Daftar pustaka dapat diambil dari berbagai sumber media cetak diantaranya yaitu buku, majalah dan jurnal. Selain dari daftar media cetak tersebut daftar pustaka juga dapat diambil dari sumber media elektronik seperti halnya dari internet. Sebenarnya cara menulis daftar pustaka dari internet untuk saat ini belum memiliki standart baku penulisan, akan tetapi alangkah baiknya kalian dapat menuliskannya dengan baik, jelas dan dapat dipertanggungjawabkan.

Daftar pustaka adalah sebuah daftar yang berisi semua buku atau tulisan ilmiah yang menjadi referensi dalam melakukan penelitian. Jadi, jika kalian mempunyai keinginan menulis karya ilmiah, baik berupa artikel, makalah, atau presentasi, kalian wajib mencantumkan sumber pustaka penelitian kalian. Jika sumber rujukannya salah atau tidak ada, maka dapat disimpulkan karya ilmiah yang kalian buat adalah hoaks (tidak dapat dipercaya).

Perbedaan mendasar dalam mengambil daftar pustaka dari media cetak dan internet yaitu pada media internet atau website lebih mudah mengalami pergantian artikel/tulisan, lebih parahnya lagi jika website tersebut dihapus dari internet. Maka dari itu kalian perlu mengetahui cara menulis daftar pustaka dari internet untuk karya ilmiah.

Manfaat Membuat Daftar Pustaka

Membuat daftar pustaka memiliki banyak sekali manfaat, diantaranya yaitu:

  • Ucapan terima kasih penulis kepada pemberi referensi
  • Melacak kebenaran data yang diambil
  • Memenuhi etika penulisan
  • Pendukung ide seorang penulis
  • Membertahu pada halaman atau bagian data tersebut dituliskan.

Nah, setelah kalian tahu pengertian dan manfaat daftar pustaka, sekarang simak baik-baik ya cara penulisan daftar pustaka, yaitu menampilkan: Nama penulis, waktu (tanggal, bulan, tahun) penerbitan/posting, judul artikel, URL artikel lengkap, dan waktu akses dilakukan.

cara penulisan daftar pustaka dari internet

Contoh Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet

Berikut ini beberapa model dan contoh penulisan daftar pustaka dari internet berdasarkan beberapa sumber:

Baca :  Cara Bermain Mobile Legends dan Memilih Hero Terbaik

1. Model penulisan APA (American Psychological Association)

Nama website. Tanggal artikel dibuat. Judul artikel. Waktu mengakses, Url lengkap.

Ceritanjung. (2019, 31 Januari). Cara Live Streaming di Halaman Facebook. Diperoleh 13 Maret 2019, dari https://ceritanjung.com/cara-live-streaming-di-halaman-facebook/

2. Model penulisan MLA (Modern Language Association)

Judul artikel. Nama website. Tanggal artikel dibuat. Waktu mengakses. <Url lengkap>.

“Cara Live Streaming di Halaman Facebook.” Ceritanjung. 31 Januari 2019. Web. 13 Maret 2019. <https://ceritanjung.com/cara-live-streaming-di-halaman-facebook/>

3. Model penulisan MHRA (Modern Humanities Research Association)

Nama website, Judul artikel, Deskripsi Website, Tanggal artikel dibuat, <Url lengkap> [Waktu mengakses].

Ceritanjung, ‘Cara Live Streaming di Halaman Facebook’, Internet Marketing / Tutorial SEO WordPress, 31 Januari 2019, <https://ceritanjung.com/cara-live-streaming-di-halaman-facebook/> [diakses 13 Maret 2019]

4. Model penulisan Chicago

Nama website, Judul artikel, Deskripsi website, Url lengkap, Waktu mengakses.

Ceritanjung, “Cara Live Streaming di Halaman Facebook,” Internet Marketing / Tutorial SEO WordPress, https://ceritanjung.com/cara-live-streaming-di-halaman-facebook/ (diakses 13 Maret 2019).

5. Model penulisan CBE/CSE (Council of Science Editors)

Nama website, Judul artikel [Internet], Deskripsi website, Tanggal artikel dibuat, Jam mengakses, Url lengkap, [Waktu mengakses]. Url lengkap.

Ceritanjung. Cara Live Streaming di Halaman Facebook [Internet]. Internet Marketing / Tutorial SEO WordPress, 31 Januari 2019, 08:00 UTC [dikutip 13 Maret 2019]. Tersedia dari: https://ceritanjung.com/cara-live-streaming-di-halaman-facebook/.

6. Contoh model lain penulisan daftar pustaka dari internet

Ceritanjung, 2019, Cara Live Streaming di Halaman Facebook, [pdf], (https://ceritanjung.com/cara-live-streaming-di-halaman-facebook/ Cara Live Streaming di Halaman Facebook.pdf, diakses tanggal 13 Maret 2019)

Jika nama dan waktu penerbitan belum diketahui, bisa kalian ganti dengan “____” Yang penting judul artikel, URL (alamat artikel harus lengkap, tidak boleh homepage saja) serta waktu akses harus disebutkan. Jika perlu, kalian juga dapat menghubungi pemilik situs untuk meminta keterangan lebih jelas.

Seperti itulah cara menulis daftar pustaka dari internet yang dijelaskan dari berbagai sumber yang dapat kalian gunakan untuk membuat karya ilmiah, agar dapat melacak referensi kebenaran yang kalian buat.