Media sosial memiliki peran sangat penting terutama untuk mengenalkan merek Anda secara luas. Semakin banyaknya media sosial bukan berarti menambah kesulitan dalam mengenalkan merek Anda, pastinya akan semakin banyak juga peluang yang kita miliki untuk lebih mengenalkan merek Anda dan dapat Anda tarik ke dalam suatu tujuan, misalkan menariknya ke dalam website ataupun menjadikan konversi secara langsung.

Jadi, bagaimana Anda dapat memanfaatkan pengenalan branding di berbagai media sosial? Bagaimana Anda dapat menarik pengunjung baru? Bagaimana Anda dapat menariknya ke dalam sebuah visitor website?

Silahkan simak artikel di bawah ini, saya akan menjelaskan 5 cara efektif branding di media sosial. Cara ini dapat memperoleh lebih banyak follower, engagement dan postingan Anda akan terlihat lebih berkualitas.

1. Memiliki Nama Brand yang Sama di Setiap Saluran

Konsisten merupakan langkah yang sangat penting dalam internet marketing, jika nama akun Anda berbeda-beda dalam sebuah sosial media itu akan membingungkan dan terkadang follower Anda tidak ingin mengetahui brand Anda secara lebih dalam.

Konsisten yang saya maksud bukan hanya dari nama sebuah brand dalam saluran, bisa jadi seperti beberapa hal berikut ini:

  • Kata-kata dalam tulisan Anda
  • Subjek dan topik pilihan
  • Warna branding
  • Slogan
  • Logo atau gambar profil
  • Tipografi dan font
  • Gaya visual (hitam dan putih, gambar latar, dll.)
  • Nama pengguna

Branding yang baik akan terlihat menginspirasi (Lebih diakui).

Pernahkah Anda melihat sebuah iklan dan tahu untuk siapa iklan itu? Bahkan sebelum Anda melihat logo atau nama merek tersebut. Merek besar membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk lebih diakui seperti itu, tetapi untuk merek yang lebih kecil, seperti halnya UKM dan blogger harus memulai dari suatu tempat.

Anda akan familier dengan salah satu marketplace ini, Bukalapak. Ia memahami pentingnya warna branding yang sama di setiap saluran yaitu merah hati. Slogan maupun iklan yang ditampilkan pasti memiliki topik yang berciri khas. Dan itu yang membuat merek lebih dikenal dengan cepat.

Baca :  Pemerintah ingin Facebook Buka Kantor di Indonesia

5 Cara Efektif Branding di Media Sosial

bukalapak twitter

Selain itu juga, setiap saluran sosial media Bukalapak akan menggunakan foto yang sama.

2. Gunakan Gambar untuk Membuat Postingan

Jika Anda mencari cara cepat dan mudah meningkatkan follower media sosial Anda, maka gunakanlah gambar.

Menurut riset BuzzSumo, postingan dengan gambar akan mendapat 2,3x lebih banyak keterlibatan di Facebook dan 1,5x lebih banyak retweet di Twitter.

Jadi, Anda harus menggunakan gambar yang tepat. Sesuaikan dengan tema brand yang Anda miliki. Misalkan Anda ingin membranding sebuah blog tentang otomotif, maka silahkan posting gambar yang berhubungan dengan kendaraan. Jangan malah memposting gambar kuliner.

Pemirsa yang datang kepada Anda pasti memiliki gaya berbeda-beda, Anda mungkin perlu beberapa waktu untuk menemukan gaya yang cocok, lakukan percobaan beberapa kali dengan berbagai jenis visual, fotografi artistik, selfie, meme, kata inspirasi, dll. Dan silahkan nilai sendiri mana yang paling disukai audiens target Anda.

Ada tips khusus untuk para blogger, tidak peduli seberapa bagus tulisan Anda. Percayalah, penggunaan gambar yang menarik saat artikel dibagikan itu akan membuat dampak yang besar (menentukan seseorang akan mengklik atau tidak). Gunakan featured image yang tepat sebelum membagikan artikel Anda.

Blogger makanan pasti akan memahami pentingnya sebuah gambar, tetapi ada yang berbeda pada Endang Indriani yaitu memberikan foto yang banyak dan lengkap dengan deskripsi makanan pada sebuah gambar, hal itu yang membuat berbeda dari blogger makanan lainnya.

Dia menambahkan langkah-langkah membuat makanan tersebut, belum lagi pengambilan foto yang terlihat sempurna sehingga membuat media sosialnya lebih menonjol dari para pecinta kuliner lainnya.

3. Masukkan “Sosial” di Media Sosial

Untuk para blogger, aspek interaktif dari media sosial mungkin sedikit tampak asing, blog lebih mirip dengan ceramah. Anda mengatakan dalam sebuah postingan dan hanya ada sesekali orang yang berkomentar.

Baca :  Mau Jadi Partner Lazada? Sebaiknya Pikir-pikir Dulu

Harusnya Anda lebih memanfaatkan interaktif dengan berbicara langsung dengan follower Anda, karena itu dapat mengembangkan ikatan yang lebih pribadi. Bahkan jika blog Anda mengungkapkan rahasia terdalam Anda, ada sesuatu tentang percakapan dua arah yang menyatukan orang-orang lain.

Bersosialisasi di media sosial memiliki tata cara tersendiri. Berikut ini beberapa metode yang sudah terbukti benar-benar dapat meningkatkan keterlibatan media sosial Anda:

  • Selalu menanggapi komentar, meskipun hanya untuk mengatakan “terima kasih.”
  • Komentari kiriman dari orang lain di komunitas Anda.
  • Ikuti hashtag yang populer di komunitas Anda untuk memahami jenis postingan yang paling disukai audiens Anda.
  • Repost dan bagikan dari anggota komunitas Anda yang lain.
  • Berpartisipasilah dalam acara dan kontes yang relevan untuk bertemu lebih banyak orang yang berpikiran sama.
  • Menghadiri pertemuan di kehidupan nyata untuk memperkuat ikatan.

ewing hd

Blogger dan vlogger yang mengulas Hantu Ewing HD memahami cara bersosial yang baik dengan para followernya, dia seringkali meminta pendapat kepada para followernya dan juga tidak malas dalam membalas komentar, sehingga para pengikutnya tidak pernah merasa seperti “pelanggan”.

Media sosial memang sebuah platform pemasaran yang hebat, akan tetapi ini bukan hanya masalah platform pemasaran saja. Jika Anda menggunakannya hanya untuk pemasaran, media itu akan menjadi bumerang. Karena orang-orang di media sosial mengharapkan interaksi manusia, bukan bot.

Apa yang kita maksud dengan “interaksi manusia”? Mulailah dengan menceritakan sesuatu, seperti yang hanya dilakukan oleh Ewing HD.

4. Apa Kisah/Cerita Merek Anda?

Apa yang Anda pikirkan ketika Anda memikirkan “TaniHub” Toko online petani lokal.

TaniHub menekankan para petani Indonesia dapat menikmati hasil yang adil dan setiap rumah tangga dapat menikmati produk pertanian lokal dengan harga terjangkau.

Mereka menceritakan merek melalui semangat perjuangan tani, sampai akhirnya banyak yang mengenal TaniHub dan kemarin juga sempat disebut oleh Jokowi dalam perdebatan calon presiden 2019.

Baca :  Memahami Istilah Pengertian CPC (Cost Per Click)

Gunakan cerita merek Anda sebagus mungkin, sehingga dapat menarik banyak follower baru. Jika Anda seorang pengarang cerita yang berbakat, gunakan strategi ini lebih ambisius lagi, seperti halnya memperpanjang cerita dari berbagai postingan untuk membuat pembaca kembali dan “mengaitkan” pengikut baru.

5. Gunakan Video

Saran ini untuk mengubah akun media sosial Anda yang awalnya biasa-biasa saja menjadi sesuatu yang lebih baik. Seperti membuat konten video yang bagus.

Video mendapatkan 1.200% lebih banyak bagian dari gabungan teks dan gambar pada media sosial. Jenis video yang Anda poskan dan bagikan akan tergantung lagi pada merek dan tujuan Anda.

Buat video yang menjelaskan tentang blog Anda baik untuk mengenalkan merek dan menarik follower baru. Jika Anda sudah memiliki pengikut media sosial yang solid, Anda akan mendapat manfaat lebih dari video yang lebih substansial, seperti panduan cara atau acara serial.

Jika Anda berasal dari latar blog, video mungkin terasa seperti konsep asing, apalagi saat menggunakan kamera, pasti akan membutuhkan cukup banyak pelatihan, apalagi menciptakan konten yang menarik dalam media baru.

Ada yang belum kenal dengan maell lee? Pasti Anda tidak asing lagi mendengar nama mereka. Setiap konten video yang mereka post pada akun sosial media mereka, pasti jutaan orang akan melihat.

Mengikuti tren pencitraan merek adalah perlu, akan tetapi jika strategi yang Anda gunakan tidak sesuai dengan kepribadian Anda sendiri, suatu saat akan terlihat. Lebih baik jujur pada diri sendiri, toh pada akhirnya media sosial adalah tentang komunitas bukan hanya sebagai media beriklan.