Pengertian CPM (Cost Per Mille) dan RPM (Rvenue Per Thousand Impression)

Pengertian CPM (Cost Per Mille) – Setelah Anda mempelajari tentang Pengertian CPC Cost Per Click sekarang Anda dapat memahami apa sih pengertian CPM itu? CPM dapat diartikan dengan Cost Per Thousand Impression atau Cost Per Mille (1 Mille = 1000) lebih jelasnya silahkan simak terus artikel berikut ini, CPM yaitu berapakah kali iklan kita nampak dihalaman suatu web atau facebook, Umumnya per 1000 Impressi. Sebagai contoh : Umpamanya kita ingin menggunakan iklan di Facebook Ads dengan system CPM kemudian kita bid $0.05, jadi saat kita meraih 1000 impresi kita harus membayar $0.05 ke Facebook, atau jika impressi iklan kita 1 juta kita harus bayar $50 walau tidak ada yang klik iklan kita.

Sekarang Anda sudah mengerti apa itu yang dinamakan CPM Cost Per Mille, selain CPM didalam Google Adsense juga ada istilah RPM (Rvenue Per Thousand Impression), ada yang tau dengan istilah RPM? RPM yaitu pembagian hasil antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impressi halaman (per 1000) yang di dapatkan dari iklan-iklannya. Langsung ke contohnya aja biar mudah dipahami, seorang publisher yang menghasilkan $200 dari 50.000 impressi akan memiliki nilai CPM $4, dari mana nilai itu didapat? ada perhitungannya sendiri yaitu:

Jumlah Penghasilan/(Impressi/1000) =
(200/(50.000/1000) =
200/50 = 4

Pengertian CPM (Cost Per Mille)

Mana yang lebih menghasilkan CPC atau CPM?

Sebenarnya ini tergantung pada kecocokan Anda, kalau Anda sebagai seseorang advertiser Anda harus mencoba beragam format iklan untuk memperoleh biaya iklan paling kecil namun dapat menghasilkan keuntungan yang besar. Seperti contoh saya coba dua format iklan dengan landing page sama namun hanya berbeda di text iklan serta gambar, hasil akhirnya seperti dibawah ini:

Baca :  Cara Daftar dan Pasang Iklan Yllix di Blog

Untuk iklan pertama, Jumlah Impressi 146.000 jumlah klik 17 dari Bid yang saya lakukan $0.05/1000 impressi pada kenyatanya masih murah Facebook sekitar $0.02/1000 impressi, namun rata-rata dari biaya iklan saya yaitu $0.18.

Iklan kedua, jumlah impressi 2juta, jumlah klik 554, CPM juga dapat $0.02/1000 impressi bedanya di sini CPC saya dapat $0.09 (setengahnya di atas), nah dari performa ini kita dapat mengetahui iklan mana yang biayanya lebih kecil serta dapat menghasilkan pengunjung ke landing page kita.

Jika peristiwanya seperti data diatas, cepat-cepat untuk pause atau delete iklan pertama Anda dan gunakan iklan yang kedua, sebelum kartu kredit Anda akan tersedot lebih dalam.

Cukup mudah untuk menghitung nilai sebuah RPM (Rvenue Per Thousand Impression), baik bagi Anda yang seorang Advertiser atau seorang Publisher. Segera bagikan artikel Pengertian CPM (Cost Per Mille) dan RPM (Rvenue Per Thousand Impression) jika dirasa dapat bermanfaat untuk Anda.