Akhirnya kita dapat lagi berjumpa dengan bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah. Bagi umat muslim bulan ini dijadikan sebagai bulan suci di mana akan sangat banyak pahala yang didapatkan dan dilipat gandakan. Selain itu, bulan Ramadhan biasa dijadikan ladang bisnis dadakan yang sangat menghasilkan dengan keuntungan besar, tak tanggung-tanggung kalian bisa jadi Sultan.

Saat bulan Ramadhan, seseorang akan lebih melakukan kegiatan konsumtif, mulai dari menyiapkan buka puasa sampai waktu sahur, belum lagi menjelang lebaran pasti banyak sekali yang perlu dipersiapkan, iya kan? Mulai dari kue lebaran sampai dengan baju lebaran. Nah, ini merupakan kesempatan kalian untuk memanfaatkan momen lebaran dengan ide bisnis yang melonjak waktu lebaran, ala-ala bisa jadi tambahan buat belanja baju lebaran kan.

Pahala dapat berlipat, bisnis pun sukses. Itu slogan yang wajib kalian pegang.

Ide bisnis apa saja sih yang bisa dikerjakan pada bulan Ramadhan sampai dengan lebaran? Yuk simak berbagai ide bisnis yang sangat berpeluang di bulang Ramadhan 2019.

1. Jual Perlengkapan Shalat

Jual Perlengkapan ShalatAmazon

Seperti yang saya jelaskan tadi, bahwasanya bulan Ramadhan adalah bulan suci maka akan lebih banyak seseorang untuk mencari pahala, terutama tidak meninggalkan shalat dan rajin dalam beribadah. Jadi, sangat cocok kalian dalam berbisnis seperangkat alat Shalat, kamu juga dapat turut serta memicu seseorang untuk lebih rajib beribadah.

2. Berjualan Takjil

Berjualan TakjilJawapos

Hari pertama berpuasa, kita pasti sering menyerbu para penjual takjil. Biasanya seseorang akan menghabiskan waktu mereka dengan membeli minuman manis dan segar, belum lagi berburu hidangan pembuka. Kamu harus memanfaatkan peluang ini dengan membuka bisnis minuman manis seperti es campur, kolak dan minuman manis lainnya ditambah lagi dengan aneka gorengan yang masih hangat.

Baca :  Apa itu CPA (Cost Per Action)

Untuk pemasaran, cukup berjualan saja di depan rumah atau kalian bisa menawarkan ke kantor-kantor dan sebagainya. Pastinya akan banyak permintaan, apalagi kalau nantinya punya banyak langganan.

3. Jual Makanan Sahur

Jual Makan sahurTrover

Meski pencari makanan sahur tak seramai waktu berbuka puasa, tetapi ide bisnis ini perlu dipertimbangkan karena minimnya penjual makanan di waktu sahur dan banyaknya seseorang yang malas memasak, terutama wilayah perumahan atau kota. Pesaing sedikit otomatis penjualan lebih mudah, tinggal kita cari saja tempat yang ramai.

Cukup gunakan kendaraan di tempat ramai, kalian bisa jualan pecel, rawon, soto atau nasi campur. Dijamin laris manis.

4. Berjualan Kurma

Jual KurmaBuzzle

Ada yang bilang kurang pas, jika berbuka puasa tanpa hidangan kurma. Selain dijadikan untuk takjil buka puasa, kurma juga dijadikan sebagai hidangan tamu saat lebaran. Pasti banyak yang memburunya ni, tinggal kalian jual saja aneka varian kurma agar pembeli dapat memilih kurma yang mereka favoritkan dan kalian mendapat keuntungan yang lebih.

5. Berjualan Kue Labaran

jual kue lebaranNgalam

Rumah mana yang tidak ada kue waktu lebaran? Seseorang akan lebih banyak membeli kue kering sebagai oleh-oleh mudik ke kampung halaman, selain itu juga dapat disuguhkan kepada orang lain yang bertamu. Jika kalian suka memasak, inilah waktu yang tepat untuk menjual kue kering hasil kreasi kalian. Kalau tidak bisa masak bagaimana? Jangan khawatir, kalian masih bisa menjual kue kering hasil olahan keluarga atau teman kalian.

Kalian dapat menjualnya mulai dari teman-teman, apalagi jika kalian aktif dalam media sosial. Pasti bakal laris manis deh. Cobain!!

6. Jualan Baju

jual baju lebaranIndonetwork

Hmm, kalau yang ini? Sudah manjadi tradisi kali ya, setiap lebaran harus baju baru. Kalian dapat mencari baju dengan model bagus dan elegan di tempat grosiran untuk dijual kembali, terutama baju-baju muslim. Cari yang benar-benar harga murah, kalau bisa tangan pertama ya! Agar kalian dapat menjualnya dengan harga yang tidak terlalu mahal dan mendapatkan keuntungan yang lumayan.

Baca :  Pemerintah ingin Facebook Buka Kantor di Indonesia

Tawarkan saja jualanmu ke teman-teman atau lewat media sosial, jika sempat gunakan marketplace untuk memperluas jualan kalian. Semangat!

7. Jual Kartu Ucapan dan Parsel Lebaran

parsel lebaranDetik

Kartu ucapan memang sering dibagikan bersamaan dengan THR dan parsel lebaran, jadi kalau bisa kalian jualannya sepaket ya. Entah itu amplop dalam bentuk kartu ucapan atau kartu ucapan dalam parsel lebaran. Karena selain kue, baju lebaran, biasanya seseorang akan memberikan parsel lebaran kepada keluarga dan kerabat dekat.

Jika kamu punya bakat merangkai, tinggal beli saja bahan-bahan untuk parsel, sehingga kamu tinggal menyusunnya untuk dijadikan sebuah parsel. Gimana? Menarik kan!!

7 ide bisnis Ramadhan 2019 di atas saya kira sudah sangat cukup untuk kalian coba, sekarang tinggal mana yang ingin kalian pilih? Selamat mencoba dan semoga sukses menjadi sultan.