Waktu yang Tepat untuk Posting di Media Sosial – Media sosial akan menjadikan banyak interaksi jika Anda benar dan tepat dalam melakukan update sebuah postingan, apakah itu benar? Jawabannya pasti iya, bayangkan saja jika Anda melakukan postingan pada waktu tengah malam dan berharap akan banyak interaksi pada media sosial Anda, hal itu akan memiliki respon yang sedikit karena waktu tengah malam biasanya digunakan untuk waktu tidur dan beristirahat.

Dalam dunia kerja, Anda harus bisa memanfaatkan dan memaksimalkan waktu dengan sebaik-baiknya untuk memperoleh hasil yang diinginkan, apalagi Anda seorang Internet Marketing ataupun memiliki usaha online pasti harus mengerti dan memahami waktu yang tepat untuk posting di media sosial agar hasil yang dijalankan dari bisnis online dapat berjalan dengan maksimal. Menurut pengalaman pribadi yang pernah saya lakukan target utama yang harus diperhatikan yaitu mengenai target audiens yang Anda sasar. Jika Anda tepat dalam memilih sasaran maka peluang pasar akan menjadi luas dan itu merupakan dampak positif, sedangkan jika Anda gagal dalam memilih sasaran usaha promosi Anda akan sia-sia. Itulah perlunya Anda mengetahui waktu yang tepat untuk posting di media sosial.

Berikut ini akan saya bahas mengenai waktu yang tepat untuk posting di media sosial seperti Facebook, Twitter, Google+, Pinterest, LinkedIn dan Instagram. Dan jika Anda mengikuti waktu seperti yang saya jelaskan dibawah ini, pasti akan ada perubahan interaksi di sosisl media Anda semakin ramai.

1. Facebook

Facebook memiliki pengguna sosial media terbanyak di seluruh dunia. Anda dapat menemukan orang-orang dari latar belakang berbeda-beda sesuai kebutuhan target pasar bisnis Anda. Waktu yang tepat untuk posting konten Anda yaitu mulai pukul 9 pagi sampai pukul 3 sore. Pada pukul 4 sore hingga malam hari pengunjung mulai menurun. Pada pukul 1 siang adalah waktu puncak pengguna facebook melakukan share, sedangkan pukul 3 sore adalah waktu puncak para pengguna facebook mengklik suatu postingan.

Menurut survey, Facebook banyak diakses pada hari kerja dengan jumlah pengguna paling banyak pada hari kamis dan jum’at sedangkan untuk akhir pekan akan mengalami penurunan karena akhir pekan banyak digunakan untuk waktu bersantai bukan untuk sosial media, kebanyakan seseorang akan memiliki hal lain yang lebih menarik untuk dilakukan.

2. Twitter

Twitter memiliki peringkat kedua sosial media setelah Facebook, memiliki sebanyak 600 juta tweet dikirim setiap harinya, dari jumlah ini dapat membuat bisnis Anda semakin dikenal oleh para pengguna twitter jika waktu posting Anda tepat, jika kurang tepat bisa jadi tweet Anda tenggelam dan tidak sempat dilihat oleh para pelanggan potensial.

Beda dengan facebook, akhir pekan dalam sosial media twitter merupakan waktu yang potensial karena twitter memiliki sifat yang simple dan langsung ke intinya sehingga dapat memiliki target engagement sebesar 17% dibandingkan hari biasanya. Selain hari yang tepat Anda juga harus memperhatikan waktu yang tepat yaitu pukul 11 siang sampai dengan 6 sore, waktu ini bersamaan dengan jam makan siang dan waktu perjalanan pulang kerumah setelah jam kerja. Pada pukul 5 sore merupakan waktu puncak para pengguna twitter dalam melakukan retweet.

3. Google+

Google tak mau dalam persaingan sosial media dengan mengeluarkan Google+ pada tahun 2011 yang lalu, meski tak sepopuler facebook dan twitter, Google+ memiliki potensi yang cukup besar apalagi buat kalian yang meimiliki target pasar luar negeri.

Waktu yang terbaik dalam posting google+ yaitu pukul 9 pagi sampai pukul 11 siang dan dilakukan pada hari kerja (senin-jum’at) dan hari rabu merupakan puncak pengguna Google+ bisa jadi karena dipengaruhi keterkaitan antara Google+ dan Gmail yang sangat erat sehingga akan mempengaruhi traffic yang besar juga pada Google+.

4. Pinterest

Pinterest merupakan sosial media sharing photo yang juga dapat dijadikan lahan promosi potensial dengan menggunakan Pinterest sebagai “etalase” bisnis, dan menurut laporan yang dirilis pada tahun 2012 Pintereset ini di dominan oleh pengguna perempuan sebanyak 83%. Jika pangsa bisnis Anda adalah perempuan ini merupakan langkah yang sangat tepat dalam mempromosiakn bisnis Anda.

Akhir pekan merupakan waktu yang tepat dalam melakukan posting di Pinteres, menurut statistik bahwa hari Sabtu dan Minggu pukul 8 hingga 11 malam adalah waktu yang tepat untuk melakukan Pin, dan titik tertinggi dilakukan pada pukul 9 malam. Hal ini menunjukkan bahwa pengakses Pinterest memang lebih banyak muncul di malam hari, akan tetapi jika bisnis Anda fashion dan ritel waktu yang tepat yaitu hari Jum’at pukul 3 sore.

5. Instagram

Instagram merupakan sosial media berbagi foto dan video dengan durasi tertentu, yang bisa di akses menggunakan smartphone. Berkembangnya sebuah Instagram dengan lebih dari 1 miliar foto yang diposting setiap bulannya kini dapat dijadikan pilihan untuk melancarkan strategi promosi layanan Anda.

Tingkat engagement pengguna Instagram lebih stabil dibandingkan dengan sosial media yang lain, akan tetapi bisa Anda tingkatkan pada hari Senin dan penurunan pengguna pada hari Minggu. Untuk waktu posting Instagram yang tepat yaitu pada pukul 3 hingga 4 sore.

6. LinkedIn

LinkedIn merupakan jaringan profesional yang terbesar di dunia, Anda dapat menemukan lebih dari 200 juta pengguna dari berbagai macam disiplin bidang yang berbeda-beda. Jika Anda membuat akun LinkedIn dapat memberikan banyak keuntungan, termasuk dapat meningkatkan popularitas dan kredibilitas bisnis Anda.

LinkedIn banyak diakses pada hari serta jam kerja karena LinkedIn memiliki sifat B2B (Business to Business), untuk pengunjung puncaknya yaitu pada hari Selasa, Rabu dan Kamis sedangkan waktunya pukul 7 pagi sampai pukul 8 pagi sebelum aktivitas kantor mulai serta pukul 5 sampai pukul 6 sore ketika jam kerja selesai. Titik tertinggi respon postingan menurut survey yaitu pada hari Selasa antara pukul 10 sampai 11 pagi.

Menentukan kapan waktu yang tepat untuk posting di media sosial memang ada rasa sedikit susah karena memiliki perbedaan sifat konsumen terhadap setiap produk yang di pasarkan berbeda-beda, akan tetapi Anda dapat menggunakan patokan waktu diatas sebagai pedoman secara umum. Anda juga harus memastikan perbedaan zona waktu suatu daerah dengan daerah lainnya, seperti bisnis Anda di Indonesia dan menargetkan audiens Amerika, maka lakukanlah sesuai zona waktu yang berlaku disana bukan di Indonesia.

Saya menyarankan kepada Anda agar dapat melakukan research sendiri dalam menentukan kapan waktu terbaik posting di media sosial Anda, hal itu dikarenakan sifat konsumen dari tiap produk berbeda-beda, berbeda tempat juga akan berbeda pula pola hidup orangnya, ada yang biasa sering beraktiftas di pagi hari, siang hari ada juga yang lebih sering di malam hari baru membuka akun sosial media, dengan research Anda sendiri akan lebih menargetkan promosi Anda berjalan lebih baik dan meraih hasil lebih maksimal.