Setelah Anda selesai membuat blog di WordPress, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengatur judul, tagline dan memilih sebuah tema. Cara mengatur blog ini hampir sama dengan WordPress yang berbayar, perbedaan yang mendasar terletak pada fitur-fitur premium seperti upload tema dan juga menginstall beberapa plugin pilihan.

Untuk blog WordPress versi gratis tidak bisa mengupload tema dan juga plugin, Anda hanya bisa mengatur bagian tertentu saja seperti berikut ini:

1. Mengatur Judul Blog dan Tagline

Meski pada saat pendaftaran Anda sudah menuliskan judul blog, akan tetapi masih bisa diganti kembali dengan cara login terlebih dahulu ke dashboard WordPress.

  • Kunjungi halaman https://wordpress.com/
  • Klik Sign In pada bagian kanan atas halaman
    login wordpress
  • Isikan email atau username dan pasword yang sudah Anda buat pada saat pendaftaran, kemudian klik Continue dan Log In atau Anda juga bisa login menggunakan akun Google dengan cara klik Continue with Google
    login wordpress gratis
  • Setelah berhasil login, Anda akan dialihkan ke halaman di bawah ini dan silahkan klik My Site pada bagian kiri atas.
    dashboard wordpress
  • Ini merupakan halaman dashboard yang dapat digunakan untuk melihat daftar pengunjung (trafik), mengatur blog dan membuat postingan WordPress, karena Anda ingin mengatur judul blog maka langsung klik menu Manage Settings
    mengatur judul blog wordpress

    Di halaman ini Anda dapat menggati judul blog dan juga site tagline.
    setting wordpress gratis*Tagline adalah slogan dari blog Anda, bisa juga kalian isi dengan deskripsi blog.
  • Selain judul dan tagline, Anda juga bisa menambahkan icon blog, mengganti bahasa dan zona waktu. Jika semua sudah diatur jangan lupa untuk menyimpan pengaturan tersebut dengan cara klik Save Settings.

2. Mengatur Tema Blog WordPress

Ada banyak sekali tema yang bisa Anda gunakan secara gratis dan juga berbayar. Untuk pertama kali menggunakan blog WordPress sebaiknya gunakan tema secara gratis saja sudah lebih dari cukup, berikut ini cara mengatur tema WordPress:

Baca :  Cara Mendapatkan Featured Snippet di Pencarian Google 2019
  • Pilih menu Design → Themes, pilih tombol Free yang ada di pojok atas kanan halaman agar dapat menampilkan tema yang gratis saja.
    cara mengganti tema wordpress
  • Silahkan pilih salah satu tema yang Anda suka, untuk melihat lebih detail bisa Anda klik tema tersebut dan klik Open Live Demo untuk melihat tampilan tema tersebut secara live sebelum dipasang di blog Anda, kalau saya coba memilih tema Button 2. Dan jika Anda sudah yakin untuk memilih tema tersebut bisa Anda klik Activate this design.
    memilih teman wordpress*Tenang saja, jika Anda berubah pikiran masih bisa diganti kok temanya.

Setelah selesai memilih tema, sekarang bisa Anda lihat perubahannya dengan mengunjungi alamat blog Anda, seperti ini tampilan blog yang saya buat menggunakan tema Button 2.

tema wordpress

  • Untuk mengatur tema lebih detail, bisa Anda kunjungi halaman dashboard WordPress, pilih menu Design → Customize.
    mengatur tema wordpress
  • Pada halaman ini Anda bisa mengedit judul dan tagline blog, warna dan background blog, memilih font, membuat menu dan widget. Anda juga bisa melihat tampilan blog saat dikunjungi menggunakan laptop, tablet dan smartphone pada bagian kiri halaman. Dan jika sudah selesai mengedit jangan lupa untuk klik Publish.
    customize wordpress

Untuk login dashboard WordPress sebenarnya ada dua cara, yang pertama seperti di atas tadi dan yang kedua ini Anda bisa mengunjungi https://namadomainanda/wp-admin, sebagai contoh https://nyonyakuliner.home.blog/wp-admin, nanti akan dialihkan ke halaman seperti di bawah ini, fungsi dan tujuannya sih sama untuk mengatur blog WordPress dan juga membuat postingan.

dashboard wordpress wp-admin

Bagaimana, apa Anda sudah faham mengenai cara mengatur blog di WordPress? Tidak susah kan, hanya butuh beberapa langkah saja untuk menyelesaikannya. Selanjutnya akan saya bahas mengenai cara posting dan membuat page menu di WordPress. Jangan lupa untuk membagikan tulisan ini, agar orang-orang lebih mudah dalam membagikan tulisannya ke dalam sebuah media blog.