Seorang internet marketing harus mengerti pentingnya peringkat pertama pada search engine. Bagaimana Anda mendapatkan pengunjung organik yang tertarget selama berbulan-bulan dan bahkan sampai bertahun-tahun. Selain peringkat pertama, Anda juga harus memperbanyak seseorang mengklik situs Anda di hasil pencarian.

Salah satu cara untuk meningkatkan Rasio Klik Tayang (RKT) adalah dengan menggunakan Google Sitelink.

Apakah Anda sudah tahu tentang Google Sitelink? Bagaimana Google Sitelink dapat membantu situs Anda? Dan yang paling penting, bagaimana cara membuat sitelink?

Nah, pada kali ini saya akan menjawab tentang pertanyaan-pertanyaan di atas yang banyak ditanyakan oleh seseorang blogger dan juga masih banyak lagi yang akan saya bahas mengenai Sitelink.

Apa yang di maksud Sitelink?

Google Sitelinks adalah beberapa kategori sub listing yang muncul di bawah hasil pertama dalam hasil pencarian. Biasanya saat Anda menulis sebuah brand tertentu yang sudah cukup terkenal.

Contohnya seperti ini:

Sitelink Ceritanjung

Keenam tautan link di bawah web ceritanjung.com beserta tautan “Telusuran lainnya dari ceritanjung.com >>” inilah yang disebut “Sitelink”.

Sederhana saja, tujuan dibentuknya Sitelink adalah untuk membantu mengarahkan pengguna di situs web Anda. Mungkin ada seseorang yang mencari blog “Ceritanjung” tidak ingin melihat halaman beranda. Jadi, mereka mungkin tertarik untuk langsung menuju ke halaman about atau contact. Sitelink menempatkan tautan penting di hasil pencarian dalam waktu yang singkat, sehingga web Anda lebih menonjol dalam hasil pencarian.

Sitelink sebenarnya sudah ada sejak lama, sekitar tahun 2005. Awalnya fitur ini dianggap biasa saja dalam hasil pencarian, dimana pada waktu itu menampilkan jumlah sitelink hingga dua belas dan sekarang Google mengurangi menjadi maksimal enam sitelink. Banyak para blogger maupun internet marketing yang berusaha mendapatkan fitur ini.

Meskipun jumlah, jenis dan desain sitelink akan terus berubah dari waktu ke waktu, akan tetapi metode pengoptimalannya untuk mendapatkan sitelink sebagian besar masih sama.

Sitelink tidak menampilkan semua situs web, karena Google hanya menampilkan sitelink pada situs yang dioptimalkan. Jadi kalau web Anda tidak jelas atau bahkan jarang dioptimalkan jangan berharap untuk mendapatkan sitelink. Dan beberapa situs yang mungkin melebihi batas Sitelink biasanya akan menampilkan kotak pencarian, seperti pada website bukalapak.com:

hasil pencarian bukalapak
Google mengatakan:

Kami hanya menampilkan tautan situs untuk hasil bila menurut kami bermanfaat bagi pengguna. Jika struktur situs Anda tidak mengizinkan algoritme kami menemukan tautan situs yang baik, atau jika menurut kami tautan situs untuk situs Anda tidak relevan dengan kueri pengguna, tautan tersebut tidak akan ditampilkan.

Jadi, dapat kita simpulkan bahwa Google tidak akan menampilkan Sitelink karena dua faktor:

  • Struktur website tidak mengizinkan algoritma menemukan Sitelink yang bagus.
  • Sitelink tidak relevan dengan kata kunci pengguna.
Baca :  Penjelasan Mengenai Pengertian CTR (Click Throught Rate) dan Page View

Meskipun Anda tidak dapat mengatur apa yang dicari pengguna, setidaknya Anda dapat mendesain situs dengan cara meningkatkan penemuan Sitelink dalam pencarian organik. Ini yang menjadi fokus utama Anda.

Sebelumya Anda perlu mengetahui mengapa sitelink itu penting? Dan seberapa pentingnya sitelink terhadapat situs Anda?

Kalau untuk pencari kan sudah saya jelaskan di atas, bahwa sitelink dapat menghemat waktu dalam pencarian dan memberikan hasil yang relevan. Sekarang manfaat bagi web Anda itu apa? Simak berikut ini:

  1. Sitelink dapat meningkatkan RKT (rasio klik tayang)

    Selain pada peringkat pertama, RKT merupakan salah satu faktor terbesar dalam menghasilkan trafik organik.
  2. Sitelink lebih di percaya banyak orang dan kredibilitasnya diakui

    Sitelink bisa menjadi tolak ukur kepercayaan sebuah website. Saat website memiliki sebuah sitelink itu tandanya Google cukup mempercayai situs web tersebut sehingga memberinya sitelink. Karena Google berkomitmen untuk memberikan pengalaman terbaik untuk penggunanya, jadi tidak akan mempromosikan tautan yang tidak dapat dipercaya.
  3. Sitelink meningkatkan kesadaran merek dan produk Anda

    Sitelink biasanya akan menautkan ke halaman yang paling penting di situs Anda, dengan mempertimbangkan jumlah tautan internal/eksternal. Biasanya lebih sering ke halaman ‘About’, ‘Contact’ dan ‘Product’.
  4. Sitelink memungkinkan pengguna untuk menjelajahi halaman lebih dalam

    Ketika ada seorang pengunjung situs Anda, kemungkinan besar mereka akan menelusuri halaman beranda, about, produk, contact atau yang lainnya. Total sekitar 4-5 halaman yang mereka kunjungi sebelum mereka memutuskan untuk pergi.

Postingan blog yang populer juga dapat masuk ke dalam sitelink, seperti contoh situs tanyadok:

tanyadok sitelink

Bagaimana Cara Mendapatkan Google Sitelink untuk Website Anda

Sebenarnya tidak ada cara yang instan untuk mendapatkan Sitelink. Karena Anda tidak bisa masuk ke Google Search Console lalu dengan mudahnya memberikan list apa saja yang ingin ditampilkan pada pencarian.

Perlu Anda ketahui:

  • Sitelink terjadi secara otomatis
  • Sitelink dibuat dengan proses panjang
  • Google tidak memberi tahu Anda cara membuat Sitelink atau mengontrol tampilan mereka secara langsung

Meski demikian, saya akan memberikan beberapa langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk meningkatkan peluang dalam mendapatkan Sitelink.

Inilah cara membuat sitelink:

  1. Pastikan website Anda memiliki nama yang unik

    Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah pastikan Anda menggunakan nama merek yang unik untuk situs Anda. Misalnya, jika website Anda disebut ‘Jasa pembuatan website’ kemungkinan besar tidak akan mendapat hasil pertama pencarian karena istilahnya terlalu umum.

    Mungkin ada ribuan perusahaan yang menyediakan jasa pembuatan website di seluruh dunia, sehingga Google akan bingung untuk mengetahui yang mana milik Anda?

    Nah, jika Anda memilih sebuah nama yang unik, akan lebih mudah untuk memberi peringkat dan mendapatkan Sitelink dari Google. Seperti contoh Ceritanjung, itu adalah nama yang unik dan tidak ada yang menggunakannya kecuali blog ini.

    Jadi Google sangat yakin ketika orang mencari Ceritanjung, yang mereka maksud adalah situs web ini.

    Ada sebuah kasus yang jarang terjadi, nama sebuah merek akan memenuhi syarat untuk tampil di halaman pertama meskipun mereka memiliki nama generik. Apple adalah contoh sebuah merek yang bagus dalam hal ini.

    sitelink apple
    Google lebih mengetahui niat seseorang yang mencari ‘Apple’ untuk tahu tentang perusahaan Apple, bukan pada buah apel.

    Saya tidak menyarankan Anda mengubah nama website/nama merek Anda hanya karena untuk mendapatkan Sitelink. Masih banyak cara yang bisa dilakukan dan seiring pertumbuhan merek Anda, peluang mendapatkan Sitelink juga pasti akan terus meningkat.

    Tetapi, jika Anda masih berada pada tahap mendaftarkan nama domain atau memutuskan nama untuk bisnis Anda, hindari menggunakan nama domain dengan kata kunci. Carilah sesuatu yang lebih unik dan menarik.
  2. Pastikan struktur dan arah tujuan website Anda jelas

    Website yang memiliki struktur yang jelas akan lebih mudah dijelajahi untuk Google. Jika Google tidak dapat menemukan semua halaman di situs Anda dan memahami posisi yang berkesinambungan satu sama lain, itu tidak akan dapat menampilkan Sitelink.

    Jaga homepage Anda sebagai halaman “root”, karena homepage adalah halaman yang paling banyak dikunjungi dan titik awal navigasi untuk pengunjung Anda. Dari halaman ini, Anda dapat membantu pengunjung menemukan halaman lain di situs Anda.

    Struktur website Anda harus jelas dan teratur.

    Misalkan, Anda menjual Handphone, Anda dapat mengatur navigasi Anda seperti ini:

    Home page -> Handphone -> Xiaomi > Redmi Note 7 Pro

    Pastikan juga Anda memiliki halaman ‘standar’ untuk website Anda seperti halaman: Hubungi Kami, Tentang, Kebijakan Privasi, dll.
  3. Peringkat #1 untuk nama merek Anda di hasil pencarian

    Siapa yang akan menerima Sitelink? Yang pasti adalah dari hasil pencarian pertama. Tidak akan ada hasil pencarian kedua mendapatkan Google Sitelink. Jika Anda sudah mencapai posisi #1 untuk nama website Anda, itu akan lebih mudah untuk mendapatkan Sitelink.
  4. Tambahkan file sitemap.xml ke akun Google Search Console Anda

    Sitemap atau peta situs membantu Google merayapi situs Anda dengan lebih baik. Ini tidak hanya menambah lebih banyak jangkauan halaman website Anda, akan tetapi juga menentukan halaman paling penting dari situs Anda. Google merespon berdasarkan prioritas dan trafik yang Anda terima di halaman Anda.

    Jika Anda belum memiliki akun atau belum menambahkan website Anda ke akun Google Search Console, segera untuk membuatnya terlebih dahulu.
  5. Membangun internal link

    Para master SEO masih belum mengetahui seberapa banyak tautan internal yang bermanfaat untuk SEO, tetapi setidaknya internal link dapat memberi tahu Google mana halaman yang paling penting di situs Anda.

    Misalnya, jika Anda berulang kali menautkan link ke halaman contact, Google mungkin menganggap itu sebagai tanda untuk menilai pentingnya halaman itu. Anda dapat melacak tautan internal dari Google Search Console. Untuk melakukan ini, masuk ke dasbor Anda, lalu klik “Tautan -> Tautan Internal”.
  6. Periksa kembali judul halaman Anda

    Judul halaman merupakan salah satu bagian terpenting dari SEO on-page di situs Anda. Jadi, tentukan judul yang tepat untuk website Anda. Google akan melihat judul-judul ini dan menyediakan untuk Sitelink. Dalam membuat judul harusnya memiliki deskripsi singkat dari halaman itu (Logis dan sesuai harapan pengunjung).

    Ini adalah beberapa judul halaman yang ditampilkan di website Ceritanjung:
    – About
    – Contact
    – Inspiratif
    – Internet Marketing
    – Blog
  7. Tingkatkan pengenalan merek Anda

    Mengenalkan merek Anda ke berbagai platform ataupun orang adalah proses yang tidak pernah berakhir. Pastikan cukup banyak orang tahu tentang website Anda, jika ingin menjadi situs web yang memiliki reputasi baik dan Anda ingin orang lain mengetahui tentang situs web Anda dan menjadikannya terkenal.

    Jika situs Anda populer, banyak orang yang mengetahui merek Anda dengan nama. Itu pasti akan meningkatkan jumlah pencarian bermerek yang Anda dapatkan, sehingga meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan Sitelink.
Baca :  Cara Mendapatkan Featured Snippet di Pencarian Google 2019

Selain itu, Google juga membagikan tiga langkah terbaik untuk mendapatkan Sitelink:

  • Berikan struktur yang jelas untuk website Anda dengan menggunakan tautan internal yang relevan dan anchor teks yang informatif, ringkas, dan menghindari pengulangan.
  • Izinkan Google untuk menjelajah dan mengindeks halaman penting dalam situs Anda. Gunakan ‘Inspeksi Url’ pada Google Search Console untuk memeriksa apakah itu dapat ditampilkan dengan benar.
  • Jika Anda perlu menghapus halaman dari pencarian sepenuhnya, gunakan tag meta robot “noindex” pada halaman itu.

CATATAN:

Sitelinks untuk website sebenarnya tidak wajib dimiliki, akan tetapi sitelink sangat membantu jika Anda bisa mendapatkannya. Ikuti langkah-langkah seperti yang saya lakukan di atas dan serahkan hasilnya pada Google, nanti juga Anda akan mendapatkan Sitelink dengan sendirinya.