Sebelum membahas cara menonaktifkan pingback di wordpress, saya akan menjelaskannya terlebih dahulu apa itu pingback? Pingback sama halnya dengan komentar yang dapat memberitahu Anda bahwa ada seseorang yang menautkan link ke blog Anda (Di dalam postingan atau halaman blog itu sendiri). Pingback dapat berguna dan juga dapat memberikan dampak buruk bagi website Anda.

Contoh Proses Pingback Terjadi

Seperti ini contoh dari pingback: si A menulis sebuah postingan di blognya sendiri dan si B juga menulis sebuah postingan di blognya sendiri, akan tetapi si B ingin menautkan link ke salah satu halaman pada blog si A. Di sini secara otomatis akan mengirimkan pingback dari blog si B ke blog si A dan si A berhak menerima atau menolak tautan tersebut.

Sekarang si A punya pilihan, apakah ingin menyetujui pingback atau tidak? Jika setuju, maka akan muncul di blog si A sebagai komentar dan komentar itu berbentuk judul postingan, kutipan singkat dan tautan ke postingan si B. Semoga Anda dapat memahami contohnya.

pingback internal

Pingback juga dapat menautkan link ke salah satu postingan Anda sendiri, jika Anda selesai menulis postingan dan memberikan pingback ke postingan lain. Ini biasanya disebut dengan pingback internal. Jika Anda memberikan persetujuan untuk membuat pingback pada postingan Anda, saya rasa itu bukan cara terbaik, karena akan ada banyak pingback yang ditampilkan di komentar dan ini sangat mengganggu sekali.

Seringkali, pingback juga digunakan untuk spam. Jika Anda melihat pingback yang mencurigakan sebaiknya jangan disetujui. Ada banyak perdebatan mengenai persetujuan pingback itu baik atau buruk untuk SEO, tetapi menurut saya menyetujui satu spam saja akan terlihat sangat buruk dan menyebalkan. Namun, banyak pingback yang benar-benar bernilai, kalau saya akan melihat dahulu situs yang membuat pingback, jika memang baik maka akan saya setujui.

Baca :  Strategi Pemasaran Online yang Paling Efektif

pingback spam

Untuk memoderasi pingback, Anda dapat mengunjungi halaman komentar di dashboard wordpress. Di sini Anda akan menemukan bahwa sebagian besar pingback adalah bentuk spam. Ini salah satu alasan yang membuat saya untuk menonaktifkan pingback.

Cara Menonaktifkan Pingback di WordPress

Jika Anda berkeinginan menonaktifkan pingback di wordpress secara otomatis maupun bersamaan, silahkan ikuti langkah berikut ini.

Cara Menonaktifkan Pingback di WordPress

  • Buka halaman Settings → Discussion
  • Hapus centangan:
    – Attempt to notify any blogs linked to from the article
    – Allow link notifications from other blogs (pingbacks and trackbacks) on new articles

Semua itu kembali lagi pada diri Anda sendiri, untuk mempertahankan pingback otomatis ataupun menonaktifkan pingback yang pasti Anda harus melihat terlebih dahulu bahwa pingback yang benar-benar bernilai bukan spam yang dapat memperburuk nilai website Anda di mesin pencarian Google.