Banyak produsen yang sudah siap untuk menghadapai era revolusi ini, akan tetapi tidak sedikit yang kurang memahami tentang industri 4.0, bagaimana prosesnya, teknologi dan strategi apa yang perlu digunakan dan kapan waktu yang tepat untuk melakukannya, bahkan ada juga yang masih percaya bahwa industri 4.0 hanyalah tentang IT saja.

Industri 4.0 sangat erat kaitannya dengan transformasi menuju perbaikan dengan mengintegrasikan dunia online dan lini produksi di bidang industri, semua proses produksi dikombinasikan dengan sistem fisik cyber, Internet of Things (IoT), cloud computing dan Internet of Systems agar industri 4.0 dapat berjalan dengan baik.

Industri 4.0 lebih mengacu pada “pabrik pintar” yang mana sistem memantau proses kemudian membuat sebuah keputusan yang terdesentralisasi. Sistem berkomunikasi dan saling bekerja sama satu sama lain mengarah ke era digital terbaru digitalisasi dan konektivitas dalam semua aspek bisnis, termasuk bagaimana kegiatan pemasaran digital direncanakan dan diimplementasikan itu harus dipertimbangkan lebih mendalam.

Salah satu faktor terbesar yang sering ditinggalkan oleh perusahaan manufaktur adalah dampak digital marketing dan menciptakan strategi digital agar dapat membantu bisnis mereka ke tingkat berikutnya di era industri baru.

Apa manfaat dari otomatisasi pemasaran?

Salah satu aspek yang biasa tertinggal dari revolusi digital ini adalah pemasaran. Digital marketing dan otomatisasi pemasaran merupakan bagian dasar dari bisnis, yang mana dapat membantu mendapatkan pelanggan baru, terhubung dengan pelanggan yang sudah ada, membantu memahami apa yang mereka inginkan dan memberikan pengalaman terbaik. Saatnya Anda melakukan konektivitas dan digitalisasi untuk mengoptimalkan dan mengotomatisasi pemasaran, sehingga dapat bergerak lebih cepat dan memeriksa pesaing Anda di masa depan.

Ada banyak bisnis manufaktur yang sudah memanfaatkan digital marketing, tetapi masih ada juga yang hanya melakukan sedikit, bahkan ada yang tidak pernah sama sekali atau masih mengandalkan sarana offline. Sebagai contoh masih sangat bergantung pada pameran produk atau media cetak, mungkin mereka kurang memahami digital marketing, padahal Anda dapat mendapatkannya jauh lebih murah dan jauh lebih efektif dari pemasaran offline.

Dari semua itu bukan berarti Anda harus menghentikan semua aktivitas pemasaran offline, karena digital marketing paling baik digunakan bersamaan dengan strategi apa pun yang saat ini Anda gunakan dan dapat menambah aktivitas pemasaran yang lain. Gunakan susunan strategi digital yang memanfaatkan aktivitas offline Anda, sehingga dapat mengubahnya menjadi penjualan. Contoh: Memberikan sebuah brosur, pada brosur tersebut terdapat alamat website Anda dan mendapatkan cashback ataupun promo menarik jika ada pembeli melalui web tersebut.

Otomatisasi pemasaran dapat memberi Anda visibilitas pada apa saja yang dilakukan pembeli di situs Anda, dan apa yang mereka lakukan pada berbagai tahap pemasaran. Otomatisasi pemasaran juga dapat mengetahui dan mengukur secara tepat lewat pemasaran mana saja yang membantu Anda menghasilkan pendapatan, sehingga Anda dapat fokus pada hal ini dan mengabaikan pemasaran yang tidak berkontribusi pada bisnis Anda secara efektif. Lebih tepatnya Anda dapat membuat keputusan berbasis data mengikuti perkembangan pasar, dan mengukur sejauh mana upaya pemasaran digital Anda.

Strategi Digital Marketing di Era Revolusi Industri 4 0

Manfaat utama otomatisasi pemasaran dalam industri 4.0 adalah:

  • Mengarahkan pengunjung situs untuk membeli berdasarkan keinginan (Pembeli sudah berniat ingin membeli)
  • Menjangkau setiap pelanggan dengan pesan khusus otomatis
  • Menampilkan aktivitas pemasaran dan penjualan dalam satu platform
  • Meningkatkan penjualan dan pendapatan online melalui penargetan pemasaran dan peningkatan proses penjualan
  • Mengetahui waktu terbaik untuk menjangkau pelanggan baru dan pelanggan saat ini
  • Melihat kinerja pemasaran dan penjualan
  • Menghilangkan tugas-tugas kasar yang dapat dilakukan melalui otomatisasi
  • Saling terhubung anatara tim pemasaran dan penjualan maupun individu.

Faktor apa yang diperlukan untuk strategi digital marketing?

Anda dapat menggunakan strategi Digital Marketing Industri 4.0 sebagai berikut:

  1. Website adalah pusat dari merek atau brand Anda. Pastikan Anda sudah mengoptimalkan website untuk menghasilkan konversi sebanyak mungkin dengan ajakan untuk mengunduh konten tertentu, membeli sebuah produk atau menghubungi Anda. Gunakan pengisian formulir secara sederhana agar dapat menarik pengunjung untuk mengisinya. Untuk membeli Domain dan Hosting Terbaik saya mempercayakan Niagahoster, karena saya sendiri sudah 7 tahun menggunakannya dan sampai saat ini.
  2. Buatlah sebuah landing page yang baik untuk mendapatkan konversi. Bisa berasal dari iklan tertentu, seperti email atau iklan PPC, fokuskan hanya untuk menghasilkan konversi.
  3. Email otomatis membantu mengarahkan menuju halaman tertentu. Buat penawaran khusus ataupun konten untuk mendorong penjualan dan mengirimkannya secara otomatis melalui email. Jangan lupa menaruh kontak atau membuat penawaran email lain apa pun itu agar mereka tetap berada dalam lingkaran apa yang Anda tawarkan.
  4. Media sosial sering diabaikan dalam industri tertentu, hal itu dianggap tidak efektif untuk tujuan B2B. Namun, Anda tahu LinkedIn? Itu dapat sangat efektif untuk B2B dan bahkan platform seperti Facebook pun bisa efektif. Jadi lebih baik pertahankan media sosial tertentu yang dirasa masih relevan.
  5. Periklanan PPC (Pay-Per-Click) sudah hampir menjadi kebutuhan periklanan saat ini. Apakah Anda memilih untuk Iklan di Google Ads? Iklan Facebook Ads? Atau iklan media sosial lainnya? Pasang iklan di mana saja untuk menemukan audiens Anda. Jangan sampai pesaing Anda memasang iklan dan Anda tidak mengikutinya. Misalnya iklan Google Ads memungkinkan produk atau layanan Anda ditemukan di bagian atas hasil pencarian Google.

Bagian terbaik digital marketing adalah semua hal dapat terukur. Jadi, akan selalu tahu ROI pemasaran dan dapat menganggarkan dengan cara yang lebih proaktif.