Membuat sebuah website bisa dibilang susah-susah gampang untuk yang baru pertama kalinya, apalagi menggunakan CMS WordPress. Hal yang paling susah yaitu saat mengatur halaman home page, ketika kita ingin membuat website dengan tampilan yang menarik, maka dari itu perlunya menggunakan bantuan plugin page builder WordPress terbaik.

Apa Manfaat Plugin Page Builder dalam WordPress?

Plugin page builder akan membantu Anda dalam membuat, mengedit dan menyesuaikan tata letak website tanpa menggunakan kode pemrograman (html atau css), jadi tinggal menyeret dan melepas sebuah modul yang disediakan oleh page builder, bahasa umumnya disebut dengan drag and drop.

Banyak seseorang pemula yang merasa bingung ketika membuat website menggunakan WordPress, mungkin karena mereka sebelumnya menggunakan blogspot, weebly atau wix dan pindah ke WordPress.

Alih-alih ingin membuat website dengan tampilan yang menarik maka dibelilah tema premium dan tanpa disadari tema yang dibeli tidak ada page buildernya. Jadi harus menggunakan kode html/css.

Jadi, jika Anda membeli sebuah tema WordPress premium, pastikan sudah ada page buildernya, kecuali jika memang Anda sudah faham dengan bahasa coding atau gunakan tema gratis ditambah dengan plugin page builder.

5 Plugin Page Builder WordPress Terbaik

Berikut ini 5 daftar plugin page builder terbaik yang dapat Anda gunakan dalam membuat atau mengedit tata letak halaman.

1. The Divi Builder Plugin

divi page builder

Divi adalah sebuah tema berbayar yang banyak digunakan oleh seseorang karena menyediakan fitur plugin page builder “drag and drop”. Selain itu Divi juga dilengkapi dengan 25+ contoh tata letak atau template yang siap digunakan untuk berbagai jenis website.

Anda dapat dengan mudah mengedit sebuah halaman dengan tampilan pratinjau secara langsung ketika mengedit halaman, jadi tidak perlu menyimpan dan mengklik pratinjau untuk melihat hasil desain Anda.

Baca :  Cara Mudah Memasang Komentar Disqus di Wordpress

Ada sekitar 46 modul konten yang dapat Anda gunakan dengan menyeret dan melepas di mana saja pada bagian tata letak. Dengan Divi Anda bisa membuat halaman dengan hitungan menit dan menyimpannya untuk digunakan pada lain waktu, selain itu Anda juga dapat mengekspor tata letak dari pemasangan Divi yang lain.

Sebenarnya plugin Divi builder digunakan beserta dengan tema yang disediakan, akan tetapi dapat juga digunakan di tema WordPress lainnya. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau, mulai dari $89 per tahun.

2. Elementor

elementor page builder

Elementor adalah salah satu plugin page builder drag and drop yang juga banyak digunakan oleh seseorang karena memiliki versi gratis. Anda dapat membuat halaman dan mengedit secara langsung dengan Elementor, langkah pertama cukup dengan membuat bagian dan memilih jumlah kolom untuk setiap bagian.

Kemudian tinggal menarik sebuah widget pada kiri halaman dan melepaskannya pada bagian tata letak. Ada banyak widget yang disediakan oleh plugin Elementor, mulai dari slider, testimonial, ikon, media sosial, tab, header, dll. Setiap widget memiliki pengaturan sendiri.

Selain itu Elementor juga memberikan template yang siap Anda pakai, tinggal mengedit tulisan atau menambah bagian yang mana kemudian menyimpannya, jadi sangat simpel sekali jika Anda menggunakan plugin ini. Anda juga dapat menggabungkan dengan widget plugin lain ketika mengedit sebuah tata letak. Untuk harga yang ditawarkan mulai dari $49 untuk lisensi satu website.

3. Visual Composer Website Builder

visual composer page builder

Visual Composer bisa dibilang plugin page builder yang sangat lengkap dan detail. Untuk urusan fungsi hampir sama dengan page builder lainnya dan ada sedikit yang membedakan yaitu mengedit logo, menu, header, footer, sidebar dan menambahkan latar belakang dengan beberapa gaya seperti (paralaks, gradien, tampilan slide, zoom ini/out, video, dll).

Baca :  Jasa Pembuatan Website dan Toko Online di Gresik

Visual Composer sangat cocok untuk Anda yang sudah cukup profesional dalam pembuatan WordPress. Page builder ini juga dapat digunakan pada tema WordPress lain dan juga sangat mendukung editor Gutenberg, Google Font dan SEO Yoast. Harga yang ditawarkan mulai dari $59 untuk satu lisensi website.

4. Beaver Builder

Beaver Builder

Beaver Builder adalah page builder premium untuk WordPress yang mudah digunakan, karena dilengkapi dengan panduan penggunaan secara detail. Untuk menggunakannya Anda tinggal menyeret sebuah elemen dari kanan halaman ke bagian tata letak.

Tersedia modul untuk menambahkan slider, latar belakang, blok konten, tombol, dll. Selain itu Beaver sudah menyediakan 30 template yang siap untuk digunakan, sehingga Anda dapat lebih mudah membuat sebuah tata letak website yang menarik.

Beaver juga sangat mendukung editor Gutenberg, sehingga akan selalu diperbarui setiap kali ada update pada editor Gutenberg. Untuk harga mulai dari $99 lisensi tidak terbatas.

5. SiteOrigin

SiteOrigin page builder

Pilihan yang terakhir ada SiteOrigin. Page builder ini juga cukup banyak digunakan karena gratis. Meski agak rumit penggunaannya tetapi SiteOrigin sangat membantu untuk mengedit tata letak, jika Anda pertama kali menggunakan perlu untuk menyesuaikan terlebih dahulu.

Anda tidak perlu cemas jika ada yang salah dalam mengedit tata letak, karena ada fitur mengembalikan dan membatalkan perubahan. Untuk komponen lain Anda dapat menggunakan widget WordPress. Selain itu SiteOrigin juga kompatibel dengan Gutenberg, karena plugin ini gratis maka Anda tidak perlu membayar.

Nah, itulah 5 plugin page builder yang bisa Anda gunakan sebagai referensi jika Anda ingin membuat sebuah tata letak halaman dengan mudah dan menarik banyak pengunjung.

Cukup dengan drag and drop sebuah widget jadilah website yang bagus tanpa lama-lama coding. Apalagi jika Anda masih baru pertama kali menggunakan WordPress, mulailah dari yang versi gratis terlebih dahulu.

Baca :  Cara Membuat Postingan dan Halaman Baru di WordPress