Dengan teknologi saat ini untuk belanja sangat dimudahkan, apalagi hadirnya sistem COD di beberapa marketplace. COD merupakan singkatan dari Cash On Delivery yang berarti metode pembayaran secara langsung jika barang sudah sampai di rumah atau tujuan. Pembayaran diserahkan kepada kurir yang mengantarkan barang.

Banyak sekali keuntungan dari sistem COD terutama bagi pembeli, apa sajakah itu?

  • Tanpa repot melakukan pembayaran dengan transfer ATM.
  • Menghindari barang yang tidak sesuai pesanan.
  • Dan seenaknya membatalkan pesanan *(Nanti akan saya bahas di bawah).

Selain keuntungan bagi pembeli, ada juga keuntungan untuk penjual yaitu lebih banyak pesanan karena lebih dipercaya menggunakan sistem COD.

Dari semua kelebihan, pastinya akan ada kekurangan, untuk kekurangan sistem COD bagi pembeli saya kira 100% tidak ada. Nah, kalau untuk penjual ini yang menjadi perhatian, karenan banyak ruginya. Kenapa begitu?

Sistem COD, pembeli bisa menolak barang yang Anda kirim dengan alasan apapun, mungkin kalau alasan barang tidak sesuai atau rusak itu wajar yah harus dikirim balik, akan tetapi jika alasannya tidak jadi, tidak punya uang untuk membayar, malas menerima barang atau pembeli iseng-iseng pesan tapi tidak jadi itu bisa dilakukan oleh pihak pembeli, makanya tadi saya bilang “seenaknya membatalkan pesanan”.

Komplain shopee barang tidak sampai

komplain shopee

Saya baru saja mengalami hal ini, pada tanggal 11 Mei 2019 pertama kali saya menerima order dengan sistem COD di Shopee. Saya menerima dan mengirimkan barang, akan tetapi sesampainya di tempat tujuan pembeli menolaknya dengan alasan tidak jadi. Sempat kaget, kok bisa ya dengan alasan tidak jadi? Saya coba kirim email ke pihak Shopee pada tanggal 16 Mei 2019 karena di keterangan pengiriman barang dikembalikan dan pesanan dibatalkan.

Baca :  Kemeriahan Nobar Chelsea FC vs Manchester United di Maumu Hotel Surabaya

Saya menunggu 1 hari kemudian baru ada balasan, disuruh untuk menunggu 1-3 hari kerja dengan masalah seperti ini. Tetapi apa benar 1-3 hari kerja? Sampai saya posting seperti ini tidak ada balasan sama sekali. Bahkan setelah 7 hari saya menelfon ke customer service shopee dan dijanjikan untuk segera dikabarkan keberadaan barang tersebut. Sampai saat ini juga tidak ada kabar barang saya di mana dan baru-baru ini saya telfon kembali jawabannya masih sama dijanjikan lagi tetapi tidak ada kepastian barang tersebut ada dimana dan sampainya kapan.

Melihat kasus seperti ini, banyak kerugian yang dialami oleh penjual sebagai pengirim barang. Apa saja kerugian sistem COD bagi penjual?

  • Rugi packing dan kirim produk
  • Jika barang rawan rusak saat pengiriman balik tidak ada yang tanggung jawab, apalagi pihak shopee pun juga tidak ikut tanggung jawab
  • Kerugian stock barang yang tidak jelas, misalkan barang cuma ada satu dan sudah dikirim menggunakan sistem COD tetapi tidak jadi, sedangkan ada yang ingin membeli dan sudah kita jawab kosong
  • Barang terlalu lama dipengiriman bolak-balik

Mulai dari itu, saya menolak untuk menggunakan sistem COD, apalagi komplain ke customer service shopee yang lama balasnya dan menghabiskan pulsa karena kalau pakai email pasti 1 minggu kemudian baru dibalas. Nah, jadi kalian sebagai penjual perlu hati-hati dalam menggunakan sistem COD kalau sudah menerima resikonya ya silahkan pakai sistem COD.