Pengertian dan Sejarah Website – Situs Portal atau yang biasa disebut dengan website yaitu himpunan dari halaman-halaman web, yang terangkum dalam suatu domain atau subdomain, yang tempatnya ada didalam World Wide Web (WWW) didalam Internet.

Suatu halaman website pada umumnya berbentuk dokumen yang ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language), yang dapat dibuka lewat HTTP, yakni suatu protokol yang memberikan informasi dari server situs untuk dipertunjukkan pada beberapa pengguna lewat web browser.

Pengertian website atau situs merupakan himpunan halaman yang menghadirkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, nada, video serta paduan dari semuanya, baik yang berbentuk statis ataupun dinamis yang membuat satu rangkaian bangunan yang saling berintegrasi di mana masing-masing dikaitkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).

Sejarah WWW atau World Wide Web

Sejarah Website atau WWW (World Wide Web) yaitu suatu program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee sekitar pada tahun 1991. Awal mulanya Berners-Lee berkeinginan menemukan langkah untuk membuat arsip-arsip risetnya.

Karenanya, dia meningkatkan suatu system untuk kepentingan pribadi. System itu yaitu program peranti lunak yang dinamakan Equire. Dengan program itu, Berners-Lee sukses membuat jaringan pada beragam arsip hingga mempermudah informasi yang diperlukan.

Inilah yang kemudian menjadi awal dari suatu revolusi yang di kenal juga sebagai situs. WWW di kembangkan pertama kalinya di Pusat Riset Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss.

Pada tahun 1989 Berners-lee membuat proposal untuk proyek pembuatan hypertext dengan cara global, kemudian pada bulan Oktober 1990, ‘World Wide Web‘ sudah dapat digerakkan dalam lingkungan CERN.

Pada musim panas tahun 1991, WWW resmi dipakai dengan cara luas pada jaringan Internet. Nah, jadi seperti itu perjalanan singat mengenai pengertian website atau WWW ini.

Layanan yang ada yaitu seperti search engine, berita, pooling, beragam jenis rubrik serta sarana seperti SMS dan chat room. Yang berbentuk personal dan dapat berbentuk personal diary serta kalender, akun e-mail bahkan juga personal situs.

Situs Portal vertical bahkan juga dapat berbentuk eksklusif serta hanya menghadirkan informasi yang dikehendaki komunitasnya. Umpamanya web yang berbentuk religius seperti scientology, tetapi mungkin demikian sebaliknya berbentuk terbuka walau mengulas hal khusus seperti toko buku amazon, jadi seperti itu mengenai sejarah website yang perlu Anda ketahui.

Baca juga : Pengertian dan Manfaat Email

Jenis-jenis Website:

Menurut garis besar website dapat dikelompokkan menjadi 3 jenis yaitu:

  1. Web Statis
  2. Web Dinamis
  3. Web Interaktif

Pengertian Web Statis adalah website yang memiliki halaman tidak berubah. Yaitu untuk melakukan pergantian disuatu halaman dilakukan dengan cara manual dengan mengedit code sebagai struktur dari web itu.

Pengertian Web Dinamis adalah website yang secara terstruktur diperuntukan untuk update sesering mungkin. Umumnya selain yang paling penting dapat dibuka oleh user biasa, juga sudah disiapkan halaman backend untuk mengedit content dari situs. Misalnya yaitu web portal berita atau situs portal yang didalamnya ada sarana berita, polling, dsb.

Pengertian Web Interaktif adalah website yang sekarang ini sangat booming. Salah satu contoh web interaktif yaitu situs (blog) serta forum. Di situs ini user dapat berhubungan serta beradu pendapat tentang pemikiran mereka. Umumnya situs seperti ini mempunyai moderator untuk mengatur agar tema yang diperbincangkan tidak keluar jalur.

Kelengkapan sarana Web Portal dapat membuat ketergantungan untuk pengunjung supaya selalu ingin datang ke website itu. Makin lama mereka bakal tertarik untuk jadi anggota serta menjadikan portal itu halaman pertama setiap saat buka Internet browsernya.

Portal di bangun juga sebagai one stop services untuk pengunjung. Sehingga orang menjadi suka menelusuri setiap isi web baik berupa artikel, gambar atau video lantaran semua yang diperlukan sudah ada disana dan tak perlu menjelajah ke tempat lain. Pada titik ini, pengunjung bisa disebut sudah masuk ke forum itu.

Tujuan web portal yaitu membangun forum dengan cara mengikat pengunjung secara suka rela ke beragam layanan yang disediakannya. Jika idensitas forum sudah cukup tinggi, pengelola Situs portal mempunyai cara pendataan dengan cara statistik hingga mereka bisa mengetahui profil pengunjung serta membaginya dalam beragam grup.

Mereka akan membuat prediksi berdasarkan pada beragam pola kunjungan hingga tahu dengan pasti layanan apa yang paling diminati.

Dengan forum serta data statistik yang dipunyainya itu, pengelola website dapat menjual space website serta layanan yang dipunyainya pada beberapa pemasar beragam product yang sesuai sama forum portal itu.

Banyak Situs portal didirikan oleh satu konsorsium usaha yang memanglah mempunyai ketertarikan untuk melakukan pemasaran lewat website. Suatu Situs portal dapat menjadi tempat perdagangan, sejenis trading house.

Manfaat website

Sebagian pendapat mendasar atau paling terpenting kenapa perusahaan bahkan juga individu membuat atau mau mempunyai suatu situs atau website internet, salah satunya yaitu :

  • Memperluas jangkauan promosi, dengan mempunyai situs product kita semakin banyak di kenal masyarakat bahkan hingga ke manca negera.
  • Product yang dapat di tawarkan lewat situs dapat berbentuk product barang ataupun layanan.
  • Dengan luasnya promosi secara otomatis akan meningkatkan penjualan perusahaan kita.
  • Media tanpa ada batas, internet yaitu media informasi yang tanpa ada batas.
  • Dengan mempunyai situs berarti kita sama juga mempunyai karyawan yang mempromosikan product kita sepanjang 24 jam satu hari serta 7 hari satu minggu. Maksudnya situs kita bakal memberikan informasi pada calon konsumen sepanjang 24 jam non stop.
  • Internet dapat dibuka oleh semua orang di seluruh dunia (unlimited user access).
  • Promosi terluas, internet yaitu media promosi terluas bila dipandang dari kacamata jangkauan atau cakupan ruang (unlimited scopt of areas).
  • Media pengenalan perusahaan. Bila kita barusan membangun perusahaan atau barusan meluncurkan suatu product, websitelah sebagai pemecahannya. Mengapa demikian? Karena memiliki website kita lebih cepat memperkenalkan perusahaan kita serta lebih mendekatkan perusahaan ke pelanggan. Hal semacam ini dikarenakan pelanggan internal maupuan eksternal dapat menggali lebih dalam perihal histori perusahaan, layanan atau product yang di tawarkan, bahkan juga informasi lowongan kerja serta detail informasi perusahaan.
  • Juga sebagai media promosi, Internet adalah salah satu media promosi yang membutuhkan biaya relatif efektif dibandingkan dengan jangkauan ruang dengan optimalisasi manfaat paling besar.

Unsur lain dalam sejarah Website:

Nama Domain

Nama domain atau yang biasa disebut dengan Domain Name atau URL yaitu alamat unik didunia internet yang dipakai untuk mengidentifikasi suatu situs, atau mungkin dengan kata lain domain name yaitu alamat yang dipakai untuk menemukan suatu situs pada dunia internet. Untuk nama/alamat website, salah satu format standard nama yang dipakai yaitu seperti berikut ini:

nama-protokol :/nama-host/path/nama-file

nama-protokol seperti http, https, ftp.
nama-host seperti www.ceritanjung.com
path = nama lengkap jalur ke file, umpamanya : prg
nama-file umpamanya pekerjaan.doc

Berikut ini nama domain ber-ekstensi yang berada di Negara Indonesia yaitu:

  • .co.id : Untuk Badan Usaha yang memiliki badan hukum sah
  • ac.id : Untuk Instansi Pendidikan
  • go.id : Khusus untuk Instansi Pemerintahan Republik Indonesia
  • .mil.id : Khusus untuk Instansi Militer Republik Indonesia
  • .or.id : Untuk semua jenis organisasi yand tidak termasuk dalam kelompok “ac.id”, ”co.id”, ”go.id”, ”mil.id” serta lain-lain
  • .war.net.id : untuk industri warung internet di Indonesia
  • .sch.id : Khusus untuk Instansi Pendidikan yang mengadakan pendidikan seperti SD, SMP serta SMU
  • .situs.id : Ditujukan untuk badan usaha, organisasi maupun perorangan yang lakukan kegiatannya di World Wide Situs.
  • .my.id : Untuk personal website.
  • dan masih banyak lagi yang lainnya.

Demikian artikel mengenai pengertian dan sejarah website, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam dunia website, dan jangan lupa untuk Anda yang belum mempunyai website segera buat website ya.

Baca juga : Cara Mudah Membuat Blog dan Website Gratis