Baru-baru ini akun WhatsApp salah satu teman saya terkena blokir sementara, alasannya sih karena teman saya menggunakan WhatsApp mod yaitu aplikasi tidak resmi yang dikelola oleh pihak ketiga, seperti apa sih WhatsApp mod itu? Ini merupakan salah satau contoh aplikasi WhatsApp mod yang populer: GBWhatsApp, WhatsApp Plus, YOWhatsApp dan MIWhatsApp.

Meski pihak WhatsApp sering melakukan update fitur terbaru, tetapi ada saja penggunanya yang kurang puas dengan fitur-fitur tersebut, sehingga membuat penggunanya ingin memakai aplikasi pihak ketiga tersebut.

Apa saja kelebihan WhatsApp mod?

  • Menyembunyikan status online
  • Menyembunyikan status saat mengetik
  • Menonaktifkan tanda baca pesan yang biasanya berubah menjadi warna biru setelah di baca
  • Menyembunyikan saat kalian melihat status yang dipublikasi oleh teman kontak
  • Dapat mengubah tema atau tampilan dengan berbagai macam pilihan tema menarik

Lalu kenapa pihak WhatsApp memblokir para pengguna aplikasi WhatsApp mod? Berikut ini penjelasan WhatsApp di halaman situs resminya:

“Jika Anda menerima pesan dalam aplikasi yang menyatakan bahwa akun Anda “Diblokir sementara” ini berarti Anda mungkin menggunakan versi WhatsApp yang tidak didukung dan bukan aplikasi WhatsApp resmi. Jika ini penyebabnya, Anda harus mengunduh aplikasi resmi untuk terus menggunakan WhatsApp”.

“Aplikasi yang tidak didukung, seperti WhatsApp Plus dan GB WhatsApp, adalah versi WhatsApp yang telah diubah. Aplikasi tidak resmi ini dikembangkan oleh pihak ketiga dan melanggar Ketentuan Layanan kami. WhatsApp tidak mendukung aplikasi pihak ketiga ini karena kami tidak dapat memvalidasi praktik keamanannya”.

Jadi, seperti itu alasan pihak WhatsApp memblokir para pengguna WhatsApp mod.

aplikasi whatsapp diblokir

Saat ini, WhatsApp sudah melakukan dua jenis pemblokiran yang pertama yaitu pemblokiran sementara kamu tidak akan bisa masuk ke WhatsApp selama waktu penalti (waktu pemblokiran sementara) ini biasanya peringatan untuk pertama kalinya dan yang kedua pemblokiran permanen kamu tidak akan bisa masuk WhatsApp dengan nomor yang sama, selama-lamanya ini sudah tidak ada ampun lagi biasanya karena sudah diperingati dan dihiraukan. Kamu disarankan membuat akun WhatsApp baru dengan nomor baru.

Baca :  Indosat Ganti Nama Jadi Indosat Ooredoo

Cara Mengatasi Akun WhatsApp yang Diblokir Sementara

Pengguna WhatsApp yang menggunaka aplikasi WhatsApp mod dihimbau untuk segera kembali mendownload dan menggunakan aplikasi WhatsApp resmi. Sebelumnya, pihak WhatsApp menyarankan para pengguna untuk melakukan pencadangan riwayat chat terlebih dahulu.

Berikut ini penjelasan WhatsApp mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan penggunanya jika terkena blokir akibat memakai GBWhatsApp dan WhatsApp Plus:

GB WhatsApp

Kami sarankan mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menyimpan dan mentransfer riwayat chat Anda. Kesalahan dalam mengikuti langkah-langkah tersebut dapat menyebabkan hilangnya riwayat chat. Harap diperhatikan bahwa kami tidak dapat menjamin langkah-langkah berikut akan mentransfer riwayat chat dengan sukses karena WhatsApp tidak mendukung aplikasi yang tidak resmi.

  • Tunggu hingga blokir sementara Anda berakhir. Penunjuk waktu akan memperlihatkan jangka waktu pemblokiran.
  • Di GB WhatsApp, ketuk Opsi lainnya > Chat > Cadangan chat.
    Buka Setelan Telepon > ketuk Penyimpanan > File.
  • Temukan folder GB WhatsApp kemudian ketuk dan tahan untuk memilih folder tersebut.
  • Di sudut kanan atas, ketuk Lainnya > Ubah nama dan ubah nama folder menjadi “WhatsApp”.
  • Buka Play Store dan unduh aplikasi WhatsApp resmi. Jika Anda tidak dapat mengakses Play Store, unduh aplikasi di sini.
  • Di WhatsApp, verifikasi nomor telepon Anda.
  • Pada layar Pencadangan, ketuk Pulihkan > Berikutnya.
  • WhatsApp akan dimuat beserta chat yang telah ada.

WhatsApp Plus

Jika riwayat chat Anda telah disimpan sebelumnya, riwayat tersebut akan ditransfer secara otomatis ke aplikasi WhatsApp resmi.

  • Buka Play Store dan unduh aplikasi WhatsApp. Jika Anda tidak dapat mengakses Play Store, unduh aplikasi di sini.
  • Verifikasi nomor telepon Anda.

Nah, itulah penjelasan mengenai aplikasi WhatsApp yang diblokir sementara dan cara mengatasinya. Segeralah untuk mengganti aplikasi WhatsApp mod ke resmi karena aplikasi WhatsApp mod tidak dapat diketahui keamanannya oleh pihak WhatsApp, jika terjadi penyadapan atau hal yang dirugikan pihak WhatsApp juga tidak bertanggung jawab.