Perbedaan Layanan Transfer LLG dan RTGS – Sebenarnya saya sudah mempunyai internet banking BCA dan BNI, akan tetapi pada saat itu ada keperluan jual beli online dimana si penjual hanya mempunyai rekening Mandiri akhirnya saya coba pakai internet banking di www.klikbca.com, kemudian saya melihat ada beberapa menu pilihan transfer LLG dan RTGS waktu itu saya belum mengerti apa itu LLG dan RTGS, dari pada nanti bermasalah karena juga buru-buru langsung saja saya berangkat ke Bank Mandiri dan ternyata urusannya ribet juga, pakai KTP segala untungnya bawa, kemudian besoknya lagi ada transaksi ke Mandiri lagi karena saya tidak menyukai hal yang rumit maka pilih untuk menggunakan internet banking saja, untuk pilihan LLG dan RTGS saya coba pilih LLG karena check pointnya disarankan menggunakan LLG, akhirnya sehari baru sampai ke rekening penerima deh dan bersyukur aja udah sampai.

Perbedaan Layanan Transfer LLG dan RTGS

Setelah itu saya baru merasa penasaran mengenai transfer LLG dan RTGS, kebetulan ada teman saya yang bekerja di BCA jadi bisa lebih enak untuk menanyakan hal ini, lumayan juga untuk menggunakannya dirumah melalui internet tanpa pergi ke ATM belum lagi bayar parkirnya. 😀

Okelah, setelah itu apa sih penjelasannya dan perbedaan dari layanan transfer LLG dan RTGS dalam internet banking? Berikut ini penjelasannya:

Apa itu LLG?

LLG yaitu Lalu Lintas Giro, dimana mekanisme transfer antar bank dengan menggunakan fasilitas kliring, biasanya dikenakan biaya Rp. 5.000, ketika Anda menggunakan layanan transfer LLG statusnya akan menjadi pending dan jangan khawatir nanti juga akan terkirim dengan sendirinya sekitar 1-2 hari.

Apa itu RTGS?

RTGS adalah Real Time Gross Settlement, dimana mekanisme transfer antar bank secara real time, sehingga dana yang ditransfer dapat langsung ke rekening penerima, jika Anda ingin cepat-cepat supaya dananya masuk ke rekening di sarankan memakai layanan RTGS tetapi jangan lupa juga biaya yang dikenakan untuk layanan ini sebesar Rp. 20.000.

Jika Anda ingin memakai layanan transfer LLG dan RTGS saya sarankan supaya menggunakannya pada hari aktif saja karena masih membutuhkan bantuan kliring dari pihak BI (Bank Indonesia), jika hari libur prosesnya akan memakan waktu lebih lama.

Informasi Tambahan:

transfer online antar bank

Ternyata menggunakan internet banking BNI, CIMB Niaga dan Mandiri sudah support ‘transfer online’ antar bank, untuk menggunakan layanan transfer online akan dikenakan biaya seperti menggunakan ATM bersama yaitu 6.500 dan bisa langsung sampai ke penerima tanpa menunggu lama.