Sambil menunggu berbuka puasa, sempat cari menu apa yang cocok untuk disantap pada saat berbuka puasa, pertama kali dalam pikiran ingat makanan yang berkuah, kira-kira makanan apa ya? Berkuah dan yang pastinya nikmat, mulai dari Soto, Gule dan akhirnya berpikiran untuk wisata kuliner Rawon Setan Surabaya, lagian juga sudah lama belum kesana lagi.

Setelah melaksanakan shalat maghrib dan membatalkan puasa, saya langsung menuju ke Rawon Setan Surabaya, sekitar 45 menit saya sudah sampai di tempat. Dan saya kemudian memesan menu Rawon Pisah, maksudnya kuah sama nasinya dipisah jadi tidak dicampur sama minumnya es teh.

Rawon Setan Surabaya

Setelah menunggu dan istirahat sebentar, sambil melihat-lihat hiasan dinding dengan tempelan foto artis-artis dan juga wakil presiden Bapak Yusuf Kalla juga tak ketinggalan terpampang rapi, mungkin suatu saat foto saya juga akan dipajang disana, hehehe. Tak lama kemudian Rawon sudah ada di depan meja, untuk di santap sebagai hidangan berbuka puasa, perasaan capek dan laper sudah mulai terbayar dengan aroma khas rawon yang begitu sedap, taburan toge disebelah piring dan sedikit sambal yang akan menambahkan rasa pedas, ada ciri khas tersendiri di Rawon Setan ini yaitu dengan potongan daging yang besar-besar dan terasa empuk saat di gigit, akan lebih nikmat jika kita makan sama empal dan telur asin.

Wisata Kuliner Rawon Setan Surabaya

Kenapa Rawon ini dinamai “Rawon Setan”, konon katanya dahulu Rawon Setan ini buka mulai pukul 22.00 hingga dini hari dan waktu itu dianggap sama dengan waktu setan bermunculan di malam hari. Dan kurang lengkap bagi kalian yang berkunjung ke Surabaya dan belum menikmati Kuliner Rawon Setan ini karena nama Rawon Setan ini yang pertama kali ada di Indonesia dan tidak buka cabang di kota-kota lain, sementara sekarang ini banyak bermunculan nama Rawon Setan baik di Malang, Bandung, Jakarta, dan kota-kota lain.

Baca :  Menikmati Udara Pagi dengan Mengunjungi PJ dan TPI Weru

Kisaran Harga Rawon Setan Surabaya:

  • Rawon campur Rp. 20.000,-
  • Rawon pisah Rp. 34.000,-
  • Es Teh Rp. 6.000,-

Jam Buka Rawon Setan Surabaya:

  • 08.00 – 22.00 WIB (Minggu s/d Selasa)
    08.00 – 03.30 WIB (Rabu s/d Sabtu)

Lokasi:

  • Jl. Embong Malang I No.78 Surabaya, Jawa Timur (Depan Hotel JW. Marriot)