Cara install gcam redmi note 5 pro ini bisa di bilang susah-susah gampang ya, karena habis di install pada MIUI 10, kemudian ada update MIUI 11 langsung tidak dapat digunakan lagi, untuk solusinya ya harus di install lagi dengan cara enable camera 2 api.

Apa itu kamera 2 api?

Camera 2 api adalah suatu framework yang mengizinkan pengguna maupun pengembang Android untuk mengakses beberapa fitur manual kamera layaknya DSLR, agar gambar yang dihasilkan lebih bagus. Contohnya mengatur Exposure, Focus, ISO dan masih banyak lagi fitur lainnya.

Saat kita install enable camera 2 api ini terkadang tidak cocok dengan beberapa custom recovery, jadi harus benar-benar mencari recovery yang cocok agar berhasil menggunakan gcam pada xiaomi redmi note 5 pro.

Beberapa recovery yang saya gunakan diantaranya yaitu twrp, red wolf dan terakhir Orange Fox. Sempat terjadi bootlop waktu saya ingin install enable camera 2 api menggunakan recovery twrp dan red wolf.

Beberapa kendala yang terjadi yaitu recovery minta password dan internal memory 0 MB alias memori internal tidak terdeteksi. Jadi, saya tidak dapat install enable camera 2 api.

Akhirnya saya mencari tutorial untuk mengatasi masalah memory internal 0 MB, ada beberapa tutorial yang saya lakukan seperti tidak mengunci telepon dengan sandi, wipe data, system dan mengubah file system dari F2FS to EXT4, yang ada hasilnya malah bootlop.

Gara-gara itu semua data saya hilang, karena sebelumnya lupa tidak membackup data penting terlebih dahulu. Kemudian saya flash ulang redmi note 5 pro menggunakan mi flash tool. Untung saja sudah saya unlock bootloader.

Syarat install gcam redmi note 5 pro MIUI 11

Bahan install gcam redmi note 5 pro tanpa root

Cara install gcam redmi note 5 pro (Whyred) MIUI 11 Pie

Jika syarat dan bahan sudah dipenuhi, sekarang langsung saja ikuti tutorial berikut ini:

  • Silahkan masuk ke system recovery dengan cara tekan dan tahan tombol power on + volume up secara bersamaan hingga muncul recovery orange fox
  • Pilih dan install HAL3_MIUI_11_10 yang sudah di download tadi
  • Reboot System
  • Biarkan masuk ke homescreen secara normal
  • Tekan dan tahan tombol Power pilih Reboot
  • Otomatis masuk ke system recovery orange fox klik Menu > Manage Partitions
  • Pilih dan centang Data > Format Data > ketik yes dan oke
  • Reboot System
  • Karena Anda sudah format data, maka semua data akan terhapus dan masuk ke homescreen seperti awal mula
  • Sampai sini harusnya Anda sudah berhasil dan tinggal install aplikasi gcam saja

Untuk melihat apakah sudah berhasil enable camera 2 api, Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi manual camera compatibility yang ada di Playstore.

Jika semua test menunjukkan centang hijau berarti enable camera 2 api sudah aktif dan silahkan install aplikasi gcam yang sudah di download.

install gcam redmi note 5 pro manual camera compatibility

Jika misalkan ada keterangan google camera stopped working dan tidak bisa dibuka, berarti aplikasi yang sudah di download tidak cocok dengan handphone Anda, silahkan coba cari apk google camera yang lainnya. Karena banyak sekali developer yang menyediakan apk google camera untuk redmi note 5 pro.

Untuk pengaturan gcam agar lebih maksimal, mungkin Anda bisa mengikuti pengaturan DISINI.

Perhatian:

Apakah gcam harus root?

Tidak, cara yang saya lakukan di atas tanpa root

Kenapa gcam tidak terpasang?

Ada banyak sekali penyebab gcam tidak terpasang, pastikan sudah mengikuti petunjuk yang saya berikan dengan benar

Kenapa tidak bisa instal gcam?

Bisa jadi Anda belum melakukan enable camera 2 api