Saat ini olahraga sudah menjadi kegemaran banyak orang, terlihat dari keramaian saat acara car free day dan lomba lari yang ada diadakan di beberapa kota. Hal ini sangat bagus, bahwasanya seseorang sadar akan pentingnya menjaga kesehatan, ditambah lagi dengan kemunculan berbagai jenis perangkat wearable yang ada di Indonesia salah satunya smartwatch yang menambah stylish saat berolahraga.

Smartwatch ternyata memiliki banyak pilihan model dan berbagai merk terkenal salah satunya Fossil. Dengan banyaknya model smartwatch yang dapat digunakan untuk olahraga dengan berbagai macam fitur, kamu mungkin akan bingung memilih mana yang cocok untuk dibeli, belum lagi dengan desain yang perlu disesuaikan dengan penampilan kamu.

Untuk membantu menjawab persoalan tersebut, saya merekomendasikan produk terbaru dari Fossil yaitu Fossil Gen 5 Smartwatch jam tangan pintar dengan berbagai macam fitur dan desain terlihat lebih stylish sehingga kamu dapat merasakan keseimbangan antara lifestyle dengan peningkatan produktivitas sehari-hari.

Olahraga Lebih Oke Stylish dengan Fossil Gen 5 Smartwatch

Fossil generasi kelima ini mengeluarkan seri pertama kalinya dengan dua jenis smartwatch yang bernama Fossil Julianna HR dan Fossil Carlyle HR. Kedua versi smartwatch ini baik Julianna ataupun Carlyle memiliki perubahan yang cukup signifikan dari versi sebelumnya yaitu penggunaan chipset Qualcomm Snapdragon Wear 3100 platform terbaru dan Wear OS by Google.

Hardware dan Desain Fossil Gen 5 Smartwatch

Fossil Gen 5 memberikan tampilan yang bersih dengan bodi yang terbuat dari stainless steel sehingga terlihat lebih cantik, dengan casing berdiameter 44 mm nampak lebih besar pada pergelangan tangan, kemudian memiliki tebal casing 12 mm dan strap 22 mm yang dapat dilepas-pasang.

Hardware dan Desain Fossil Gen 5 Smartwtch

Penggunaan layar sentuh yang mana 1,3 incinya merupakan panel AMOLED dengan resolusi tinggi, memiliki kepadatan pixel senilai 328 ppi. Ada tiga pendorong yang dapat diprogram di sisi kanan. Fossil Gen 5 juga dibekali dengan ruang penyimpanan 8GB dan RAM 1GB di dalamnya.

Baca :  Indosat Ganti Nama Jadi Indosat Ooredoo

Pada bagian belakang smartwatch ada sensor detak jantung yang bisa kamu lacak menggunakan Google Fit, serta melacak kesehatan jantung menggunakan aplikasi Cardiogram.

Fossil Gen 5 smartwatch mempunyai swimproof speaker dan mic yang terintegrasi, artinya kamu bisa langsung mendengar suara dari smartwatch melalui mic dan speaker yang terinstall dalam Fossil Gen 5 Smartwatch, selain itu kamu juga dapat mendengar audible functionality dan respon termasuk alarm atau alert, respons Google Assitant yang menerjemahkan perintah, memainkan musik dari smartwatch, dan mengangkat telepon.

Fitur Fossil Gen 5 Smartwatch

 

fitur jam tangan fossil gen 5 smartwatch

Jam tangan pintar Fossil mempunyai desain baru dan sejumlah fitur menarik lainnya, beberapa dari fitur tersebut akan saya jelaskan di bawah ini.

Google Assistant

Penggunaan Google Assistant pada seri ini bisa dibilang lebih cepat dari sebelumnya, dengan Google Assistant kamu bisa menjawab panggilan telepon yang masuk ke ponsel tanpa perlu menggunakan headset dan juga bertanya sesuatu, membuka dan mendengarkan musik, melihat cuaca hari ini, sehingga keberadaan Google Assistant sangat membantu sekali untuk produktivitas kamu.

Daya Tahan Baterai

Jam pintar yang menggunakan Wear OS biasanya memiliki masalah besar pada daya tahan baterai, namun tidak pada Fossil Gen 5. Karena Fossil Gen 5 memiliki beberapa mode hemat baterai yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan yaitu Daily Mode, Extended Battery Mode, Custom Mode dan Time-Only Mode.

  • Daily Mode atau mode harian merupakan pengaturan default yang memiliki fitur sangat lengkap, tampilan yang selalu aktif, menghitung gerakan dan masih banyak lagi. Karena penggunaan fiturnya yang lengkap, maka kamu perlu mengisi daya setiap malam.
  • Extended Mode, dalam mode ini akan mematikan beberapa fitur yang tidak terlalu dibutuhkan seperti layar yang selalu aktif, speaker, wifi, lokasi, NFC, Tilt To Wake dan penggunaan Google Assistant. Mode ini secara otomatis akan mematikan koneksi Bluetooth jika kamu tertidur, dan bisa mengatur waktu yang biasanya secara default jam 10 malam hingga 6 pagi, penggunaan mode Extended bisa dibilang mode pintar. Jadi, kamu hanya perlu tiga hari sekali untuk pengisian daya.
  • Jika memiliki pilihan fitur tersendiri yang berguna untuk kamu, maka bisa mencoba menggunakan Custom Mode, kamu bisa mengaktifkan atau menonaktifkan fitur sesuai dengan kebutuhan. Untuk penggunaan daya baterai juga tergantung fitur apa saja yang kamu aktifkan.
  • Time-Only Mode memberikan fitur penggunaan smartwatch sebagai jam saja tanpa fitur apapun dan itu membuat smartwatch kamu terlihat tidak berguna selain untuk melihat jam, namun dapat digunakan hingga seminggu dalam sekali pengisian daya.
Baca :  MIUI 8 Resmi Dirilis, Banyak Fitur Menarik yang Perlu Anda Ketahui

Heart Rate Tracking

Heart Rate Tracking Fossil

Pada Fossil Gen 5 terdapat heart rate sensor yang ada pada bagian belakang. Sensor ini dapat terhubung dengan aplikasi di ponsel, seperti Google Fit dan Cardiogram yang dapat melacak kesehatan jantung kamu.

Melalui Q control yang tersedia, kamu dapat mengetahui informasi mengenai langkah yang diambil, jumlah kalory yang terbakar, tekanan darah, denyut jantung (kecepatan sepeda sensor).

GPS

Fossil Gen 5 Smartwatch memiliki fitur GPS yang dikombinasikan dengan kebutuhan lain pada satu jam tangan pintar, seperti menggabungkan olah raga dan GPS trackernya, yang menghasilkan report lacak jarak, kecepatan, dan tempat berlari tanpa harus membawa smartphone yang terkesan agak repot untuk menyimpannya.

Olahraga-Lebih-Stylish-dengan-Fossil-Gen-5-Smartwatch

Dengan fitur yang lengkap cocok sekali bagi kamu yang hobi olahraga dan tetap ingin terlihat stylish, Fossil Gen 5 Smartwatch memiliki dua jenis pilihan dan beberapa tali strap yang bisa kamu dapatkan di Urban Icon. Harga yang dibanderol juga cukup murah, kamu bisa membelinya dengan harga Rp5.165.000.