dimiliki oleh software payroll tersebut. Paling tidak software harus memiliki fitur utama yang digunakan untuk pengelolaan keuangan perusahaan dan memiliki komponen utama seperti jam kerja, kehadiran, pajak, dan tunjangan lainnya. Dengan kelengkapan fitur yang ada di dalam software, maka akan mempermudah perusahaan mengelola keuangan berdasarkan komponen yang dibutuhkan.

3. Pilih Software dengan Sistem Perhitungan yang Akurat

Salah satu tujuan perusahaan menggunakan software payroll adalah membuat pengelolaan data keuangan lebih akurat. Jadi, pastikan software yang Anda pilih untuk perusahaan mampu menghasilkan data yang akurat. Pastikan software tidak akan mengalami error saat digunakan dan mengganggu proses perhitungan gaji karyawan. Pastikan pula data yang terinput ke dalam software terjamin keamanannya.

4. Pilih Software dengan Kinerja Cepat dan Update

Selanjutnya, perhatikan proses perhitungan yang dijalankan oleh software. Karena Anda akan mengelola ratusan data karyawan dan perhitungan gajinya, maka pastikan software yang Anda pilih mampu melakukan perhitungan yang cepat dan banyak, tanpa mengalami eror. Selain itu, pastikan bahwa software mampu melakukan update perhitungan secara otomatis ketika komponen perhitungan diubah tanpa menyebabkan masalah atau kekeliruan.

Nah, demikianlah 4 tips yang perlu Anda perhatikan saat mencari software payroll untuk keperluan perusahan Anda. Jangan sampai, salah memilih software dan menyebabkan kekacauan pengelolaan keuangan dalam perusahaan. Selain merugikan perusahaan secara langsung, kesalahan tersebut juga bisa merugikan karyawan. Sebagai contoh, terjadi kesalahan perhitungan gaji, sehingga karyawan tidak menerima gaji sebagaimana mestinya.

Salah satu Software Payroll Indonesia Terbaik saat ini adalah LinovHR, Software Payroll LinovHR memiliki tampilan yang user freindly dan mudah dipahami bahkan oleh HR yang gaptek sekalipun, Selain itu Software Payrol LinovHR memiliki fitur – fitur canggih yang dapat membuat proses perhitungan payroll menjadi lebih cepat, efektif serta efisien.