Setelah setahun yang lalu saya mencoba belanja di aliexpress dan barang sampai dengan kondisi baik, namun tidak untuk kali ini paket dari aliexpress yang saya pesan tidak kunjung sampai, sampai akhirnya saya memutuskan untuk meminta garansi uang kembali dan sampai saat ini masih proses.

Tiga bulan yang lalu saya belanja di aliexpress dan melakukan pembayaran melalui alfamart yang bekerja sama dengan doku, tetapi hingga saat ini paket aliexpress tidak sampai, sempat bingung bagaimana ini cara klaim garansi uang kembali atau melaporkan barang tidak sampai-sampai dan berkali-kali saya cek orderan paket belum sampai juga, dari situ saya melihat tombol Open Dispute.paket aliexpress tidak kunjung sampai

Open dispute di aliexpress berguna untuk melakukan klaim bahwa barang rusak, kurang atau tidak sampai sampai masa berlaku garansi yang diberikan, kalau tidak salah open dispute baru tersedia jika barang tidak sampai selama kurang lebih dua bulan, ada waktunya sendiri open dispute akan terbuka.

pengiriman paket aliexpress tidak kunjung sampai

Saya juga tidak tahu kenapa barang pesanan di aliexpress tidak sampai. Karena tidak ada konfirmasi apapun dari penjual maupun aliexpress, setelah saya tracking di pengiriman hasilnya masih sama Departed country of origin yang artinya sudah berangkat dari negara asal sampai saat ini juga masih sama. Bedanya saya dulu memesan barang di aliexpress pengiriman menggunakan AliExpress Standard Shipping sedangkan kemarin yang paket tidak sampai menggunakan china post ordinary small packet plus.

Konfirmasi Refund Doku Aliexpress

Ketika saya melakukan open dispute disuruh untuk menjelaskan permasalahannya dan juga mengirimkan bukti yang bersangkutan, pastikan gunakan bahasa Inggris agar lebih mudah dipahami, beberapa hari kemudian open dispute yang saya ajukan disetujui karena pihak penjual tidak menanggapi.

Baca :  Cara Cek Kompensasi PLN Token saat Listrik Padam

email pengembalian dana aliexpress doku

Beberapa hari kemudian ada email masuk dari doku yang menyatakan konfirmasi refund dan sebelumnya saya memang belum mendaftar akun doku untuk itu diharuskan mendaftar akun doku terlebih dahulu agar dana refund dapat dikembalikan, setelah saya mendaftar akun doku dana refund dari aliexpress juga belum dikembalikan hingga hari ini.

customer service doku slow respon

Saya mengirimkan email beberapa kali ke pihak doku, tanggapannya selalu akan di proses dan juga dipersulit, seperti halnya disuruh mengirim nama, email, nominal yang terdaftar di aliexpress, bahkan juga refund id yang saya tidak tahu dimana mencarinya? Karena memang tidak ada di pesanan aliexpress, padahal sebelumnya sudah diberikan informasi akan menerima refund.

Namun dari beberapa permintaan pihak doku sudah saya tanggapi dengan cepat, saya juga menanyakan langsung ke customer service aliexpress untuk memberikan nomer refund id, setelah dicarikan beberapa menit akhirnya saya dapatkan juga dan saya diberitahu oleh customer service aliexpress bahwa dana refund sudah diteruskan ke doku. Tetapi memang dari pihak dokunya yang sangat slow respon, email juga tidak tahu kapan akan dibalas, kadang 2 hari, 3 hari, bahkan satu minggu baru dibalas.

Sampai saat ini juga permasalahan belum selesai karena tidak ada tanggapan dari pihak doku, ke depannya lagi saya tidak akan menggunakan layanan yang bekerja sama dengan doku, kalau memang seperti ini. Lebih baik menggunakan virtual debit Jenius.