Dompet digital kini sudah ramai menjadi alat pembayaran non tunai di perkotaan bahkan di pedesaan. Hal itu menjadi ajang perlombaan mana yang terbaik mencari pengguna terbanyak antara Gopay vs OVO vs Dana vs LinkAja.

Saya akan membandingkan e-wallet mana yang terbaik berdasarkan pengalaman pribadi, melalui beberapa fitur dan juga keuntungan yang didapatkan ketika menggunakan dompet digital tersebut.

Ada 4 kandidat yang perlu dibandingkan untuk mencari yang terbaik, diantaranya Gopay dari Gojek, OVO, Dana, LinkAja dari HIMBARA (Himpunan Bank Milik Negara).

Sebenarnya masih ada dompet digital lainnya yang ada di Indonesia, akan tetapi saya akan fokus pada 4 dompet digital tersebut karena memang sudah pernah menggunakannya untuk transaksi.

Dompet Digital Mana yang Harus Digunakan?

Pertanyaan itu sering muncul pada pikiran saya, karena hampir setiap hari saya memerlukan untuk transaksi di Gojek, Tokopedia dan Bukalapak. Tokopedia sudah menggabungkan dompet digitalnya ke OVO, Bukalapak ke Dana dan Gojek ke Gopay. Jadi saya perlu untuk menginstall semuanya.

Kalau tidak keberatan kenapa tidak install semuanya? Toh, banyak manfaat yang akan Anda dapatkan selain lebih memudahkan ada promo diskon atau cashback yang akan Anda dapatkan. Ketika saya membeli sebuah produk juga akan memilih mana yang memberi diskon paling besar, maka itu yang akan saya gunakan.

Sebelum mengenal Gopay, OVO dan Dana sebelumnya saya pernah menggunakan alat pembayaran TCash dan saat ini berubah menjadi LinkAja sebagai dompet digital yang mewakili pemerintah.

Berikut ini Perbandingan Gopay vs OVO vs Dana vs LinkAja

  • KEMUDAHAN PENGGUNAAN APLIKASI (USER FRIENDLY)

1. Gopay

tampilan gopay

Gopay memiliki tampilan yang lebih lengkap, karena memang aplikasinya terhubung dengan akun gojek, halaman depan dipenuhi dengan berbagai macam menu seperti GoRide, GoCar, GoFood, GoSend, GoDeals, GoPulsa, informasi promo dan juga ada berita.

2. OVO

tampilan ovo

Sedangkan OVO memiliki tampilan lebih simpel, halaman depan terdiri dari saldo OVO Cash dan OVO Points, kemudian terdapat menu pembayaran PLN, Pulsa/Data, BPJS dan Streaming.

3. Dana

tampilan dana

Tak jauh berbeda dengan OVO, halaman depan Dana terdiri dari saldo dompet digital dan menu pembayaran Pulsa/Data, Games, Listrik, Air, Telepon, BPJS dan juga merchant Dana terdekat.

4. LinkAja

tampilan linkaja

Sama halnya OVO dan Dana, tampilan LinkAja juga sangat friendly dan mudah dimengerti. Halaman depan menampilkan informasi saldo dan saldo bonus, pembelian pulsa/data, games, listrik, pdam, tv kabel kemudian ada informasi promo dan merchant terdekat.

Jadi, intinya semua aplikasi dompet digital di atas sangat mudah digunakan dari segi interface.

  • KEAMANAN APLIKASI (SECURITY)

security ovo

Menurut saya, dompet digital yang paling aman adalah OVO, karena setiap saya masuk ke aplikasi OVO akan dimintai sandi ataupun menggunakan sidik jari, berbedan dengan Gopay, Dana dan LinkAja yang langsung masuk aplikasi tanpa memasukkan kode pin ataupun sidik jari, misalkan smartphone kita hilang dan ditemukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab itu dapat mudah disalah gunakan.

  • CARA TOP UP

Top up adalah menambahkan uang dari rekening bank ke saldo akun e-wallet Anda yang akan digunakan sebagai transaksi. Top up menjadi hal yang sangat penting untuk dapat digunakannya dompet digital tersebut.

– Gopay: Kartu Debit, ATM/Internet/Mobile Banking, Merchant & Mitra dan Driver Gojek
– OVO: Kartu Debit, ATM/Internet/Mobile Banking, Merchant & Mitra dan OVO Booth
– Dana: Kartu Debit, ATM/Internet/Mobile Banking, Merchant & Mitra
– LinkAja: Kartu Debit, ATM/Internet/Mobile Banking, Merchant & Mitra dan Grapari

Keempat dompet digital tersebut memiliki cara yang hampir sama dalam menggunakan metode Top Up, hanya saja Dana tidak memiliki top up khusus seperti halnya Gopay dapat melakukan top up melalui driver gojek, OVO melalui OVO Both dan LinkAja melalui Grapari.

Biaya admin top up yang diberikan berbeda-beda setiap dompet digital, berikut ini penjelasannya:

Gopay: Free jika melalui driver gojek, selain itu dikenakan biaya admin sekitar Rp 1.000
OVO: Free biaya admin melalui driver grab dan juga ATM/Internet/Mobile Banking
Dana: Free biaya admin melalui ATM/Internet/Mobile Banking
LinkAja: Free biaya admin melalui ATM/Internet/Mobile Banking HIMBARA, selain itu dikenakan biaya admin sekitar Rp 1.000

  • PROMO/DISKON

Ini yang paling banyak ditunggu-tunggu, untuk promo sangat banyak jenisnya dan itu pun tidak selamanya ada, misalkan dalam rangka memperingati HUT RI ke 74 bisa Anda lihat pada masing-masing aplikasi dompet digital tersebut pada menu Promo.

Menurut saya pribadi, saat mencari makanan dan berbelanja di Royal Plaza atau Food Junction Surabaya, paling banyak memberikan diskon adalah OVO dan Gopay. Untuk Dana dan LinkAja masih jarang saya temui.

Jadi, dompet digital mana yang terbaik?

Untuk saat ini saya lebih memilih OVO yang terbaik, karena bebas biaya admin untuk top up saldo dan seringnya saya melakukan transaksi di Tokopedia, kemudian melakukan pembayaran internet First Media yang tidak ada di dompet digital lainnya.

Tips Memilih Dompet Digital:

Sebaiknya Anda menginstall aplikasi dompet digital sesuai dengan kebutuhan Anda, mana yang paling sering Anda gunakan, jika memang sering Anda gunakan semuanya ya tidak ada salahnya untuk menginstall semuanya dan jangan lupa untuk membandingkan harga di dompet digital dan mencari promo menarik.

Karena terkadang selisih harga yang lumayan dalam setiap transaksi dompet digital, ada juga transaksi dompet digital yang belum lengkap, misalkan Gopay dan Dana hanya melayani PDAM wilayah tertentu, padahal di LinkAja sudah ada semuanya dan di OVO belum ada pembayaran PDAM.

Untuk membeli pulsa/data Indosat saya biasa menggunakan Gopay, sedangkan Telkomsel saya menggunakan LinkAja, untuk saat ini banyak promo juga untuk pembelian pulsa/data di aplikasi Dana.