Kemajuan teknologi sekarang ini berkembang dengan pesat, terlihat mulai dari proses bisnis perbelanjaan, pendidikan hingga pada sektor jasa keuangan. Dulu Anda lebih suka berbelanja di mall, sekarang lebih suka berbelanja online, begitupun dengan bimbingan belajar anak, kini bisa berlangganan dengan smartphone dan juga kirim uang atau melakukan pembayaran cukup menggunakan handphone yang terkoneksi dengan jaringan internet.

Teknologi keuangan terasa sekali untuk mengembangkan bisnis Anda dan juga bagi pasangan yang baru saja menikah, mengapa demikian? Misalkan Anda seorang lajang pasti lebih memikirkan diri sendiri, lebih-lebih Anda memikirkan untuk melanjutkan studi atau merencanakan keuangan untuk menikah.

Setelah menikah, Anda akan membutuhkan perencanaan keuangan baru seperti biaya kontrak rumah dan ingin mempunyai mobil, belum lagi nanti jika sudah mempunyai anak maka akan menambah dana pendidikan. Nah, dari banyaknya kebutuhan tersebut inovasi teknologi keuangan dapat membantu Anda untuk menemukan solusi.

Pengertian Inovasi Teknologi Keuangan

Inovasi Teknologi Keuangan di Era Digital

Inovasi teknologi keuangan adalah suatu proses pembaruan model bisnis keungan yang terdapat nilai-nilai baru untuk diterapkan pada sektor keuangan dengan penggunaan teknologi digital. Ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi keuangan diantaranya yaitu penyelesaian transaksi, penghimpunan modal, pengelolaan investasi, penghimpunan dan penyaluran dana, perasuransian, pendukung pasar dan aktivitas keuangan digital lainnya.

Sarana utama yang digunakan dalam pemberian layanan kepada konsumen adalah menggunakan teknologi informasi dan komunikasi yang didukung oleh semua pihak, agar dapat memberi manfaat bagi masayarakat. Sehingga dengan bantuan teknologi inovasi mampu menggerakkan prekonomian nasional. Selain itu penggunanaan teknologi inovasi keuangan harus dituntut memperhatikan aspek perlindungan konsumen serta perlindungan data agar tidak disalah gunakan.

Banyak perubahan yang kita ketahui, setelah adanya inovasi teknologi keuangan diantaranya yaitu:

Pinjaman Online Cair Lebih Cepat

Proses pengajuan pinjaman di bank akan membutuhkan waktu yang relatif lebih lama belum lagi dengan prosesnya yang berbelit, untuk persetujuan juga belum tentu disetujui. Apalagi jika ditanyakan tentang riwayat kredit?

Dengan adanya inovasi teknologi keuangan mampu menghadirkan pinjaman dalam hitungan jam, dimana peminjam tidak perlu datang dan tatap muka dalam pengajuan proses kredit, hanya dilakukan secara online dengan mengisi data pinjaman, jika disetujui dana akan segera langsung cair ke rekening peminjam.

Untuk syarat pinjaman tidak akan seribet birokrasi yang ada di bank, akan lebih mudah melakukan pinjaman secara online.

Transfer Uang Tanpa Biaya Apapun

Saat ini transfer uang sudah menjadi kebutuhan semua orang, maka dari itu dituntut untuk membuat rekening terlebih dahulu ke bank belum lagi jika transfer ke rekening berbeda akan dikenakan biaya yang cukup mahal, kalau dilakukan seringkali pasti akan lebih terasa.

Baca :  Pengertian dan Sejarah Perkembangan Bitcoin

Hadirnya inovasi teknologi keuangan mampu merubah segalanya, sekarang melakukan transfer uang bisa dilakukan tanpa menggunakan nomer rekening, cukup nomer telefon saja sudah bisa.

Hal itu sejalan dengan apa yang dilakukan oleh Astra Financial Service, dengan penggunaan inovasi teknologi keuangan mereka mampu menghadirkan jasa keuangan yang benar-benar dapat membantu seseorang terutama Anda sebagai pasangan yang baru saja menikah. Beberapa lembaga keuangan yang sangat cocok untuk Anda akan saya jelaskan di bawah ini.

Apa saja lembaga keuangan yang ada di Astra Financial Service?

1. Astra Credit Companies (ACC)

Inovasi Teknologi Keuangan di Era Digital Bantu Pasangan Baru Menikah

Astra Credit Companies adalah sebuah perusahaan pembiayaan mobil dan alat berat dari empat perusahaan pembiayaan PT Astra Sedaya Finance, PT Swadharma Bhakti Sedaya Finance, PT Astra Auto Finance, PT Staco Estika Sedaya Finance serta satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa penagihan, yaitu PT Pratama Sadya Sadhana.

ACC melayani pembiayaan mobil baru, mobil bekas, alat berat, pembiayaan multiguna, pembiayaan perumahan serta pembiayaan modal kerja dengan skema konvensional maupun syariah. ACC berpegang teguh pada prinsip keseimbangan antara pertumbuhan pembiayaan dan kualitas piutang dengan penerapan manajemen risiko yang terintegrasi.

Pada tahun 2016, ACC juga memaksimalkan akses pasar yang lebih luas melalui inovasi layanan digital dengan nama aplikasi ACC Yes! Your Easy Solution memberikan akses tanpa batas bagi pelanggan dalam melakukan transaksi pembiayaan dan pembayaran secara online.

2. Toyota Astra Financial (TAF)

Inovasi Teknologi Keuangan di Era Digital TAF

Toyota Astra Financial adalah perusahaan yang didirikan dengan kepemilikan masing-masing 50% oleh Perseroan dan Toyota Financial Services Corporation, merekan menawarkan berbagai fasilitas pembiayaan multiguna untuk kepemilikan mobil Toyota, Daihatsu, Lexus dan/atau merek lainnya yang berkaitan dengan Toyota, fasilitas pembiayaan investasi, dan fasilitas pembiayaan modal kerja. Seluruh fasilitas pembiayaan atas kepemilikan kendaraan ditawarkan dengan kemudahan melalui skema pembiayaan berdasarkan prinsip syariah dan konvensional sesuai kebutuhan pelanggan.

Inovasi teknologi keuangan yang diluncurkan oleh TAF yaitu aplikasi “TOYOTA Flex” dan “DAIHATSU Flex” sebagai sarana digital yang mendukung fungsi penjualan dan pelayanan dengan akses yang lebih luas kepada konsumen.

3. Asuransi Astra

asuransi astra

PT Asuransi Astra Buana menawarkan produk dan layanan jasa perlindungan asuransi konvensional dan syariah untuk kendaraan bermotor, kesehatan dan usaha komersial.

Baca :  Indosat Ganti Nama Jadi Indosat Ooredoo

Solusi perlindungan yang tersedia dari Asuransi Astra adalah:

  • Asuransi ritel untuk perlindungan kendaraan bermotor: Garda Oto dan Garda Motor.
  • Perlindungan kesehatan karyawan: Garda Medika.
  • Asuransi komersial untuk perlindungan aset properti, alat berat, marine cargo dan lainnya.
  • Asuransi syariah, untuk seluruh lini produk asuransi ritel, kesehatan dan komersial dengan prinsip syariah.

Perkembangan inovasi teknologi keuangan dan gaya hidup masyarakat kini menjadi dorongan bagi Asuransi Astra untuk meluncurkan aplikasi Garda Mobile Otocare yang dapat membantu Anda memantau kondisi kendaraan, memudahkan proses klaim dan permintaan layanan darurat, serta penuhi segala kebutuhan otomotif Anda.

4. PermataBank

mobile permata x

Bank Permata adalah perusahaan terbuka, dimana Perseroan dan Standard Chartered Bank sebagai pemegang saham utama, masing-masing memiliki 44,56%. PermataBank menawarkan rangkaian produk dan jasa perbankan yang komprehensif untuk memenuhi kebutuhan nasabah individu dan keluarga, serta memberikan layanan finansial bagi nasabah korporasi dan institusi dengan pendekatan pada solusi rantai bisnis dan kemampuan transaction banking yang terintegrasi.

Di era digital PermataBank mampu bersaing dengan bank lainnya dengan meluncurkan aplikasi permata mobile x, sangat cocok bagi generasi milenial.

5. FIFGROUP

Inovasi Teknologi Keuangan

Federal International Finance adalah perusahaan pembiayaan yang didirikan pada tahun 1989 oleh Astra yang menyediakan fasilitas pembiayaan konvensional dan syariah bagi konsumen yang ingin membeli sepeda motor Honda (FIFASTRA) melayani pembelian baru ataupun bekas.

FIFGROUP terus berkembang dengan menambahkan rangkaian produk pembiayaan yang luas untuk memenuhi berbagai keperluan pelanggan, seperti SPEKTRA yang merupakan jasa layanan pembiayaan multiguna mulai dari alat elektronik, perabot rumah tangga, produk lifestyle, dan kebutuhan lainnya, DANASTRA merupakan solusi pembiayaan dalam mengembangkan bisnis dan modal kerja serta untuk pembiayaan multiguna serta AMITRA yang merupakan produk perjalanan religius berbasis syariah dalam bentuk Umroh Reguler, Umroh Plus, dan Haji.

Untuk memberikan akses tanpa batas bagi pelanggan dalam melakukan transaksi pembiayaan dan pembayaran secara online, FIFGROUP mengeluarkan aplikasi FIFADA dan FIFMOBILE.

6. Astra Life

Astra Life Inovasi Teknologi Keuangan di Era Digital

PT Astra Aviva Life adalah perusahaan asuransi jiwa patungan dengan kepemilikan saham 50:50 antara PT Astra International Tbk dan Aviva PLC yang didirikan pada tahun 2014.

Astra Life menawarkan produk yang beragam untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dari berbagai tingkat kehidupan dan segmen pasar, baik nasabah perorangan terutama berasal dari nasabah bank dan perusahaan pembiayaan berupa asuransi perlindungan jiwa, kesehatan, kecelakaan, asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi (unit link) dan juga nasabah korporasi berupa program kesejahteraan karyawan (employee benefit) dan dana pensiun (DPLK).

Baca :  Hal yang Pernah Dirasakan Anak IT

Anda dapat mengunduh aplikadi di playstore Buddies Asuransi Jiwa Online, untuk informasi mengenai Astra Life.

7. Dana Pensiun Astra (DPA)

dana pensiun astra

Dana Pensiun Astra didirikan tahun 1986 oleh founder PT Astra International Tbk yaitu Bapak William Soeryadjaya dan keluarganya. Tujuan utama dari DPA adalah kesejahteraan sosial yang layak bagi karyawan di hari tuanya. Bahwa untuk mencapai kesejahteraan sosial ini diperlukan adanya usaha bersama untuk memupuk dana sebagai bekal hidup yang layak bagi Karyawan dan atau keluarganya pada waktu memasuki masa pensiun atau bila meninggal dunia.

DPA senantiasa berupaya untuk mengembangkan layanan terbaru bagi pesertanya, tidak terkecuali dari sisi perencanaan keuangan dengan mengeluarkan aplikasi DPA Mobile. Perencanaan keuangan yang matang menjadi salah satu penentu kesejahteraan hidup di masa mendatang.

8. Mau Cash

Mau Cash Inovasi Teknologi Keuangan di Era Digital

PT. Astra Welab Digital Arta (AWDA), didirikan pada April 2018, adalah perusahaan ventura bersama antara PT Sedaya Multi Investama yang merupakan anak perusahaan PT Astra International tbk dengan WeLab. AWDA adalah perusahaan fintech (financial technology) yang menggunakan big data dan machine learning untuk memberikan nilai kredit dan persetujuan pinjaman dengan cepat dan berkualitas. AWDA beroperasi di Indonesia berdasarkan Peraturan OJK no 77/POJK.01/2016 tentang layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi.

AWDA berkolaborasi dengan perusahaan teknologi besar, WeLab yang merupakan salah satu perusahaan fintech terbesar di Hong Kong dan Tiongkok. AWDA memiliki cita-cita untuk berkontribusi dalam memperluas literasi dan inklusi keuangan di Indonesia, dengan memberikan kesempatan bagi konsumen di Indonesia untuk mewujudkan mimpinya melalui kredit yang mudah di jangkau. AWDA menjalin kerjasama strategis dengan lembaga keuangan untuk dapat memberikan pinjaman tunai tanpa agunan yang fleksibel kepada pelanggan.

Anda dapat mengunduh aplikadi Maucash, untuk informasi dan pinjaman secara online.

Ada banyak inovasi yang ditawarkan oleh lembaga keuangan Astra Financial Service, terbukti dari keseriusannya dalam menggunakan inovasi teknologi keuangan yang dapat mempermudah dalam mengakses dan melakukan transaksi, terutama bagi Anda pasangan yang baru saja menikah dapat mengajukan pinjaman online atau kredit mobile, tentunya dengan syarat yang mudah dan cepat.