Bulan Agustus menjadi bulan yang sangat istimewa bagi saya dan juga masyarakat Indonesia, pasalnya pada bulan ini adalah bulan kelahiran saya, selain itu ada hari raya idul adha dan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang banyak ditunggu-tunggu oleh seluruh masyarakat.

Hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 sangat disambut antusias oleh masyarakat, biasanya dengan memasang bendera kebanggaan Merah dan Putih di depan rumah, menyiapkan lomba-lomba yang diikuti oleh semua kalangan, bahkan Presiden Jokowi beserta menteri dan kabinet kerja juga mengadakan lomba Agustusan, upacara kemerdekaan dan tasyakuran bersama.

Logo Resmi HUT RI ke 74 2019 PNG

Maka dari itu, setiap tahun pemerintah selalu mempunyai tema dan dan tampilan logo yang berbeda-beda untuk menggambarkan hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Seperti pada 17 Agustus 2019 ini, pemerintah membagikan pedoman resmi peringatan HUT RI ke 74 yang bisa Anda lihat di website resminya www.setneg.go.id. Selain itu pihak Sekretariat Negara juga mengumumkan tema dan tampilan logo resmi HUT RI ke 74.

Waktu itu, Sekretariat Negara menuliskan tema “Menuju Indonesia Unggul” yang diletakkan di bawah logo. Kemudian saat ini sudah direvisi menjadi “SDM Unggul Indonesia Maju”.

Makna Logo HUT RI ke 74 Kemerdekaan RI

Makna Logo HUT RI ke 74 Kemerdekaan RI

Berdasarkan pedoman identitas visual yang dirilis oleh Sekretaris Negara dijelaskan mengenai makna dan arti logo HUT RI ke 74 melambangkan melambangkan sinergi, kolaborasi, inspirasi dan semangat bekerja tiada henti untuk membangun negeri.

Logo angka 74 tersebut terdiri dari font Monstserrat dan Palanquin, dengan paduan warna merah C:0 M: 100 Y: 100 K: 25 atau R:191 G: 0 B:0

Sedangkan di antara angka tersebut terdapat sudut yang melambangkan kolaborasi dan visi menuju progres yang lebih baik.

Arti Tema SDM Unggul Indonesia Maju

Dengan tagline “SDM Unggul Indonesia Maju” memiliki gambaran tentang visi pemerintah Indonesia dalam momentum HUT RI Ke 74 agar dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Tagline dengan gaya simpel seperti ini mulai digunakan sejak perayaan ke 70 oleh pemerintah Indonesia dan diadopsi sampai saat ini. Berbeda dengan tema dahulu yang cenderung panjang.

Berikut ini tema HUT RI 4 tahun terakhir

  • HUT RI ke-70 = Ayo Kerja
  • HUT RI ke-71 = Kerja Nyata
  • HUT RI ke-72 = Kerja Bersama
  • HUT RI ke-73 = Kerja Kita, Prestasi Bangsa
  • HUT RI ke-74 = SDM Unggul Indonesia Maju

Untuk logo resmi HUT RI ke 74 dapat Anda unduh secara langsung melalui Google Drive yang sudah disediakan oleh Sekretariat Negara di bawah ini, terdapat logo berformat AI, JPG, PDF dan PNG berwarna merah, putih dan hitam.

DOWNLOAD LOGO RESMI HUT RI KE 74 2019 LENGKAP

Download Logo Resmi HUT RI ke 74 2019

Selain logo ada juga font, foto, pedoman identitas dan template foto untuk sosial media.