Beberapa hari yang lalu iklan adsense saya tidak tampil diseluruh blog dengan keterangan penayangan iklan adsense dibatasi, sempat khawatir kena banned tapi sebelumnya saya tidak pernah melakukan kesalahan apapun yang disengaja, untuk itu saya akan memberikan tips cara mengatasi iklan adsense dibatasi.

Kenapa iklan adsense dibatasi

Ketika saya cek email yang terdaftar adsense ada keterangan “Penayang yang terhormat, Kami baru-baru ini mengidentifikasi masalah traffic tidak valid di akun AdSense Anda. Oleh karena itu, kami telah membatasi penayangan iklan di akun Anda. Kami akan secara otomatis meninjau dan memperbarui pembatasan ini sambil terus memantau traffic Anda.”

kenapa penayangan iklan adsense dibatasi

Kemudian saya cek akun adsense juga ada peringatan “Jumlah iklan yang dapat Anda tampilkan telah dibatasi. Buka Pusat kebijakan untuk melihat detailnya.” Setelah saya buka PUSAT KEBIJAKAN ada detail masalah yang dijelaskan yaitu karena masalah traffic tidak valid pada blog saya.

Kenapa iklan adsense dibatasi?

penayangan iklan adsense dibatasi

Seperti yang dijelaskan oleh Google sebelumnya yaitu terkait masalah traffic tidak valid sehingga penayangan iklan adsense dibatasi dan tidak dapat menampilkan iklan.

tips cara mengatasi iklan adsense dibatasi

Memang benar, sebelum iklan adsense dibatasi ada beberapa traffic blog saya yang melonjak drastis dan itu membuat rasio klik tayang (RKT) menjadi banyak dari biasanya, mungkin bisa terjadi karena artikelnya viral dan hal itu dideteksi oleh sistem Google “traffic tidak valid” atau klik iklan yang sengaja alias berlaku curang.

Sebenarnya masih ada banyak sekali terkait kenapa iklan adsense dibatasi, diantaranya yaitu:

  • Sengaja klik iklan sendiri
  • Menyuruh teman untuk klik iklan
  • Penggunaan software klik iklan otomatis

Jika Anda pernah melakukan hal di atas, maka segera hentikan agar akun adsense Anda tidak dinonaktifkan secara permanen. Namun, jika Anda tidak pernah melakukan hal di atas, tetapi akun adsense dibatasi. Jangan pernah khawatir saya akan memberikan tips cara mengatasi iklan adsense dibatasi.

Cara mengatasi iklan adsense dibatasi

Cara mengatasi iklan adsense dibatasi

Pada saat iklan adsense dibatasi, kita masih dapat membuka akun adsense tapi jangan kaget kalau tidak ada data aktifitas iklan yang tayang ataupun klik iklan pada blog atau website Anda, karena memang tidak ada iklan yang ditayangkan.

Meski iklan tidak tayang pada blog Anda, jangan berkecil hati dan frustasi sehingga menyebabkan malas menulis, hal itu malah dapat mengurangi pengunjung website Anda, seharusnya Anda lebih giat lagi untuk menulis dan membuktikan bahwa Anda benar-benar tidak melanggar kebijakan Google.

Cara mengatasi iklan adsense dibatasi sangatlah mudah, pastikan Anda benar-benar tidak melanggar kebijakan Google seperti yang saya jelaskan di atas, maka dari itu lakukan hal berikut ini:

1. Kurangi membagikan url blog ke Facebook

Jika Anda sebelumnya suka membagikan tulisan Anda ke Facebook, sebaiknya untuk mengurangi terlebih dahulu, agar pengunjung yang datang ke blog Anda benar-benar dari search engine Google.

Kalau terlalu sering membagikan di Facebook, biasanya akan terjadi lonjakan pengunjung yang terpaut jauh dari biasanya, misalkan rata-rata pengunjung blog 1.000 per hari, ketika dibagikan di Facebook dan artikel viral bisa menjadi 15.000 pengunjung per hari bahkan lebih. Hal itu bisa saja dideteksi oleh sistem Google traffic tidak valid.

2. Gunakan iklan adsense otomatis (ads.txt)

Jika sebelumnya Anda menggunakan penempatan iklan secara manual, sebaiknya menggunakan ikla secara otomatis. Biarkan sistem dari Google yang mengatur penempatan iklan pada blog Anda.

Banyak sekali manfaat menggunakan iklan adsense otomatis ini, salah satunya menghindari boom klik dan penempatan kode iklan di blog orang lain yang sengaja untuk merusak akun adsense Anda. Penempatan iklan google adsense secara otomatis juga dapat meningkatkan pendapatan Anda.

3. Patuhi kebijakan penayangan Google AdSense

Ada banyak sekali kebijakan penayangan Google AdSense, beberapa diantaranya yaitu konten ilegal, konten berbahaya atau menghina, konten yang menyesatkan atau phising dan masih banyak lagi yang bisa Anda baca sendiri.

Jika ada salah satu postingan Anda yang berisi hal tersebut, sebaiknya dihapus saja agar dapat mempercepat proses penayangan iklan adsense yang dibatasi dan iklan adsense Anda dapat aktif kembali menayangkan iklan.

4. Jangan berhenti untuk memposting artikel

Kadang kala kita merasa jengkel karena akun adsense dibatasi tanpa melanggar kebijakan Google, hal itu wajar saja karena kita seorang publisher, namun jangan mematahkan semangat untuk malas menulis atau membuat postingan, teruslah berkarya dengan tulisan Anda yang original.

Hal itu akan berdampak positif, bahwa blog Anda selalu update dan terurus. Selain itu juga dapat meningkatkan pengunjung jika Anda tetap menulis sesuatu yang bermanfaat.

Itulah beberapa tips dari saya cara mengatasi iklan adsense dibatasi, untuk proses penayangan iklan adsense kembali waktunya tidaklah sama, bisa satu minggu, dua minggu atau bahkan bisa sampai sebulan baru aktif kembali. Kebetulan iklan saya mulai aktif kembali selama kurang lebih satu bulan.

Oh ya, ada tambahan dari saya. Jika akun adsense Anda digunakan untuk menampilkan iklan pada blog lebih dari satu, periksa juga blog-blog tersebut apakah sesuai dengan kebijakan Google AdSense? Jika blog tersebut yang menyebabkan masalah traffic tidak valid, sebaiknya hapus dari akun Google AdSense Anda.

Info Penting:

Apakah akun adsense dibatasi dapat kembali normal?

Bisa, asalkan Anda benar-benar tidak melanggar kebijakan Google AdSense.

Berapa lama akun adsense dibatasi?

Setiap akun berbeda-beda, ada yang satu minggu hingga satu bulan.

Kenapa akun Google AdSense saya dibatasi?

Ada banyak sekali masalahnya, bisa jadi karena traffic tidak valid.

Apa yang harus saya lakukan jika akun adsense dibatasi?

Tetap menulis seperti biasanya dan pastikan tidak melanggar kebijakan Google AdSense.