Di tahun 2020 ini apakah kamu sudah memilih plugin SEO terbaik untuk Anda gunakan? Dan plugin SEO terbaik apa saja yang akan Anda gunakan? Saya menyarankan Anda untuk mencoba plugin Rank Math, karena plugin ini sangat cocok menjadi pilihan plugin SEO terbaik untuk WordPress saat ini.

SEO sudah menjadi langkah penting bagi kamu yang ingin mendapatkan peringkat pertama pada search engine baik itu Google, Bing ataupun Yandex. Berbagai macam algoritma Google berubah setiap bulannya dan Anda dituntut untuk memahami hal itu jika ingin mendapatkan peringkat pertama pada mesin pencarian.

Daftar Pilihan Plugin SEO Terbaik

Pilihan Plugin SEO Terbaik

Untuk memahami algoritma Google terbaru tentu saya harus menggunakan bantuan plugin SEO, sudah berbagai macam plugin SEO yang saya gunakan, diantaranya yaitu:

  1. All in One SEO Pack
  2. Yoast SEO
  3. Premium SEO Pack yang kini hanya dijual di Codecanyon
  4. SEO Ultimate
  5. dan terakhir saya memilih Rank Math SEO

Semua plugin SEO yang saya sebutkan di atas sangat direkomendasikan oleh para pemain SEO, namun dari pilihan tersebut pasti memiliki kelebihan tersendiri, misalkan tampilan mudah digunakan, gratis dan yang pasti support system harus bagus.

Jika Anda memilih plugin SEO terbaik, pastikan plugin yang Anda gunakan selalu update terbaru karena hal itu juga menyesuaikan dengan perkembangan algoritma Google, jika plugin yang Anda gunakan jarang update bahkan tidak pernah update segera hapus dari WordPress Anda.

Kenapa Memilih Rank Math SEO?

Awal mula saya mengetahui Rank Math SEO melalui channel youtube Ahrefs dengan judul “The Best WordPress SEO Plugins in 2019 (It’s Not Yoast)”. Betapa mengejutkan saya waktu itu kalau pilihan SEO terbaik 2019 bukan Yoast, padahal menurut saya ya Yoast itu sudah paling bagus dari ratusan plugin SEO yang ada di WordPress.

Ternyata masih ada saja yang lebih bagus dari Yoast yaitu Rank Math dan jujur saya baru mengetahui hal itu sebulan yang lalu. Akhirnya saya penasaran untuk mencari plugin Rank Math pada dashboard WordPress, sebelum saya menginstall plugin tersebut saya melihat ada sebuah Group Facebook Rank Math dan akhirya saya bergabung disana.

Group Facebook Rank Math SEO

Di Group Facebook tersebut, Anda bisa tanya apa saja tentang SEO dan pastinya akan di jawab langsung oleh admin Rank Math dan orang-orang yang ada di group, jika hal itu berkaitan dengan SEO dan plugin Rank Math.

Dari sini saya langsung tertarik untuk install plugin Rank Math dan mencoba beberapa fitur yang dimiliki. Berikut ini alasan saya memilih plugin Rank Math dari pada plugin SEO lainnya seperti Yoast dan All in One SEO Pack.

  1. Rank Math plugin SEO gratis
  2. Rank Math memberikan support system hingga dikusi grup
  3. Fitur Rank Math tidak kalah bagus dengan SEO berbayar seperti Yoast
  4. Premium dan All in One SEO Pack Pro Version

Kelebihan Rank Math Menjadi Pilihan Plugin SEO Terbaik 2020

Kalau Anda sebelumnya pengguna plugin Yoast dan All in One SEO Pack, silahkan import pengaturannya ke plugin Rank Math dengan mudah dan Anda tinggal mengatur beberapa pengaturan tambahan yang diperlukan.

Tampilan utama “Simple Setup Wizard” saat menginstall dan aktivasi Rank Math sangat mudah digunakan sama halnya dengan Yoast SEO. Perbedaannya terletak pada desain tampilan User Interface Rank Math memiliki tampilan yang lebih bagus untuk proses setting plugin.

Saya memiliki patokan SEO terbaik pada Yoast, jadi saya akan lebih sering membandingkan Rank Math dengan plugin Yoast, karena plugin All in One SEO Pack memiliki tampilan sangat sederhana, namun bukan berarti tidak baik melainkan ada yang kurang menurut pandangan saya, bisa dibilang terlalu simpel dan direkomendasikan bagi orang awam tentang SEO.

ukuran plugin Yoast SEO dan Rank Math

Plugin Yoast maupun All in One SEO Pack memiliki fitur gratis dan juga berbayar, jika Anda ingin menggunakan fitur yang lebih bisa melakukan upgrade ke premium, seperti plugin Yoast memiliki banyak jenis ada Yoast Premium, Local SEO, WooCommerce SEO, hal itu dapat memiliki ukuran plugin yang lebih besar.

Sedangkan Rank Math sepenuhnya gratis fitur yang dimiliki juga sangat lengkap hanya satu plugin namun memiliki banyak fitur dan dapat digunakan pada Local SEO dan WooCommerce SEO.

Untuk cara setting Rank Math dan perbandingan fitur lainnya secara lebih lengkap antara plugin Rank Math vs Yoast SEO nanti akan saya bahas pada artikel selanjutnya supaya lebih detail mengenai fitur-fitur yang dimiliki.

Saat ini saya menyimpulkan bahwa Rank Math menjadi pilihan plugin SEO terbaik 2020 untuk WordPress, jika melihat dari segi efisiensi biaya gratis, fitur yang dimiliki sudah sangat lengkap dan support system mudah.

Jadi, Rank Math bisa menjadi solusi alternatif dari plugin Yoast SEO dan All in One SEO Pack, namun yang benar-benar terbaik adalah yang memberikan banyak fitur secara gratis.

Tertarik untuk menggunakan Rank Math SEO? Anda dapat mencobanya terlebih dahulu sebelum menginstall plugin tersebut melalui demo yang disediakan oleh Rank Math disini.